Cara Membuat Dinding Rumah Baja Ringan dengan Aman

Cara Membuat Dinding Rumah Baja Ringan KPS Steel distributor besi jakarta

Pembuatan dinding rumah baja ringan tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Anda butuh pengetahuan khusus mengenai cara pembuatannya, agar dinding bisa berdiri dengan kokoh. Baja ringan merupakan salah satu material yang digunakan untuk konstruksi bangunan.

Banyak orang telah menggunakan baja ringan karena materialnya lebih ringan dan tipis. Meski materialnya terkesan kecil, namun baja ringan tetap memiliki kekuatan yang baik. Jika dilihat perbandingannya, baja ringan tidak terlalu jauh kekuatannya dari baja konvensional.

Untuk memastikan kekuatan baja ringan tersebut, Indonesia menerapkan SNI. Dinding rumah baja ringan harus menggunakan material berstandar SNI agar terjamin kualitasnya. Jika tidak menggunakan baja berkualitas, kondisi dinding rumah akan tidak bisa bertahan lama.

Material berstandar SNI hanya bisa diperoleh di tempat distributor terpercaya. KPS Steel jadi salah satu distributor yang sudah berstandar SNI. Dijamin dinding rumah Anda menjadi lebih kokoh dengan menggunakan material hasil produksi KPS Steel yaitu baja ringan.

Mengenal Baja Ringan dan Cara Merangkainya

Pada dasarnya baja ringan sering dipakai untuk membuat atap sebagai pengganti kayu. Tapi, ada juga baja ringan yang memiliki lapisan tebal sehingga lebih kokoh saat digunakan untuk dinding. Anda harus tahu jika baja ringan atau galvalum ini memiliki banyak kelebihan.

Salah satunya bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan dan bentuk yang diinginkan. Untuk dinding rumah baja ringan, Anda bisa merangkainya terlebih dulu. Rangkaiannya disusun menyeluruh ke setiap sudut ruangan, sehingga dapat memaksimalkan daya tahan dinding.

Kerangka dinding rumah perlu didesain terlebih dulu sebelum merangkai baja ringan. Susun bagian dinding, pintu dan ventilasi rumah agar dapat berdiri dengan kokoh. Setelah kerangka dibuat, Anda bisa menyatukannya menggunakan bor dan sekrup khusus baja ringan.

Dinding yang sudah tersusun rapi dari baja ringan bisa diletakkan pada posisinya. Jika memiliki sambungan, Anda dapat menyatukannya menggunakan bor dan sekrup. Dinding rumah baja ringan lebih mudah diaplikasikan karena hanya perlu memperhatikan kerangkanya.

Setelah rangkaian baja ringan berhasil di susun, Anda siap memasang komponen lainnya. Di tahap pemasangan, Anda perlu menggunakan sekrup dan bracket yang disediakan produsen. Dengan mengoptimalkan sambungan, dinding bisa berdiri kokoh dalam waktu lama.

Cara Merangkai Dinding Rumah Baja Ringan Paling Aman

Membuat kerangka dinding rumah itu mudah jika sudah memiliki desainnya. Desain berasal dari struktur dinding yang akan disesuaikan dengan cetak biru. Agar kerangka dinding rumah aman lebih aman, Anda harus memperhatikan beberapa poin berikut ini.

1. Material Baja Ringan

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah material dasar kerangka dinding rumah. Anda harus menggunakan material berkualitas agar bangunan bisa berdiri dengan kokoh. Tentu saja material tersebut hanya bisa ditemukan di tempat produsen terpercaya.

2. Penyangga di Langit

Agar dinding rumah aman, Anda harus menyiapkan penyangga di langit. Penyangga bisa dibuat dengan track dan tiang baja ringan yang posisinya berdiri tegak vertikal. Baja ringan bisa disambungkan ke bagian dinding menggunakan bor agar lebih kuat dan kokoh.

3. Sesuaikan Ukuran Dinding

Satu hal yang perlu diperhatikan saat membuat dinding rumah baja ringan ialah ukuran. Pastikan dinding tersebut memiliki ukuran yang sesuai dengan tinggi dan luas ruangan. Hal ini perlu diketahui agar baja ringan berdiri kokoh bersama penyangganya.

4. Pasang Baja Ringan di Lantai

Mengoptimalkan fondasi adalah salah satu metode konstruksi rumah agar berdiri kokoh. Pemasangan fondasi juga berlaku untuk baja ringan dengan memasangnya di lantai. Anda bisa menggunakan bor beton khusus untuk menempelkannya secara optimal.

