Tutorial Cara Menghilangkan Karat pada Besi dengan Mudah

cara-menghilangkan-karat-pada-besi-kps-steel-distributor-besi-jakarta

Jika Anda memiliki furniture berbahan besi, maka wajib hukumnya mengetahui bagaimana cara menghilangkan karat pada besi. Karat (rust) merupakan akibat dari proses korosi karena adanya oksidasi pada logam besi. Karat ditandai dengan kerak berwarna kekuningan atau kecoklatan pada permukaan besi serta membawa aroma logam yang khas. Keberadaan kerak tersebut tentu saja mengganggu tampilan permukaan besi pada suatu konstruksi.

Terlebih jika terdapat pada permukaan furniture, keberadaannya dapat mengurangi estetika furniture besi Anda. Di samping itu, karat jika dibiarkan juga akan membuat material logam tersebut semakin keropos dan rapuh. Pada konstruksi bangunan, hal tersebut pastinya dapat menimbulkan risiko berbahaya karena menyangkut keselamatan. Oleh sebab itu, jika menjumpai karat pada permukaan besi, Anda harus segera menghilangkannya.

Baca Juga: Cara Merawat Besi Galvanis Agar Awet dan Tahan Lama

5 Cara Menghilangkan Karat pada Besi

Furniture atau perabotan dari besi seperti kursi, meja, lemari, tempat tidur, hingga railing tangga dan teralis jendela memang rawan berkarat. Namun ada cara mudah untuk menghilangkannya dengan menggunakan bahan-bahan sederhana. Berikut tipsnya.

1. Menggunakan Air Jeruk dan Soda Kue

Soda kue atau natrium bikarbonat adalah bahan yang banyak digunakan dalam resep masakan terutama kue. Fungsi soda kue dalam resep makanan biasanya untuk membuat adonan kue mengembang. Namun manfaat soda kue ternyata juga dapat digunakan untuk membasmi karat pada besi. Ini berkat kandungan senyawa kimia natrium bikarbonat. Untuk mengatasi permukaan karatan, kombinasikan soda kue dengan air jeruk dan garam.

 Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Siapkan air jeruk nipis, soda kue ½ sendok makan, dan garam ½ sendok makan

2. Campurkan ketiganya dalam sebuah wadah

3. Aduk merata kemudian diamkan selama sekitar 2 jam

4. Oleskan campuran tersebut pada permukaan besi yang karatan

5. Tunggu beberapa saat

6. Bersihkan menggunakan kain kering

2. Menggunakan Cairan Cuka

Cuka adalah cairan asam yang banyak digunakan juga sebagai bahan membuat aneka masakan. Jangan khawatir jika Anda menjumpai permukaan karatan di sekitar rumah. Dengan larutan ini, kerak tersebut akan segera hilang. Cara menghilangkan karat pada besi menggunakan cuka sangat mudah. Ikuti langkah sederhana berikut ini:

1. Tuangkan cuka pada permukaan benda berkarat

2. Gosok menggunakan spons atau sikat dari bahan alumunium

3. Kurang dari 24 jam, karat tersebut akan menghilang dari permukaan

4. Menggunakan Minuman Kola

Anda pasti sudah familiar dengan kola, dan mungkin sering meminumnya. Minuman bersoda tersebut banyak digunakan sebagai alternatif bahan pembersih toilet. Tidak hanya itu, ternyata kola juga bisa dipakai untuk menghilangkan karat.

 Caranya sangat mudah dan simple:

1. Siapkan wadah, masukkan benda berkarat Anda

2. Tuang minuman kola ke dalam wadah sampai permukaan yang berkarat tersebut terendam

3. Rendam selama 30-60 menit

4. Kemudian angkat, lalu gosok menggunakan kertas timah

5. Jika keraknya belum hilang sepenuhnya, ulangi proses ini sampai benar-benar hilang

5. Menggunakan Asam Sitrat

Asam sitrat memiliki fungsi lain selain sebagai zat penambah rasa pada makanan maupun minuman. Bahan ini ternyata juga ampuh membersihkan berbagai perabot rumah tangga termasuk benda yang karatan.

 Cara membersihkannya juga sangat mudah. Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1.  Pertama siapkan wadah

2. Kemudian masukkan asam sitrat dan air, lalu aduk sampai tercampur rata

3. Masukkan benda berkarat Anda ke dalam wadah berisi campuran tersebut

4. Tunggu beberapa saat

5. Selanjutnya bersihkan permukaan yang berkarat dengan cara menggosoknya menggunakan spons atau sikat berbahan alumunium. Ingin membuat perabotan dari material besi? Anda bisa mendapatkannya dari kami karena kami selalu menyediakan besi dan baja berkualitas. Rawat dengan baik perabot Anda dan ketahui cara menghilangkan karat pada besi.

Baca Juga: Ini yang Terjadi Bila Besi Berkarat

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lengkap mengenai beragam jenis besi dan informasi lainnya. Anda dapat mengunjungi website KPS Steel di sini, atau dapat langsung menghubungi kami untuk melakukan pemesanan melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu