Apa itu Roof Mesh dan Ragam Fungsinya yang Perlu Diketahui!

atap roof mesh kps steel toko besi jakarta

Istilah roof mesh atau jaring atap memang identik dengan struktur bentangan atap pada konstruksi bangunan. Secara umum, jaring-jaring ini berfungsi sebagai peredam panas pada bagian atap hunian agar tidak mudah bergerak bahkan bergeser.

Benda ini mudah dipotong dan dibentangkan, karena dapat berfungsi  sebagai penahan glasswool, alumunium foil serta pengaman untuk penutup mesin. Semakin kecil lubang jaring pada atapnya , maka akan semakin besar pula kekuatan dan daya bentangnya.

Jaring atap sendiri diproses melalui mesin canggih yang setiap titik pertemuan kawatnya mendapat sambungan pengelasan yang kuat. Sehingga tidak mudah terjadi korosi atau pengaratan pada kawat bahkan setelah digunakan lebih dari dari 10 tahun.

Jaring atap memang tidak sepopuler bahan bangunan lain, sehingga hanya orang-orang tertentu saja yang mengetahui arti dan fungsinya. Namun Anda bisa mengetahui informasi selengkapnya melalui artikel ini.

Apa itu Roof Mesh?

Singkatnya, jaring atap digunakan sebagai penyempurna struktur atap pada bangunan agar lebih kuat. Hal ini karena jaring atap akan memberikan perlindungan terhadap air hujan dan sinar matahari agar tidak langsung mengenai material atap lainnya.

Bila atap dibuat tanpa jaring atap, maka atap bangunan akan lebih mudah mengalami kerusakan atau tidak bertahan lama. Untuk tampilannya Anda tidak perlu khawatir, karena sekarang jaring atap sudah tersedia berbagai macam warna sehingga memiliki nilai artistik dan terlihat lebih menarik.

Kegunaan benda ini untuk atap bangunan memang fokus pada perlindungan nyata untuk keluarga Anda sehingga bangunan dapat tahan lama hingga puluhan tahun. Selain itu, jaring atap juga mencegah kerusakan fatal yang mengakibatkan bangunan roboh.

Tentunya, Anda harus hati-hati dalam memilih material yang akan digunakan pada hunian Anda kelak. Karena setiap material akan memberikan dampak yang besar bagi kehidupan Anda di masa depan.

Untuk pemesanan material bangunan khususnya beragam jenis besi, Anda bisa mempercayakannya pada KPS Steel. Sebagai distributor besi bangunan yang berpengalaman dan profesional, KPS akan memberikan produk-produk terbaik dan berkualitas untuk hunian Anda.

Jenis-jenis Roof Mesh

Selain mengetahui apa itu jaring atap, Anda juga perlu mengetahui apa saja jenis-jenis jaring atap yang ada agar Anda dapat memilih salah satunya. 

Adapun beberapa jenis jaring atap yang dapat Anda gunakan tergantung pada kebutuhan dan tujuan penggunaan. Berikut ini beberapa jenis yang paling umum, diantaranya;

  • Wire Mesh: Wiremesh adalah jenis jaring atap yang terbuat dari kawat baja yang dianyam menjadi bentuk jaring serta salah satu jenis yang paling banyak digunakan. Rekomendasi wiremesh terbaik dan berkualitas, Anda bisa menggunakan produk dari KPS Steel.
  • Expanded Metal Mesh: Expanded Metal Mesh terbuat dari lembaran logam yang dipotong dan diperluas menjadi sebuah jaring. Sama seperti wire mesh, jenis jaring ini juga banyak digunakan terutama untuk ventilasi atap, seperti loteng, atau ruang penyimpanan di bawah atap.
  • Plastic Mesh: Berbeda dengan yang lain, plastik mesh merupakan jaring atap yang terbuat dari bahan plastik. Namun jangan salah sangka, bahan plastik yang digunakan di sini adalah bahan yang tahan cuaca sehingga tetap aman dan tahan lama.
  • Fiberglass Mesh: jaring atap ini biasa digunakan dalam aplikasi komersial dan industri, termasuk sistem penahan api atau untuk memperkuat lapisan atap.
  • Stainless Steel Mesh: Jenis jaring atap ini terbuat dari kawat yang anti korosi, sehingga kuat dan tahan lama. Selain itu, stainless steel mesh juga dapat melindungi atap dari serangan serangga, hewan dan penumpukan debris.

