Pelajari Berbagai Jenis Wire Rope dan Fungsinya

jenis-wire-rope-kps-steel-distributor-besi-jakarta

Jenis wire rope bermacam-macam didasarkan pada perbedaan fungsi dalam penerapan di lapangan. Juga dapat dibedakan berdasarkan jenis susuran wire dan arah putarannya. Benda ini terbuat dari bahan baku baja. Benda ini merupakan tali baja yang terdiri atas beberapa wire dimana dipilin membentuk strand. Beberapa strand tersebut dipilin menyelimuti core untuk menghasilkan wire rope.

Sebagai untaian kawat yang terhubung. Bagian dari tali ini cukup fleksibel sehingga bisa bekerja memindahkan objek atau muatan. Umumnya dapat ditemukan pada kerekan (derek) yang memakai roda atau katrol.

Baca Juga: Cara Menghitung Kekuatan Tali Sling

Ketahui Jenis Wire Rope sebelum Membeli

Melalui tali dan katrol, benda bisa dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain. Biasanya dapat ditemui dalam industri pengangkatan, misalnya elevator. Elevator dapat bergerak ke atas dan ke bawah memakai wire rope dan katrol. Tali ini cukup banyak diminati karena desain sederhana. Akan tetapi, desain tersebut menciptakan alat yang kuat dan fleksibel. Alat ini mempunyai beberapa jenis berdasarkan fungsinya.

1. General Wire Rope

Jenis ini umumnya dipakai dalam bidang konstruksi, lifting, towing dan hal terkait. Untuk konstruksinya biasanya adalah 1 x 7 hingga 19 x 7.

2. Stainless Steel Wire Rope

Berikutnya terbuat dari bahan baku stainless steel. Bahan ini dipakai dalam penggunaan wilayah yang mudah korosi seperti pantai atau laut. Sehingga membutuhkan alat yang tidak mudah berkarat. Stainless steel mempunyai keunggulan tahan karat. Akan tetapi, bersifat rapuh. Oleh sebab itu, biasanya jenis wire rope tidak diproduksi ukuran besar. Sehingga cukup digunakan untuk penerapan ringan.

3. Elevator Wire Rope

Jenis ini umumnya dipakai dalam elevator atau lift. Karena mempunyai kelenturan yang disesuaikan dengan kebutuhan elevator atau lift. Elevator sendiri memerlukan tali yang dapat ditekuk secara berkala. Elevator bekerja melalui sistem roda katrol yang berputar. Tali dibutuhkan untuk mengangkat dan menurunkan elevator, sehingga tali harus mampu ditekuk dari roda katrol secara terus menerus.

4. High Performances Wire Rope

Jenis ini mempunyai desain yang dikhususkan pada penggunaan berat. Umumnya, tali mempunyai desain kaku apabila berhubungan dengan pengangkatan beban berat. Akan tetapi, wire rope ini lentur dan bisa dipakai untuk mengangkat beban berat.

Fungsi Jenis Wire Rope yang Bermacam-macam

Tali ini memiliki peran penting di dalam berbagai industri. Terutama pada industri alat berat, seperti perkapalan, perikanan, minyak dan gas, serta lainnya. Simak informasinya berikut ini.

1. Industri Perkapalan

Dalam perkapalan, wire rope umumnya dipakai sebagai komponen crane supaya bisa bekerja untuk mengangkat beban. Biasanya dibentuk sling untuk mampu mengangkat beban. Tidak hanya itu, juga dipakai dalam menambat atau mooring ketika kapal bersandar. Tali ini juga dipakai dalam menarik atau towing. Misalnya ketika kapal rusak. Kemudian juga bisa digunakan dalam dredging atau pengerukan. Terakhir, dapat digunakan dalam mengikat barang atau lashing.

2. Industri Perikanan

Di bidang perikanan, hal yang umum diketahui adalah mengenai mengambil ikan dari laut. Alat yang dipakai umumnya ialah jala. Wire rope dalam perikanan berfungsi menarik trawl atau jala tersebut.

3. Industri Logging

Apabila perikanan berkaitan dengan mengambil ikan. Maka logging berkaitan dengan usaha untuk mengambil kayu. Wire rope dipakai dalam menarik dan mengikat kayu. Karena hal tersebut adalah kegiatan penting dalam logging.

4. Industri Konstruksi

Konstruksi berkaitan dengan pembuatan berbagai bangunan. Tali biasa digunakan dalam pembangunan jembatan, tower crane, elevator, hingga paku bumi. Cukup banyak fungsi yang dimiliki. Wire rope mempunyai banyak sekali manfaat dalam berbagai industri. Anda juga bisa mengambil manfaat dari tali tersebut dengan membelinya melalui kami. Kami menyediakan produk berkualitas yang mampu mendukung berbagai jenis industri.

Baca Juga: Ragam Jenis Tali Sling Beserta Kegunaannya

Banyak sekali alat yang dipakai dalam suatu industri, salah satunya ialah tali. Banyak sekali jenis wire rope yang dapat disesuaikan dengan tujuan penggunaan serta kebutuhan. Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai produk di KPS Steel. Anda juga dapat melakukan pemesanan, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu