Berbagai Peralatan Untuk Pekerjaan Pembesian

berbagai-peralatan-untuk-pekerjaan-pembesian-kps-steel

Seperti diketahui beton bertulang (reinforced concrete) adalah struktur beton yang pada bagian dalamnya ditambahkan tulangan besi/baja sehingga memiliki kekuatan tarik (daktilitas meningkat).

Pekerjaan pembesian merupakan pembuatan tulangan besi/baja yang menggunakan batang besi/baja sebagai material utamanya. Di pasaran besi/baja untuk tulangan beton, seperti yang dijual oleh distributor besi Jakarta KPS Steel, dikenal juga dengan sebutan besi beton.

Dalam prosesnya, besi beton baik besi polos atau besi ulir, yang memiliki panjang standar 12 meter harus dipotong menjadi ukuran tertentu, dibengkokkan, dan dirangkai sedemikian rupa. Pekerjaan ini memerlukan berbagai peralatan, baik alat sederhana yang dioperasikan secara manual atau peralatan modern bertenaga listrik. Di bawah ini KPS Steel, selaku distributor besi Jakarta akan membahas mengenai peralatan untuk pekerjaan pembesian yang perlu Anda ketahui! 

Baca Juga: Tingkatkan Kecepatan Konstruksi Dengan Penggunaan Struktur Baja

Pemotong dan Pembengkok Besi Manual

Untuk memotong besi/baja secara manual alat yang digunakan merupakan gunting besi manual (manual bar cutter). Ada yang berbentuk tang dengan aneka ukuran; ada juga yang seperti pengungkit dengan gagang panjang. Sementara alat manual yang digunakan untuk membengkokkan besi/baja adalah kunci besi dengan berbagai ukuran (6, 8, 10, dan 12mm); gagangnya terbuat dari besi polos atau besi ulir.

Pada masa sekarang, peralatan manual hanya digunakan dalam proyek kecil atau jumlah besi yang dipotong/dibengkokkan relatif sedikit. Disamping itu, penggunaan alat manual untuk proyek besar tidak efektif karena cenderung membutuhkan lebih banyak waktu dan tenaga.

Mesin Pemotong Besi 

Demi efisiensi waktu dan tenaga, pemotongan besi/baja dalam skala besar idealnya memakai pemotong besi elektrik (electric bar cutter). Alat yang digerakkan dengan tenaga listrik ini dapat memotong besi/baja dengan berbagai ukuran diameter karena memiliki berbagai jenis bukaan pisau. Bahkan hanya dengan satu bukaan, alat ini mampu memotong beberapa batang besi (diameter kecil) sekaligus. Dengan mesin pemotongan yang cepat dan presisi dapat digunakan untuk besi polos maupun besi ulir.

Mesin Pembengkok Besi 

Seperti halnya mesin pemotong besi, alat pembengkok besi/baja yang digerakkan dengan tenaga listrik juga lebih cocok untuk proyek dengan skala besar. Di pasaran tersedia electric bar roller yang dapat menekuk besi/baja menjadi bentuk melingkar (O) dengan diameter tertentu. Ada juga electric bar bender untuk menekuk besi menjadi berbagai bentuk profil sesuai kebutuhan, seperti begel/sengkang. Maka dari itu, mesin tersebut dapat digunakan untuk menekuk besi polos maupun besi ulir.

Peralatan Untuk Merangkai Besi 

Besi/baja yang telah dipotong dan/atau ditekuk sesuai ketentuan selanjutnya harus dirangkai, baik secara terpisah, seperti rangka sloof, kolom praktis, dll. atau perakitan langsung di lokasi, seperti pembesian balok, pelat lantai, dll.. Beberapa alat yang diperlukan untuk pekerjaan ini adalah meteran dan penanda; gunting kawat bendrat; dan alat pengikat kawat bendrat/rebar. Ada pengikat kawat manual, seperti ngao dan kateha; ada juga alat elektrik “rebar tying”, tetapi masih relatif mahal dan cenderung dipakai pada proyek besar. 

Itulah berbagai peralatan yang diperlukan dalam pekerjaan pembesian yang dapat Anda beli di toko perkakas. Sementara untuk memenuhi kebutuhan besi/baja Anda bisa mendapatkannya di KPS Steel, distributor besi Jakarta.

Baca Juga: Tips Dalam Memilih Cat Besi Yang Berkualitas

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai produk besi di KPS Steel. Anda juga dapat melakukan pemesanan, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :
Menu