Cara Menentukan Besi yang Cocok Untuk Pondasi Bangunan

Besi untuk pondasi bangunan dapat bertahan lebih lama apabila diproduksi dengan kualitas yang baik.

Membangun sebuah pondasi pastinya perlu perencanaan yang matang. Salah satunya dalam pemilihan bahan atau material yang cocok untuk pondasi bangunan tersebut. Material yang sering digunakan untuk membuat pondasi adalah besi.

Baca Juga: Lebih Kokoh dan Tahan Lama Dengan Kanopi Holodeck

Besi merupakan komponen yang penting dalam membangun bangunan. Biasanya besi digunakan sebagai tiang penyangga atau rangka agar tetap kokoh. Dalam membuat pondasi, besi yang digunakan harus cocok atau pas. Jangan sampai Anda salah memilih besi yang seharusnya untuk membuat lemari tetapi justru dijadikan sebagai pondasi untuk bangunan. Bagaimana cara mengetahuinya? Simak di ulasan berikut ini!

Cara Menentukan Pilihan Besi Untuk Pondasi

Untuk membuat pondasi untuk bangunan, Anda tidak boleh memilih sembarangan besi. Jangan sampai besi yang Anda gunakan justru tidak kokoh untuk rangka bangunan tersebut. Otomatis akan membuat bangunan cepat roboh dan Anda perlu mengeluarkan biaya yang lebih besar lagi untuk memperbaikinya.

Bagaimana cara untuk memilih besi pondasi yang cocok? Berikut cara-caranya :

  1.  Perhatikan Jenis Besi yang Akan Digunakan

Besi yang digunakan dalam setiap bangunan pastilah berbeda-beda. Fungsi setiap besinya pun juga berbeda. Besi yang dipilih akan maksimal jika digunakan dengan tepat sesuai pondasi bangunan yang akan dibuat.

Sebagai contoh, besi yang digunakan untuk rangka atap bangunan juga harus yang kuat. Tidak boleh yang mudah bengkok atau patah. Karena jika tidak kuat, atap rumah tersebut bisa roboh.

  1. Memilih Jenis Besi dalam Kondisi yang Baik

Sebelum menentukan pilihan besi, Anda perlu memperhatikan kondisi besi yang akan digunakan. Besi yang akan digunakan sebagai pondasi harus dalam keadaan baik. Tidak berkarat atau pun tidak rusak.

Besi yang rusak dan berkarat tentu akan berbahaya juga untuk kekokohan rangka pondasi dan tidak akan bertahan lama. Maka dari itu, memilih jenis besi dalam kondisi yang baik juga harus diperhatikan. 

  1. Berdasarkan Ukuran Besi

Dalam membuat kerangka atau pondasi bangunan, pastinya Anda juga harus mengetahui berapa saja ukuran besi yang akan digunakan. Panjang besi untuk masing-masing rangka juga berbeda-beda sesuai kebutuhannya.

Jika ingin membuat tiang penyangga, gunakanlah ukuran besi yang lebih besar agar kuat untuk menyangga. Untuk membuat sebuah pagar, Anda hanya memerlukan besi yang berukuran diameter kecil dengan ukuran panjang tertentu. 

  1. Berdasarkan Merk Besi 

Setelah memperhatikan ketiga hal di atas untuk menentukan pilihan besi yang cocok untuk pondasi, ternyata memperhatikan merk besi juga perlu dilakukan. Mengapa demikian? Karena Anda perlu memilih merk besi unggulan dibandingkan merk lainnya.

Ditambah juga merk tersebut harus sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI). Memang saat ini banyak merk besi yang sudah ada di pasaran, tetapi tidak ada salahnya Anda memilih besi merk unggulan yang sudah banyak dipercaya oleh masyarakat untuk membuat pondasi bangunan.

  1. Berdasarkan Harga Besi

Cara yang terakhir adalah dengan menentukan harga besi. Saat ini semakin harganya tinggi atau mahal, kualitas yang diberikan juga tinggi. Harga besi sendiri harus menjadi pertimbangan Anda juga. Jangan takut memilih besi yang harganya mahal, karena Anda tetap akan mendapat besi yang berkualitas untuk pondasi.

Terlebih besi dengan kualitas yang bagus juga dapat digunakan dengan jangka waktu yang lama. Ini bisa membuat Anda menghemat biaya perawatan besi. Anda sendiri pun tidak mau mengeluarkan biaya lebih hanya untuk kerusakan pondasi, akibat besi yang dibeli tidak berkualitas. Itulah 5 cara untuk menentukan pilihan besi yang cocok untuk pondasi bangunan. Anda perlu merencanakan semua itu secara matang agar nantinya pondasi yang dibuat tersebut dapat berdiri kokoh dengan baik. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Besi Baja, Solusi Pengganti Plafon Anda

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih banyak mengenai material besi, kunjungi website KPS Steel di sini, atau hubungi kami melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :
Menu