Daftar Harga Baja Ringan dan Manfaatnya bagi Atap Rumah

daftar-harga-baja-ringan-kps-steel-distributor-besi-jakarta

Daftar harga baja ringan per meter merupakan salah satu panduan penting sebelum membeli material tersebut. Bahan bangunan ini sendiri mulai banyak diminati terutama untuk konsep minimalis. Dapat diterapkan pada berbagai konstruksi mulai dari atap, pagar hingga kanopi. Material ini cukup digemari karena mempunyai banyak keunggulan. Terutama bobotnya yang lebih ringan dari baja konvensional atau kayu.

Meski begitu, kekuatan yang dimiliki tidak kalah kuat dengan material lain. Sehingga bisa dimanfaatkan untuk pembuatan atap. Kekuatan tersebut juga mempunyai konsistensi karena melalui proses penjaminan mutu dari pabrik.

Baca Juga: Keuntungan Baja Ringan untuk Konstruksi Rumah

Daftar Harga Baja Ringan Per Meter

Baja ringan mempunyai harga lebih murah apabila dibandingkan dengan stainless steel. Material ini juga mampu menahan karat sehingga lebih diminati oleh masyarakat Indonesia. Pemasangannya juga tidak membutuhkan waktu lama. Sementara kanopi dibangun dengan tujuan untuk melindungi barang berharga seperti kendaraan. Kendaraan tersebut sering terparkir di luar rumah sehingga harus dilindungi dari terik matahari dan hujan.

Meskipun mempunyai fungsi melindungi, kanopi tidak terlepas dari unsur estetika. Biasanya juga dibangun untuk menambah keindahan rumah. Agar menghasilkan tampilan cantik, penyusunannya harus teliti. Umumnya, kanopi dibangun menggunakan material kayu atau besi. Untuk material kayu mampu memberikan tampilan cantik namun mudah lapuk. Sehingga kanopi baja ringan lebih disarankan.

Daftar harga baja ringan per meter sendiri didasarkan pada paket keperluan penggunaan. Untuk baja ringan berbahan zincalume untuk genteng harga berkisar dari Rp. 330.000/m2. Sementara untuk penggunaan rangka atap berkisar Rp. 120.000/m2. Bahan bangunan untuk atap ini mempunyai peran penting karena mampu melindungi dari sinar matahari dan hujan. Harganya juga lebih murah apabila dibandingkan dengan membeli material kayu.

Material ini merupakan salah satu inovasi dalam bahan bangunan yang mampu memberikan kualitas tinggi. Namun pemasangannya lebih efektif dan efisien. Sehingga memberikan banyak keuntungan bagi penggunanya. Material ini mempunyai tekstur tipis dan tidak berat. Meski bentuknya seperti itu, mampu menahan beban berat. Jadi jangan meremehkan bentuknya yang tampak tipis tersebut.

Meskipun dapat menggantikan posisi kayu, material ini juga ramah lingkungan. Karena penggunaan kayu justru tidak ramah lingkungan karena menebang banyak pohon di bumi. Sehingga meningkatkan pemanasan global.

Manfaat Baja Ringan untuk Atap Rumah

Material yang digunakan untuk pembuatan atap ini mempunyai banyak kelebihan. Bahannya sendiri cukup tahan terhadap serangan rayap sehingga sangat cocok untuk menggantikan kayu. Meskipun tidak berat namun kuat.

1. Menahan Gempa Bumi

Manfaat utama dari material ini adalah mampu menahan gempa bumi. Sebab bobotnya ringan sehingga memberikan beban rendah untuk konstruksi di bawahnya. Sangat cocok diterapkan pada wilayah yang sering mengalami gempa bumi. Ketika gempa terjadi, atap dari baja ringan tidak akan menyebabkan bangunan di bawahnya hancur dengan mudah. Karena justru mampu meredam guncangan sehingga bangunan menjadi lebih kokoh.

2. Menahan Api

Kebakaran adalah salah satu musibah yang kerap terjadi karena konsleting listrik. Jika terjadi kebakaran, baja ringan akan mencegah membesarnya nyala api. Berbeda dengan kayu yang mudah terbakar hebat. Kayu akan menciptakan bara api yang membuat kerusakan besar pada bangunan. Sementara baja ringan justru mencegah membesarnya nyala api. Sehingga material ini cocok digunakan pada perumahan padat penduduk.

3. Tahan rayap

Kayu merupakan material yang mudah sekali diserang rayap. Biasanya menggunakan lapisan khusus untuk mencegah rayap. Sementara baja ringan sudah tahan rayap sehingga tidak perlu membeli lapisan khusus. Baja ringan merupakan material yang dapat diterapkan dalam berbagai konstruksi. Dalam dunia konstruksi, terus terjadi inovasi. Salah satunya ialah baja ringan yang bisa digunakan untuk pembangunan.

Baca Juga: Jenis Baja Ringan untuk Material Tahan Gempa

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai produk di KPS Steel. Anda juga dapat melakukan pemesanan, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu