Daftar Pasaran Harga Besi UNP Terbaru dan Kegunaannya

lebih-dekat-dengan-besi-kanal-jenis-cnp-unp-kps-steel-jakarta-indonesia-harga-besi-unp

Kegiatan konstruksi tidak jarang memaksa Anda untuk mencari tahu harga-harga material, termasuk harga besi UNP. Dalam kegiatan konstruksi baik itu gedung, otomotif, perumahan, dan sebagainya tentu memerlukan besi. Perlu diketahui bahwa besi ada banyak jenisnya. Pada pembahasan kali ini kami akan mengulas seputar salah satu jenis besi yaitu UNP. Sebelum membeli material ini, ada baiknya Anda mengetahui seputar seluk-beluknya. Anda dapat mempelajari apa itu besi UNP, kegunaannya serta daftar harga material tersebut berdasarkan varian ukuran tertentu.

Baca Juga: Jenis-Jenis Besi untuk Renovasi Rumah

Mengenal Apa Itu Besi UNP

Besi UNP adalah material yang bentuknya melengkung dan menyerupai huruf U. Bentuk menyerupai huruf U tersebut membuat material ini juga dikenal dengan kanal U atau U channel. Ini merupakan salah satu dari jenis besi kanal, yaitu material dari plat coil atau sejenis galvalum kemudian diproses melalui pembentukan serta dilapisi krom. Proses pembuatannya juga menggunakan teknologi canggih.

Yakni meliputi penggunaan mesin hingga sistem komputer. Jika ditinjau dari segi kualitasnya, kanal U memiliki keunggulan tersendiri karena perbuatannya sesuai dengan standar konstruksi Eropa. Berkat kekuatan dan strukturnya yang kokoh, kanal U kerap diandalkan untuk berbagai konstruksi. Menariknya, harga besi UNP kanal U ternyata terbilang terjangkau untuk ukuran kualitasnya yang memang tidak perlu diragukan.

Beberapa kelebihan material ini antara lain:

1. Pemasangan mudah dan mudah dibentuk

2. Instalasi relatif cepat

3. Strukturnya lebih kuat

4. Ramah lingkungan karena bisa dipakai berulang kali

5. Daktilitas tinggi

6. Menghemat biaya

Kegunaan dari Material Besi UNP

Untuk mengenal lebih lanjut mengenai material kanal U, ada baiknya Anda juga mengetahui apa saja kegunaannya. Di antara beberapa kegunaan bahan konstruksi ini yaitu untuk purlin, bagian truss, hingga industri otomotif. Umumnya besi UNP digunakan untuk purlin, yaitu bagian struktur sekunder yang dipasang membentang antara rangka utama dalam konstruksi atap bangunan. Purlin juga dikenal sebagai balok yang menutupi dudukan atap. Kegunaan lain material tersebut yaitu dipakai sebagai penopang dinding serta bagian truss. Kekuatan dan karakter kokoh pada jenis baja ini dianggap tangguh sehingga menjadi salah satu andalan untuk mensupport rangka arsitektur.

Selain itu, kegunaan U channel ini juga diperhitungkan dalam bidang otomotif seperti konstruksi bak mobil. Pembuatan struktur tangga juga tidak jarang memanfaatkan besi UNP kanal U ini agar strukturnya kokoh dan kuat. Pembuatan kontainer sampah hingga gardu listrik terkadang juga melibatkan penggunaan kanal U. Penggunaan bahan ini juga kerap dilibatkan dalam proyek konstruksi bangunan. Bahkan, UNP juga dimanfaatkan sebagai struktur anti gempa.

Harga Besi UNP di Pasaran

Perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa ukuran UNP yang dijual di pasaran. Tidak menutup kemungkinan ada perbedaan harga antara satu wilayah dengan lainnya. Berikut ini adalah daftar harga material UNP berdasarkan ukurannya.

1. Kanal U 50 ukuran 50x38x5 mm panjang 6 m Rp 100.000

2. Kanal U 65 ukuran 65x42x5 mm panjang 6 m Rp 154.000

3. Kanal U 80 ukuran 80x45x5 mm panjang 6 m Rp 180.000

4. Kanal U 100 ukuran 100x50x5 mm panjang 6 m Rp 245.000

5. Kanal U 120 ukuran 120x55x6 mm panjang 6 m Rp 355.000

6. Kanal U 150 ukuran 150x75x6,5 mm panjang 6 m Rp 640.000

7. Kanal U 200 ukuran 200x80x7,5 mm panjang 6 m Rp 1.100.000

Baca Juga: Perbedaan Besi UNP dan CNP

Kebutuhan akan beragam bahan bangunan memang tidak bisa ditunda. Itulah mengapa kami hadir menyediakan beragam material bangunan berkualitas. Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai produk besi UNP dan CNP di KPS Steel. Anda juga dapat melakukan pemesanan, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu