Cara Menghitung Kekuatan Tali Sling

cara menghitung kekuatan tali sling

Seberapa kuat sebenarnya tali sling atau wire rope yang banyak digunakan dalam bidang industri? Mari kita hitung kekuatannya.

Pada bidang industri, sling yang paling sering digunakan adalah wire rope atau tali sling, yang juga dikenal dengan nama sling baja. Tali ini biasa dipakai sebagai lintasan flying fox dan angkat beban, baik untuk jenis sling dinamis maupun statis.

Baca Juga: Mengenal Kegunaan Plat Besi untuk Konstruksi Bangunan

Nah, bagi Anda yang ingin memasang tali sling untuk kebutuhan aplikasi ikat atau dekorasi, kami akan mengupas tuntas bagaimana cara menghitung kekuatan sling. 

Rumus Menghitung Kekuatan Tali Sling

Menghitung kekuatan tali sling tidaklah sembarangan karenadibutuhkan rumus khusus, cobalah untuk mengikuti cara di bawah ini.

1. Menentukan kekuatan sling 

Rumus: SWL = d X d X 8 

SWL singkatan dari Safety Working Load 

Huruf d berarti Diameter 

Contoh: 

Anda memiliki sling berdiameter ½, maka perhitungannya adalah SWL =1/2 X 1/2 X 8 = 2 ton. Sementara untuk menghitung diameter 5/8 inch, bisa dihitung dengan cara SWL = 5/8 X 5/8 X 8 = 3,125 ton. Begitu juga dengan diameter 1 inch, gunakan rumus sebagai berikut: SWL = 1 X 1 X 8 = 8 ton

2. Faktor Keamanan atau Safety Factor

SWL (Safe Working Load) dalam bahasa Bahasa Indonesia disebut BKA (Beban Kerja Aman). Dalam menentukan kekuatan sebuah tali sling, Anda juga harus mengingat faktor keamanan apakah sudah sesuai dengan penggunaannya atau belum.

SWL = Kekuatan Putus Tali (Breaking Strength)

Safety Factor menurut standar API terbagi menjadi 4 jenis, diantaranya:

Untuk setiap tali:

  • Diam              = 3 (tali pendant)
  • Berjalan         = 3,5 (tali hoist)
  • Sling 5           = (tali angkat beban)
  • Personel 10    = (man basket / man cage)

3. Fungsi Faktor Keamanan

Total ada tiga fungsi safety factor yang wajib Anda ketahui:

  • Pertama, sebagai akomodasi dari breaking strength (kekuatan putus tali)
  • Untuk mencegah penggunaan tali yang kurang tepat
  • Terakhir untuk mengukur perkiraan berat barang jika tidak tepat dan masih banyak lagi faktor lainnya.

FC               = Fiber Core 

IWRC          = Independent Wire Rope Core

4. Beban Kerja Aman atau Safe Working Load

Pada umumnya bagian operator crane hampir atau jarang membawa daftar kekuatan tali baja (disebut juga tabel). Namun, untuk kemudahan pekerjaan Anda di lapangan, memperhitungkan Beban Kerja Aman atau Safe Working Load bisa didapatkan dengan cara seperti ini.

Rumus: SWL(Ton)  =  Diameter(Inch)   X   Diameter(Inch)     X     8

Sudah jelas, jika sling banyak digunakan karena alat kait atau faktor mata yang dimilikinya berfungsi sebagai pengait pada objek tarik ataupun angkat. Jika Anda ingin mengenal jauh tentang jenis sling, tidak ada salahnya untuk menyimak ulasan berikut.

Jenis Tali Sling

Tali atau sling biasanya dibuat dari dua bahan, yaitu serat sintetis maupun dari baja yang dipotong dengan panjang tertentu. Tidak lupa pada salah satu atau kedua ujungnya akan ditekuk membentuk lingkaran dan mata yang fungsinya sebagai alat kait.

1. Sling Sintetis

Sling Sintetis dibuat dari bahan serat sintetis yang dipilin atau dirangkai menjadi bentuk lebih kokoh. Kekuatan tarik sling ini lebih rendah jika dibandingkan dengan sling baja, meski tetap dapat menarik dan mengangkat jenis benda bermuatan besar.

Semua tergantung dari diameter tali. Sling sintetis memiliki tiga jenis diantaranya sling nilon, polypropylene, dan polyethylene.

2. Sling Baja

Dari namanya, Anda pasti tahu jika sling baja menggunakan bahan utama berupa baja yang kokoh dan keras. Selain memiliki kekuatan daya tarik yang besar, sling baja juga sering digunakan untuk menarik beban muatan super berat. Ada empat jenis sling baja yang dibedakan berdasarkan fungsi, diantaranya adalah sling baja general, elevator, high performance dan stainless steel.

Dari kedua jenis sling di atas, Anda bisa memilih menggunakan tali apa tentu saja harus disesuaikan dengan kebutuhan karena ada kelebihan dan kekurangan dari masing-masing sling.

Baca Juga: Mengenali Ragam Jenis dan Ukuran Besi Kanal

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai produk tali sling di KPS Steel. Anda juga dapat melakukan pemesanan, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :
Menu