Besi Bekas di Rumah Bisa Bermanfaat, Begini Tipsnya

besi-bekas-di-rumah-bisa-bermanfaat-begini-tipsnya

Jika Anda memiliki besi bekas di rumah, jangan dulu menjual atau membuangnya.

Pasalnya, besi-besi tersebut bisa Anda sulap menjadi mahakarya yang memiliki nilai guna dan nilai jual tinggi. Benarkah demikian? Tentu saja iya, karena Anda besi bekas dapat disulap menjadi barang yang berguna.

Tak harus besi baru, karena besi-besi yang sudah pernah digunakan bisa Anda sulap hingga menjadi barang baru. Pasti Anda kini menjadi penasaran, kiranya besi-besi yang sudah pernah digunakan ini bisa dimanfaatkan menjadi apa saja? Nah, untuk menemukan jawaban dari rasa penasaran Anda, cek informasi selengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: Karat Besi Bisa Terhindar dengan Cara Ini

 

Tips Menyulap Besi Bekas jadi Barang Bermanfaat

Karena besi merupakan salah satu bahan dengan ketahanan yang tinggi, Anda bisa mengolahnya kembali menjadi barang bermanfaat meskipun besi tersebut sudah pernah digunakan. Inilah barang-barang yang bisa diciptakan dari limbah bekas di rumah Anda serta cara menyulapnya:

1.  Rak Pajangan Dinding

Bukan hal baru jika besi bisa digunakan menjadi rak pajang dinding, namun tahukah Anda bahwa limbah besi juga bisa disulap menjadi rak pajang juga? Benarkah? Tentu saja benar, jadi Anda bisa memanfaatkan limbah besi di rumah untuk membuat rak pajang.

Jangan takut tentang kekuatan besi, karena bahan ini tergolong bahan yang kuat sehingga bisa menopang benda-benda berat lainnya. Caranya sangat gampang, Anda hanya membutuhkan dua potong besi, kalau ada besi hollow, ya.

Setelah itu, bentuk besi hingga menyerupai sudut siku-siku, kemudian tambahkan papan di atas kedua besinya. Kemudian, pasang di dinding dan rak bisa digunakan untuk menaruh pajangan dalam bentuk apapun. 

2.  Lampu Meja

Anda juga bisa membuat lampu meja dari besi bekas, lho. Lebih tepatnya besi yang berbentuk pipa. Caranya adalah dengan merangkai pipa besi sesuai dengan keinginan Anda, karena bentuk lampu tidak harus sama, bukan? Jadi, buatlah sesuai dengan keinginan Anda agar hasilnya memuaskan. 

Setelah merangkai pipa besi, tambahkan lampu bohlam. Nah, untuk membuatnya tampak lebih estetik, dengan kesan rustic maskulin, berikan aksen warna hitam ataupun abu-abu. Namun, jika Anda ingin membuat konsep lain untuk lampu meja ini, sangat bisa, lho. Atur saja sesuai konsep yang Anda inginkan. 

3.  Kursi Rustic

Meskipun merupakan besi bekas, namun ketahanannya masih tetap tinggi sehingga Anda bisa menyulapnya menjadi kursi rustic. Gunakan besi-besi yang sudah tidak Anda gunakan menjadi frame kursi, dan bentuk sedemikian rupa. Jika Anda memiliki ide sendiri, sangat boleh untuk mengaplikasikannya pada kursi rustic. 

Setelah selesai dengan frame atau kerangkanya, tambahkan papan kayu sebagai tempat duduknya. Sangat simple sekali untuk membuatnya, dan Anda bisa menempatkan kursi rustic ini pada ruangan dengan konsep industrial. 

4.  Gantungan Pakaian

Anda bisa juga memanfaatkan limbah besi menjadi gantungan pakaian yang sangat bermanfaat untuk merapikan pakaian. Caranya juga sangat mudah sekali, karena Anda hanya perlu membentuk besi menjadi tegak yang dilengkapi dengan 3 buah kaki penunjang, hingga kerangka bisa berdiri tegak. 

Setelah itu, tambahkan bagian-bagian pelengkap lainnya, seperti pengait pakaian dan lain-lain. Cara yang sangat sederhana dan mudah, bukan? Hanya perlu menghiasnya sesuai kreativitas Anda, supaya gantungan pakaian jadi lebih sempurna lagi. 

Itulah beberapa tips menyulap besi bekas menjadi barang yang memiliki nilai guna dan nilai jual tinggi. Jadi, jika ada limbah besi yang tak terpakai, jangan buru-buru dibuang. Pasalnya, besi tersebut bisa Anda sulap menjadi barang yang bermanfaat, bahkan bisa menghasilkan uang jika dijual.

Baca Juga: Punya Pipa Bekas? Yuk Sulap Jadi Dekorasi Rumah

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih banyak mengenai besi, kunjungi website KPS Steel di sini, atau hubungi kami melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu