Karat Besi Bisa Terhindar dengan Cara Ini

cara-menghilangkan-karat-pada-besi-KPS-Steel-Distributor-Besi-Jakarta

Kemungkinan besar, besi akan mengalami korosi alias karat besipada masanya.

Korosi sendiri merupakan peristiwa yang terjadi pada besi, mulai dari pudarnya warna mengkilap hingga muncul warna kehijauan pada besi.Hal ini tentu dapat membuat tampilan besi tidak lagi menarik. Akan tetapi, ternyata ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menghindari hal ini. 

Cara-cara tersebut harus diketahui oleh setiap orang, agar dapat mencegah terjadinya korosi pada besi, sehingga dapat melindungi tampilannya yang menarik. Meskipun besi merupakan salah satu bahan dengan ketahanan tinggi, namun hal tersebut tidak dapat menghindarkannya dari korosi. Nah, untuk itu Anda harus tahu cara-cara untuk menghindari terjadinya karat pada besi.

Baca Juga: Besi Galvanis Dikenal Berdaya Tinggi dan Anti Karat

Daftar Cara Menghindari Karat Besi

Terdapat beberapa cara ampuh yang bisa membantu Anda untuk menghindari terjadinya korosi pada besi, berikut ini ulasan lengkapnya:

1.  Pengecatan Ulang

Cara yang pertama untuk menghindarkan besi dari korosi ini cukup mudah dilakukan. Pasalnya, Anda hanya perlu mengecat ulang besi untuk menghindarkannya dari kontak langsung dengan lingkungan sekitar. Tak hanya dapat menghindarkan besi dari korosi, tampilan besi pun akan jauh lebih menarik. 

2.  Balut dengan Plastik

Selanjutnya, untuk membuat besi terbebas dari korosi, Anda bisa membalutnya dengan plastik. Sama halnya dengan cat, plastik juga berfungsi untuk mencegah terjadinya kontak langsung besi dengan lingkungan dan juga oksidasi yang membuatnya cepat berkarat. 

3.  Lumuri Besi dengan Oli atau Gemuk

Karat besicukup meresahkan, karena membuat tampilan besi jadi mengerikan. Oleh karena itu, Anda bisa mencegah terjadinya karat dengan melumuri besi menggunakan oli atau gemuk. Cara ini sangat cocok dilakukan pada besi-besi yang tidak berhubungan dengan unsur estetika, karena hal ini dapat merusak pemandangan. 

4.  Tin Plating

Tin plating merupakan cara menghindarkan besi dari korosi alias karat besi, dengan proses elektrolisis yang dapat menghindarkan bahan dari kerusakan. Dengan menggunakan tin plating untuk merawat besi-besi Anda, dijamin tidak akan ada peristiwa korosi. Kabar baiknya, Anda bisa menggunakan cara ini untuk melindungi barang selain besi. 

5.  Chromium Plating

Di urutan nomor lima, Anda bisa menghindarkan besi dari korosi dengan bantuan bahan krom. Bahan ini sendiri merupakan bahan yang dapat digunakan sebagai pelapis pada barang lain, dengan tujuan untuk melindungi barang tersebut. Adapun sifat perlindungan yang diberikan dengan menggunakan bahan krom ini, sama seperti zink. 

6.  Galvanisasi

Berikutnya ada galvanisasi yang merupakan pelapisan besi dengan menggunakan zink plating. Dengan pelapisan ini, besi tidak akan mengalami oksidasi karena faktor lingkungan, sehingga akan terhindar dari karat. 

7.  Kontrol Kelembaban Udara

Tanpa pelapisan apapun, ternyata besi juga bisa terhindar dari korosi. Hal tersebut tentu dengan melakukan pencegahan berupa kontrol kelembaban udara. Cara ini merupakan cara menghindarkan besi dari korosi secara alami. Caranya adalah dengan membuat tempat penyimpanan besi menjadi tempat yang bebas dari oksigen, sehingga dapat mencegah terjadinya korosi. 

8.  Pengorbanan Anode

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk menghindarkan besi dari korosi adalah pengorbanan anode. Cara ini disebut juga dengan sacrificial protection, yakni pelapisan besi dengan menggunakan bahan yang mudah berkarat seperti magnesium. Nah, cara kerjanya adalah dengan memfokuskan pengaratan pada bahan pelapis, sehingga besi yang dilapisi tidak akan berkarat. 

Baca Juga: Yuk Hitung Besi Wiremesh Sesuai Kebutuhan

Cara-cara di atas sudah terbukti dapat menghindarkan besi dari peristiwa korosi. Dengan demikian, Anda tidak akan melihat karat besi lagi, dan tampilan besi akan tetap menarik. Jadi, Anda akan memilih cara yang mana untuk melindungi besi? Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih banyak mengenai perawatan besi, kunjungi website KPS Steel di sini, atau hubungi kami melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu