Cara Menghilangkan Karat Besi yang Bisa Anda Terapkan

cara menghilangkan karat besi yang dapat anda terapkan

Menghilangkan karat besi terlihat susah, padahal Anda dapat melakukannya dengan bahan-bahan yang ada di rumah Anda.

Karat seringkali kita temui pada produk-produk berbahan besi. Ada beberapa alasan mengapa karat ini bisa terbentuk, di antaranya karena adanya uap air atau lingkungan yang lembab, uap asam dan garam, terjadinya persinggungan antara logam satu dengan yang lain, atau karena kondisi fisik logam yang memiliki permukaan tidak rata. Berbagai cara dilakukan untuk menghilangkan karat besi.

Banyak orang mengeluhkan permasalahan karat yang muncul pada furnitur rumahnya. Lebih-lebih furnitur masih dapat berfungsi dengan baik. Artikel ini akan memberikan beberapa cara mudah untuk menghilangkan karat pada furnitur Anda.

Baca Juga: Penjelasan Seputar Penetapan Kualifikasi Jasa Konstruksi

Bahan dan Cara Menghilangkan Karat Besi

Bagi Anda yang merasa bahwa karat adalah sesuatu yang menyebalkan, Anda dapat menghilangkannya dengan beberapa bahan saja. Adapun, bahan-bahan tersebut sangat mudah didapatkan. Apa saja bahan yang bisa dipakai untuk menghilangkan karat? Simak penjelasan di bawah ini!

1.   Memakai Amplas

Amplas adalah alat yang kerap digunakan untuk finishing pada sebuah benda agar benda menjadi lebih halus dan rata. Namun, amplas juga bisa digunakan sebagai bahan penghilang karat. Caranya sederhana, cukup gosokkan amplas pada perabot Anda yang berkarat.

Anda dianjurkan untuk menggosok permukaan benda dengan lembut agar tidak merusak lapisan besi pada benda tersebut. Menghilangkan karat dengan bantuan amplas ini nyatanya jauh lebih ampuh dan cukup cepat.

2.   Garam, Soda Kue, dan Air Jeruk

Selain dengan amplas, bahan lainnya untuk menghilangkan karat besi yang bisa Anda temui di rumah adalah garam, soda kue, dan air jeruk. Dengan kombinasi ketiga bahan ini, menghilangkan karat menjadi lebih mudah tanpa resiko merusak permukaan dari benda yang berkarat.

Caranya mudah, campurkan setengah sendok soda kue dan setengah sendok garam. Tambahkan air perasan jeruk. Setelahnya, diamkan larutan tersebut minimal 2 jam.

Oleskan larutan kepada bagian yang berkarat, kemudian diamkan beberapa saat. Karat yang ada pada besi perlahan akan memudar dan menghilang. Segera bilas benda setelah karat hilang.

3.   Memakai Minuman Bersoda

Satu lagi bahan yang mudah ditemukan di sekitar kita, yaitu minuman bersoda. Sebagai minuman penyegar, bahan yang satu ini memiliki fungsi lain yaitu sebagai penghilang karat pada benda-benda berbahan besi.

Cara menghilangkan karat besi menggunakan soda cukup mudah. Tuang minuman bersoda ke sebuah wadah, lalu rendam benda berkarat di dalam larutan soda. Diamkan sampai karatnya memudar dan hilang. Setelahnya, bersihkan dengan kain lap yang sudah dibasahi air dan ulangi pengelapan menggunakan lap kering. Hal ini untuk menghindari rasa lengket yang menempel pada permukaan benda milik Anda.

Baca Juga: Kreasi Perabot dari Pipa Besi untuk Dekorasi Rumah

Jadi, itulah sejumlah cara menghilangkan karat besi yang bisa Anda coba terapkan di rumah. Tak perlu mengeluarkan biaya banyak, karena dengan bahan yang seadanya saja juga sudah cukup. Bagaimana, mulai tertarik untuk mencoba cara-cara di atas?

Jika Anda mencari besi berkualitas, jangan ragu untuk menghubungi KPS Steel.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu