Begini Fungsi, Jenis, Hingga Ukuran Besi Kolom

ukuran-besi-kolom-kps-steel-distributor-besi-jakarta

Jika Anda ingin membangun rumah, maka wajib untuk memahami ukuran besi kolom. Sehingga Anda bisa membeli besi yang tepat sesuai dengan fungsi dan peruntukannya di dalam pembangunan. Proses pembangunan rumah pasti akan membutuhkan besi kolom. Namun perlu Anda ketahui bahwa ada besi kolom bukan hanya satu jenis. Sehingga Anda mungkin akan kebingungan jika tidak mengenal jenis-jenisnya.

Selain itu, ukuran besi juga beragam. Tentunya Anda harus memahami kebutuhan ukuran besi agar bisa membeli yang tepat. Jangan sampai Anda membeli besi terlalu kecil atau terlalu besar. Sebab besi yang terlalu kecil akan mengurangi kekuatan bangunan sehingga berpotensi roboh. Sebaliknya, jika besi terlalu besar akan menjadi pemborosan anggaran pembangunan yang berakhir sia-sia.

Baca Juga: Penjelasan Seputar Cor Dak, Kolom Tiang, dan Sloof

Fungsi dan Jenis Besi Kolom

Sebelum memahami tentang ukuran besi kolom, sebaiknya Anda memahami jenis-jenisnya terlebih dahulu. Sebab memahami jenis kolom juga akan membantu Anda memahami fungsinya secara lebih dalam. Jenis besi kolom bisa dilihat berdasarkan bentuknya. Berikut ini adalah jenis besi kolom yang harus Anda pahami serta fungsi dari masing-masing jenis besi kolom tersebut.

1. Kolom Utama

Jenis beli kolom pertama adalah kolom utama. Kolom ini memiliki bentuk yang lebih besar. Sehingga ketika rumah telah selesai dibangun, kolom utama dapat dengan mudah dilihat. Fungsi dari kolom utama adalah untuk menahan beban bangunan agar tidak roboh. Sehingga bangunan bisa berdiri tegak dan tidak mengalami berbagai potensi masalah di kemudian hari. Ukuran kolom utama juga harus memperhitungkan jumlah lantai bangunan. Semakin tinggi suatu bangunan akan membutuhkan kolom utama dengan ukuran yang lebih besar di lantai bawah.

2. Kolom Praktis

Jenis kolom yang kedua adalah kolom praktis. Kolom ini memiliki ukuran lebih kecil jika dibandingkan dengan kolom utama. Sehingga setelah rumah selesai dibuat, kolom praktis cenderung tidak terlihat. Kolom praktis memiliki fungsi untuk membantu kolom utama dalam menahan beban bangunan. Selain itu, kolom praktis juga berfungsi untuk menahan dinding agar bisa berdiri tegak. Sebab dinding yang terbuat dari bata atau batako cenderung tidak memiliki kekuatan terhadap gaya horizontal. Sehingga dibutuhkan kolom praktis agar dinding tidak goyah saat didorong.

Memahami Beragam Ukuran Besi Kolom

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya bahwa terdapat ragam ukuran besi pada proses pembangunan rumah. Memahami ragam ukuran tersebut sangat penting agar Anda bisa menentukan pilihan ukuran yang tepat. Sebab masing-masing ukuran biasanya digunakan untuk keperluan yang berbeda. Berikut ini adalah beberapa ukuran dari besi serta penggunaannya pada proses pembangunan rumah yang perlu Anda ketahui.

1. Besi Beton Untuk Sloof

Kegunaan besi yang pertama adalah untuk bagian paling dasar atau juga disebut sloof. Sloof memiliki fungsi untuk menyebarkan beban yang diterima oleh kolom sehingga menjadi lebih rata. Dalam pembangunan rumah, ukuran sloof biasanya 15 x 20 cm. Sementara untuk ukuran besi yang digunakan untuk tulangan minimal 10 mm, begel 8 mm dengan jarak antar begel 15 cm.

2. Besi Beton Untuk Kolom

Kolom yang digunakan untuk pembangunan rumah sederhana biasanya berukuran 15 x 15 cm. Lalu untuk ukuran besi beton yang dijadikan sebagai tulang utama sebesar 10 mm. Sementara besi yang digunakan untuk begel memiliki ukuran 8 mm. Sama seperti pada sloof, jarak antar begel pada pembuatan struktur kolom adalah sebesar 15 cm.

Tentunya Anda harus menggunakan besi yang baik agar rumah kuat dan kokoh. Oleh karena itu pastikan Anda membeli besi untuk pembangunan rumah di tempat yang terpercaya. Tentunya tempat yang terpercaya akan menjual besi berkualitas terbaik untuk rumah Anda. Anda juga bisa mendapatkan berbagai ukuran besi kolom sesuai dengan kebutuhan pembangunan rumah.

Baca Juga: Fungsi Kolom Praktis dan Cara Pembuatannya

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lengkap mengenai beragam jenis besi dan informasi lainnya. Anda dapat mengunjungi website KPS Steel di sini, atau dapat langsung menghubungi kami untuk melakukan pemesanan melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu