Cara Mudah Agar Besi Tidak Berkarat

cara mudah agar besi tidak berkarat

Besi menjadi salah satu material penting yang banyak digunakan dalam kehidupan.

Fungsi besi memang banyak digunakan mulai dari bangunan, kendaraan, pagar rumah, dan lain sebagainya. Tentu saja kehadiran besi ini banyak dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga tidak heran jika banyak produksi besi di pabrik-pabrik karena memang kebutuhan besi sangat tinggi. Lalu bagaimana cara agar besi tidak berkarat?

Baca Juga: Kenali Bahan Besi Terbaik Untuk Membuat Pintu Besi

Mengingat perannya yang sangat penting maka tentu saja besi tidak bisa dianggap sepele. Namun kadang untuk menjaga besi tetap bagus diperlukan sebuah perawatan agar besi tidak berkarat. Seperti yang kita ketahui bahwa salah satu kelemahan besi adalah cepat berkarat jika dibiarkan lama kelamaan.

Karat atau korosi pada besi secara perlahan akan merusak kekuatan dari besi itu sendiri sehingga diperlukan sebuah cara agar besi tidak mudah berkarat. Tentu saja dalam hal ini terkait dengan perawatan pada besi yang benar-benar harus diperhatikan dengan baik. Lalu bagaimana cara mudah agar besi tidak berkarat?

Inilah Cara Mudah Agar Besi Tidak Berkarat

Supaya besi tidak berkarat maka pastinya ada beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan. Diperlukan sebuah perawatan yang tepat sehingga membuat besi bisa tahan terhadap karat. Nah, bagi Anda yang masih bingung dengan perawatannya maka simak berikut ini cara mudah agar besi tidak berkarat!

1. Suhu Penyimpanan

Salah satu cara mudah agar besi tidak berkarat adalah dengan memperhatikan suhu penyimpanan. Hal ini penting sekali karena jika suhu berada di suhu yang tepat maka tentu saja tidak akan mudah berkarat dan tidak akan mudah rusak. Dalam hal ini diperlukan sebuah ruangan dengan modifikasi suhu lingkungan agar besi tetap bagus.

Sebaiknya taruh besi pada ruangan dengan kadar oksigen rendah dengan tujuan untuk menjaga kelembapan suhu udara tinggi. Perlu diketahui bahwa jika kelembapan tinggi maka hal ini akan memperlambat proses pengkaratan besi.

Jika memungkinkan pengaturan suhu maka bisa disimpan di suhu dengan paparan AC. Hal ini bertujuan agar proses korosi pada besi bisa dicegah dan diperlambat. Menaruh besi terpapar langsung matahari akan mengakibatkan percepatan karat pada besi.

2. Campurkan Dengan Unsur Lain

Supaya besi tidak berkarat maka bisa dengan mencampurkan dengan unsur lainnya. Jika besi dicampurkan dengan unsur lainnya maka pastinya dalam hal ini akan terjadi proses perlambatan karat. Salah satu contoh yang umum dilakukan dalam proses pencegahan korosi besi adalah campuran besi dengan stainless steel. Hal ini sering digunakan dalam industri alat-alat masak yang banyak digunakan sehari-hari.

3. Melapisi Besi

Cara berikutnya supaya besi tidak mudah berkarat adalah dengan melapisi besi tersebut. Pelapisan besi bisa dilakukan dengan bahan non logan dan logam. Misalnya non logam bisa menggunakan kaca, cat, plastik, pelumas oli dan lainnya.

Sedangkan bahan logam lain yang bisa digunakan melapisi besi adalah tembaga, platina, nikel, timah dan emas. Pelapisan besi ini memang ditujukan untuk menghambat proses pengkaratan pada besi itu sendiri.

Nah, itu sebagai dari cara mudah agar besi tidak berkarat. Secara umum cara-cara diatas memang banyak digunakan. Meskipun memang banyak cara lainnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi dan mencegah pengkaratan pada besi tersebut agar tidak mudah rusak dalam jangka waktu lama pada proses penyimpanan maupun digunakan.

Baca Juga: Inspirasi Besi Hollow Untuk Pagar Ciptakan Nuansa Rumah Mewah

Untuk menemukan material besi terbaik, KPS Steel selaku distributor menyediakan besi-besi berkualitas. Anda dapat melihat-lihat produknya di sini. 

Bagikan Artikel :
Menu