Inilah Kehebatan Tali Sling, Kuat Menyangga Alat-alat Berat

Selain dikenal kuat dan tahan lama, tali sling ternyata memiliki beragam fungsi.

Ketika terjun langsung di lapangan untuk menangani sebuah proyek pembangunan, seringkali Anda akan berurusan dengan bahan material yang besar-besar. Dengan alasan keamanan dan keselamatan kerja, maka dibutuhkan alat yang kuat dan mampu menyangga bahan-bahan material berat tersebut.

Baca Juga: Intip Jenis Besi yang Tepat untuk Kreasi Interior Rumah Anda

Tali sling adalah sebuah pilihan yang tepat untuk menahan atau mengangkat bahan-bahan bangunan yang berat tersebut. Bagaimana bisa tali yang tampak seperti jalinan besi tersebut bisa sekuat itu? Dan apa saja manfaat tali ini selain untuk menyangga dan menahan bahan-bahan material? Simak selengkapnya berikut ini!

Kenalan dengan Tali Sling

Tali jenis sling atau yang sering disebut juga dengan wire rope ini adalah tali dengan panjang dan ketebalan tertentu yang biasanya digunakan di proyek lapangan. Seperti sebutannya, tali ini dibuat dari baja atau bahan serat sintetis. Pada bagian ujungnya biasanya berbentuk kait, ada yang yang hanya di salah satu ujungnya dan ada pula yang memiliki kait di kedua ujungnya. Tali ini biasanya digulung dalam suatu poros untuk mempermudah penggunaan dan penyimpanannya.

Berdasarkan dari bahan penyusun dan penggunaanya secara umum, tali sling dibedakan menjadi  macam. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut.

  1. Wire Rope dari Bahan Baja

Tali pengait ini memang didesain untuk mengangkat bahan-bahan atau barang dengan berat yang super. Tali yang terbuat dari baja ini sifatnya dan kokoh, sangat sesuai dengan fungsinya. 

Wire rope dengan bahan dasar baja ini masih dibedakan lagi menjadi 4 jenis yang lebih spesifik sesuai dengan jenis baja yang digunakan. Yaitu wire rope baja general, wire rope stainless steel, wire rope elevator, dan wire rope high performance.

  1. Wire Rope dari Bahan Sintetis

Walaupun tidak memiliki kekuatan sebesar tipe yang pertama, tapi wire rope dari bahan sintetis ini juga masih mampu untuk mengangkat bahan-bahan material yang memiliki ukuran besar. Tinggal menyesuaikan dengan diameter tali yang Anda beli juga. Untuk lebih spesifiknya, tali pengait ini juga dibedakan lagi menjadi beberapa jenis, sesuai dengan bahan utama penyusunnya. Yaitu wire rope polyethylene, wire rope nilon, dan wire rope polypropylene.

Manfaat dan Kegunaan Tali Sling

Dengan karakternya yang sudah didesain kokoh dan kuat, wire rope ini biasa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Lebih lengkapnya dapat disimak berikut ini.

  1. Sebagai Pengikat Tali Kapal

Pernah berkunjung ke pelabuhan? Jika Anda memperhatikan dengan saksama ketika kapal sedang bersandar, alat yang digunakan untuk mengikat kapal supaya tetap merapat di pelabuhan adalah termasuk dari jenis wire rope ini. Jalinan tali yang kuat ini dapat menahan kapal dari guncangan-guncangan selama kapal bersandar dan terikat di pelabuhan.

  1. Sebagai Katrol dengan Berbagai Tujuan

Dalam sebuah proyek pembangunan, beberapa bangunan biasanya memiliki lantai atau ketinggian yang lumayan. Untuk mengangkat material yang berat supaya dapat digunakan di bangunan yang paling atas, tentu akan sangat merepotkan jika mengangkatnya secara manual. 

Dengan menggunakan wire rope ini, bahan material dapat diangkat dengan mudah. Selain itu, Anda juga mungkin pernah menjumpai penggunaan wire rope dalam wahan permainan flying fox. 

  1. Sebagai Tali Pengaman yang Kuat

Untuk memindahkan material bangunan yang sifatnya berat dan besar, tentu butuh tali yang kuat untuk tetap menjaga barang material tersebut tetap stabil selama dalam perjalanan. Baik ketika menempuh jalur darat maupun jalur laut. Wire rope adalah pilihan yang sangat tepat untuk tujuan ini.

Demikianlah pembahasan mengenai tali sling, si kokoh yang dapat diandalkan untuk berbagai tujuan. Semoga informasi ini bermanfaat!

Baca Juga: Ini Pentingnya Mengukur Berat Besi yang Dibutuhkan Sebelum Membeli

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih banyak mengenai material Besi Konstruksi, kunjungi website KPS Steel di sini, atau hubungi kami melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :
Menu