Ini Dia Cara Menggunakan Alat Pembengkok Besi!

cara menggunakan alat pembengkok besi

Alat pembengkok besi dibutuhkan untuk membentuk besi, karena tidak bisa dilakukan dengan tangan kosong.

Apa itu alat pembengkok besi? Digunakan untuk apa? Pertama-tama mari kita ketahui apa itu besi. Besi merupakan material inti yang penggunaannya sangat dibutuhkan, baik dalam konstruksi bangunan, proses dekorasi rumah, pembuatan furniture untuk keperluan interior dan eksterior, hingga ke pembuatan alat-alat berat untuk keperluan pabrik dan industri.

Baca Juga: Manfaat Besi di Kehidupan Sehari-Hari

Namun kemudian material besi ini tak bisa dibentuk dan dikerjakan dengan tangan kosong, melainkan membutuhkan alat bantu khusus, salah satunya adalah alat pembengkok besi. Sampai saat ini ada beberapa jenis alat untuk mengengkokkan besi, mulai dari yang manual hingga yang mesin canggih.

Pada artikel ini akan dibahas mengenai masing-masing jenis alat membengkokkan besi, beserta bagaimana cara penggunaannya,

Jenis Alat Pembengkok Besi dan Penggunaannya

Masing-masing alat untuk pembengkok besi sebenarnya bersistem sama, yaitu memanfaatkan tekanan yang kuat, untuk bisa merubah bentuk besi. Namun memang terdapat perbedaan dalam cara penggunaannya, berikut ini adalah penjelasan detailnya.

1. Alat pembengkok manual

Alat untuk mebengkokkan besi yang pertama adalah yang berjenis manual. Bentuknya memanjang dengan di bagian tengah terdapat katrol, yang berguna untuk memutar bagian besi, sehingga gampang untuk dibengkokkan.

Katrol ini juga berfungsi untuk membantu besi agar lebih mudah untuk ditekan di segala sisi. Pada bagian lainnya terdapat sebuah tuas dari katrol, yang berguna sebagai alat penekan utama, yang memungkinkan bagian besi menekuk.

Mesin pembengkok manual ini merupakan yang paling pertama hadir, dan masih digunakan sampai sekarang. Hal ini karena memang harganya cukup terjangkau, dan peroses pengerjaannya yang mudah.

Caranya adalah cukup dengan memasukkan lempeng atau pipa besi ke dalam bagian katrol. Tentukan ukuran dan bagian besi mana yang ingin dibengkokkan, kemudian posisikan dengan tepat pada bagian ujung katrol. Setelahnya tekan tuas dengan kuat, hingga bagian katrol mulai bergerak ke bawah, dan ikut menekan sisi besi sampai menjadi bengkok. Bagian besi yang bengkok kemudian akan secara otomatis berputar mengikuti katrol, sehingga anda bisa langsung membengkokkan bagian besi yang lainnya.

Penggunaan alat pembengkok besi manual ini paling tepat jika digunakan untuk besi yang berdiameter tak terlalu tebal, sebab memang akan membutuhkan tekanan yang lumayan besar jika dilakukan dengan tenaga yang manual.

2. Alat pembengkok modern

Selain alat pembengkok manual, anda juga memiliki pilihan lain untuk mengubah bentuk besi, yaitu yang menggunakan mesin modern. Penggunaan alat pembengkok yang satu ini sangat cocok bagi anda yang mengerjakan proyek dalam skala besar, sebab akan sangat membantu efektifitas waktu pengerjaan. Penggunaan mesin modern diketahui bisa membengkokkan bagian besi dengan lebih cepat dan rapi. Alat ini juga cocok digunakan untuk objek besi yang berdiameter tebal. Tekanan yang berasal dari mesin otomatis akan membantu anda untuk mendapatkan bengkokan besi yang sempurna, tanpa menghabiskan tenaga yang berlebihan.

Cara kerja alat pembengkok ini sebenarnya sama dengan yang manual, yaitu mengandalkan katrol dan tuas penekan untuk mendapatkan perubahan bentuk besi. Namun bedanya adalah tuas tersebut diganti menjadi tombol tekan, yang cukup disentuh sedikit sudah bisa bekerja sendiri, tanpa perlu ditekan-tekan dengan tenaga penuh. Anda cukup memasukkan besi yang ingin dibengkokkan, baik itu yang berbentuk lempengan maupun silinder batangan ke dalam bagian katrol mesin. Jika sudah mendapatkan posisi yang presisi, maka selanjutnya tekan tombol untuk tuas, dan hasil akan langsung anda dapatkan. Besi yang anda masukkan akan jadi bengkok seketika. Mudah bukan?

Kelebihan dari alat pembengkok ini memang pada efisiensi penggunaannya, namun tentu saja harus ditebus dengan harga beli yang lebih mahal dibandingkan yang manual.

Itulah beberapa jenis alat pembengkok besi beserta cara penggunaannya. Jadi, yang mana yang sesuai dengan proyek anda?

Baca Juga: Inilah Alat untuk Mengelas yang Perlu Anda Ketahui

Untuk menemukan material besi terbaik, KPS Steel selaku distributor besi dan baja menyediakan besi berkualitas. Anda dapat menemukannya dan melihat-lihat produk KPS SteelĀ di sini.

Bagikan Artikel :
Menu