5. Menggunakan Drywall

Faktor terakhir yang mempengaruhi kekuatan dinding rumah ialah Drywall. Sebagai sekat, Drywall bisa menjaga dinding agar tetap berdiri tegak. Hasilnya, dinding rumah bisa berdiri kokoh dengan penyangga yang terbuat dari papan Gipsum sebagai Drywall.

Mengunci Dinding Rumah Baja Ringan agar Semakin Kokoh

Sebaiknya Anda perhatikan kelima poin di atas jika dinding baja ringan ingin berdiri dengan kokoh. Kelima poin di atas dapat meningkatkan kualitas dinding hingga 90%. Jika ingin lebih kokoh, Anda harus mengunci dinding tersebut menggunakan paku dynabolt.

Pada dasarnya dybabolt adalah paku khusus yang dapat digunakan untuk baja ringan. Pasang paku Dynabolt dengan jarak 50 cm di setiap sisinya. Berikut cara pemasangan dynabolt yang dapat mengunci dinding rumah baja ringan Anda agar semakin kuat kualitasnya.

Cara pasang dynabolt :

  1. Bor tembok terlebih dulu menggunakan mata bor berukuran dynabolt
  2. Bor Baja Ringan menggunakan mata bor berukuran dynabolt
  3. Berikan jarak 50 cm untuk setiap lubang di tembok menyesuaikan ukuran dynabolt
  4. Pasang kerangka dinding baja ringan mengikuti lubang bor
  5. Pasang dinding menggunakan paku dynabolt agar kuat
  6. Letakkan ujung dynabolt menggunakan karet agar tekanannya kuat
  7. Rekatkan kedua ujung dynabolt menggunakan sekrup khusus
  8. Cek kembali setelah pemasangan berhasil dilakukan

Keunggulan Menggunakan Dinding Rumah Baja Ringan

Tentunya ada beberapa keunggulan yang bisa Anda dapatkan dari baja ringan. Selain banyak kegunaan, baja ringan juga memberikan benefit bagi para penggunanya. Berikut beberapa hal yang bisa didapatkan ketika menggunakan komponen baja ringan sebagai dinding.

1. Mudah Dipasangkan

Ringan dan mudah dibawa ke mana saja adalah kelebihan yang pertama. Anda bisa pasang baja ringan dengan mudah karena bahannya ringan sebagai material utama konstruksi. Di tahap pemasangan, Anda bisa meletakkannya ke setiap sudut ruangan.

Mudah dipasang dan diterapkan di mana saja jadi kelebihan besi ringan di era sekarang. Anda tidak perlu menggunakan material berat seperti kayu.

2. Awet dan Lebih Kuat

Dinding rumah baja ringan memiliki daya tahan yang tinggi. Kekuatannya sudah terbukti dengan daya tahan anti karat meski berada di cuaca ekstrem. Bahkan, dinding rumah juga lebih terlindungi karena besi ringan sangat bagus untuk menghindari rayap.

Dalam waktu yang lama, Anda bisa tinggal dengan tenang. Daya tahan baja ringan sangat lama, bahkan bisa mencapai bertahun tahun lamanya.

3. Mudah Dimodifikasi

Kelebihan baja ringan ialah mudah dimodifikasi karena strukturnya. Mudah disambung dan dibentuk adalah salah satu karakteristik paling spesial. Tidak banyak material yang dapat dimodifikasi karena keterbatasan variasi komponen.

Untuk proses menyambungkan, Anda hanya perlu memberikan sekrup. Sambungannya juga tidak akan membebani komponen baja ke depannya.

4. Kekuatan Tarik yang Tinggi

Selain awet dan mudah dimodifikasi, dinding rumah baja ringan juga fleksibel. Untuk daya tahannya, baja ringan dapat menahan lenturan karena tarikannya tinggi. Tegangan yang dimiliki dinding menjadi lebih bagus sehingga guncangan dapat diatasi.

Baja ringan menjadi salah satu opsi untuk mengoptimalkan kualitas dinding. Galvalum ini dapat menahan beban dan meningkatkan kualitas dinding dibanding material lainnya.

5. Produksi Pabrik dan Terjangkau

Kelebihan terakhir adalah produksi pabrik yang artinya material selalu ada di pasar. Anda bisa dapatkan material ini dengan mudah. Caranya Anda hanya perlu mengunjungi KPS Steel untuk mendapatkan produk tersebut secara langsung.

KPS Steel menyediakan besi baja ringan berkualitas yang sudah berstandar SNI untuk keperluan dinding atau atap rumah. Dinding rumah baja ringan jadi lebih kokoh dengan penggunaan material dari KPS Steel.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait