Besi Tempa Tak Lekang oleh Waktu

besi-tempa-tak-pernah-lekang-oleh-waktu-kps-steel

Perkembangan peradaban manusia juga ditandai dengan bangunan, termasuk di dalamnya adalah perkakas, bahan bangunan, dan juga elemen dekoratif lainnya. Selain batu dan kayu, ternyata besi merupakan salah satu material tertua dalam peradaban manusia.

Seperti besi tempa yang sudah ada sejak zaman dahulu hingga saat ini. Di bawah ini KPS Steel selaku distributor besi Jakarta akan mengulas lebih jauh mengenai besi tempa..

Di antara artefak dari peradaban bangsa Sumeria dan Mesir (4.000 SM) ditemukan perhiasan dan senjata (mata lembing) yang dibuat dari material besi. Konon, besi tersebut berasal dari meteorit yang dibentuk dengan cara ditempa.

Baca Juga: Mengenal Perbedaan Besi Tuang Dan Besi Tempa

Daya Tarik Besi Tempa

Penggunaan material besi tempa (wrought iron) juga ditemukan di antara artefak bangsa-bangsa lain di berbagai belahan dunia, seperti di Cina, Timur Tengah, dan juga Eropa. Sejak awal besi tempa telah diketahui memiliki daya tarik tersendiri.

Selain kuat dan tahan lama, tahan korosi, dan mudah dibentuk, besi tempa juga berkarakter unik. Besi tempa bukan saja cocok untuk material struktural, tetapi juga menawan sebagai elemen dekoratif.

Menara Eiffel di Paris, Perancis, yang dibangun tahun 1887 merupakan menara besi tertinggi pertama pada zamannya. Menara di tepi Sungai Seine ini disusun dari 18.083 potong besi tempa hingga mencapai ketinggian 300 meter (tanpa antena).

Dengan perawatan yang tepat, kekuatan dan keindahan menara karya Gustave Eiffel masih bertahan lebih dari 130 tahun. Pada era 1800-an pagar besi tempa yang artistik cukup banyak diminati.

Demikian halnya dekorasi dari besi tempa. Antoni Gaudi (1852-1926) dikenal sebagai salah satu arsitek yang banyak menerapkan dekorasi dengan material besi tempa pada bangunannya.

Besi tempa (wrought iron) dengan karakteristik dan kekuatannya menjadi salah satu material yang tetap bertahan dari zaman ke zaman. Meskipun produksi komersial untuk besi tempa tidak semarak dahulu, tetapi daya tarik besi tempa sebagai elemen struktural maupun arsitektural tidak pernah lekang oleh waktu.

Penerapannya bahkan memberikan nilai estetika tersendiri pada ruang luar maupun ruang dalam. Besi tempa merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang menyukai keindahan.

Bagaimanapun material ini menyertakan faktor “kerajinan tangan” dalam peleburan dan penempaannya. Alhasil terciptalah besi tempa yang unik dan artistik sekaligus memberikan nuansa klasik.

Di area ruang luar

Anda dapat menerapkan material besi tempa pada pagar dan pintu gerbang; railing atau pagar balkon; perabot untuk teras dan taman; wadah pot tanaman; sculpture untuk taman; dan sebagainya.

Di area ruang dalam

Besi tempa dapat diaplikasikan untuk railing tangga; perabot; fixture lampu; teralis bernuansa dekoratif; elemen dekoratif lainnya; dan sebagainya.   

Baca Juga: Jenis-Jenis Besi Konstruksi Untuk Renovasi Rumah

Anda tertarik untuk menggunakan material besi? Hubungi kami di KPS Steel, distributor besi Jakarta yang menyediakan beragam produk besi dan baja. 

Bagikan Artikel :
Menu