Pemilihan jenis jaring atap yang tepat memang sangat bergantung pada lingkungan, kebutuhan ventilasi, serta iklim setempat. Sehingga tidak bisa disamaratakan antara satu dengan yang lainnya. 

Penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor yang ada dalam menentukan pilihan yang sesuai dengan kebutuhan bangunan Anda.

Fungsi Roof Mesh untuk Bangunan

Penggunaan jaring atap saat ini sudah mulai diminati masyarakat. Terutama pada bidang konstruksi bagian atap bangunan. 

Selain karena harganya yang terjangkau, kualitas produknya juga tetap bagus dan memiliki beragam ukuran yang sesuai kebutuhan pembeli. Sehingga struktur bangunan lebih aman dan tahan lama.

Sebenarnya masih banyak fungsi lain dari jaring atap yang bisa dimaksimalkan dalam proses pembangunan hunian Anda, salah satunya adalah:

1.   Dapat Melindungi dari Serangan Hewan

Selain dapat menjaga struktur atap, jaring atap juga dapat mencegah hewan-hewan kecil, seperti burung, tikus, dan serangga masuk ke dalam  atap bangunan.

Terlindunginya atap bangunan akan membantu mencegah terjadinya kerusakan pada struktur bangunan dan melindungi barang berharga yang ada di dalamnya.

2.   Pencegahan Terjadinya Pembusukan

Roof mesh juga dapat membantu mencegah daun, ranting, dan kotoran lain menumpuk di bagian bawah atap, sehingga bangunan Anda tidak mudah kotor.

Dengan mencegah penumpukan kotoran ini, maka Anda juga membantu mencegah terjadinya pembusukan atau kerusakan pada atap dan sistem drainase bangunan.

3.   Sebagai Ventilasi

Jaring atap dapat digunakan untuk membuat ventilasi udara pada atap bangunan agar angin segar dapat keluar masuk ke dalam ruangan dengan baik. Dengan memasang benda ini, Anda bisa membiarkan udara masuk sementara serangga dan hewan kecil akan tetap terhalang.

Hal ini karena ada kawat yang dapat berperan sebagai filter bagi objek lain selain udara. Sehingga sirkulasi udara di ruangan dapat bekerja dengan baik. 

Adanya sirkulasi udara dalam ruangan sangat penting untuk kesehatan, karena akan sangat berpengaruh pada sistem pernapasan penghuninya. 

4.   Pengendali Kelembapan Ruangan

Sebagai penjaga struktur bangunan, jaringan atap juga dapat membantu Anda mengendalikan kelembapan udara di dalam bangunan. Hal ini karena jaring atap dapat mencegah kondensasi berlebih maupun pembentukan jamur atau kerusakan. 

Hal ini dapat terjadi akibat kelebihan kelembapan di bawah atap. Sehingga terbukti lebih aman bagi kesehatan bangunan Anda.

 5.   Pencegah Kebakaran

Beberapa jenis roof mesh atau jaring kawat juga dirancang untuk membuat perlindungan tambahan pada bangunan, misalnya pada bahaya kebakaran.

Selain itu, jaring atap juga akan mencegah percikan api atau bahan mudah terbakar lainnya masuk ke dalam ruang atap serta mencegah penyebaran api yang lebih besar.

Penting untuk dicatat bahwa roof mesh memiliki banyak fungsi tergantung pada jenis dan tujuan penggunaannya dalam pembangunan. Namun jaring atap ini juga sering digunakan untuk pembangunan komersial, industri, dan rumah tangga untuk menjaga keamanan dan kenyamanan bangunan.

Jika Anda sedang merencanakan pembangunan, pastikan kebutuhan besi bangunan Anda terpenuhi. KPS Steel merupakan toko besi yang menyediakan beragam jenis besi berkualitas. Kunjungi laman hubungi kami untuk pemesanan.

Bagikan Artikel :

Butuh Besi Bangunan untuk Keperluan Konstruksi?