Inilah Alat untuk Mengelas yang Perlu Anda Ketahui

ini dia alat untuk mengelas yang perlu anda ketahui

Untuk mendapatkan ukuran dan bentuk besi yang sesuai dengan keperluan, mesin las digunakan.

Sebelum mulai membahas mengenai jenis-jenis alat untuk mengelas yang bisa Anda temui di pasaran, artikel ini akan memaparkan beberapa hal terlebih dahulu mengenai apa yang dimaksud dengan mesin las, dan seperti apa fungsinya.

Baca Juga: Ini Tips dan Trik Mengelas Besi yang Perlu Anda Ketahui

Mesin las merupakan peralatan yang digunakan untuk menyambungkan material besi. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan ukuran maupun bentuk besi yang sesuai dengan keperluan yang diinginkan.

Karena besi merupakan material padat yang susah dibentuk, maka mesin las sangat membantu untuk bisa memberikan perubahan pada bentuk besi, dengan cara melelehkan bagian besi tertentu, sehingga bisa disambungkan dengan yang lain.

Mesin ini juga bisa membantu melunakkan material besi, sehingga bisa dibentuk sesuai dengan cetakan tertentu. Seiring dengan perkembangan teknologi, perlatan mesin las juga mengalami pengembangan, sehigga saat ini terdapat beberapa jenis mesin las, yang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

3 Alat untuk Mengelas Besi

Ada beberapa jenis alat untuk mengelas yang sampai saat ini beredar di pasaran dan paling sering digunakan, yaitu mesin las teknologi listrik, mesin las teknologi karbit atau gas, dan yang terakhir adalah mesin las dengan teknologi laser. Ketiganya sama-sama memiliki cara kerja yang sama, yang membedakannya adalah sumber dari energi panas yang digunakan.

1. Mesin las berteknologi listrik

Mesin las yang satu ini kerap juga disebut sebagai electric welding, sebab menggunakan arus listrik sebagai sumber energi panas utamanya. Cara kerjanya adalah dengan mendapatkan panas dari tegangan listrik yang dihasilkan dari ujung alat las yang ada.

Nantinya tegangan ini akan bereaksi terhadap benda yang didekatkan, sehingga memunculkan reaksi seperti cipratan bunga api. Ada dua jenis sumber listrik yang biasanya digunakan, yaitu listrik AC dan DC. Mesin las dengan listrik AC umumnya tak bisa dioperasikan dengan listrik DC, begitu juga sebaliknya.

AC merupakan listrik berarus bolak balik, yang umumnya berasal dari arus PLN ataupun mesin generator. Sedangkan DC merupakan arus searah yang biasanya muncul dari penggunaan mesin dinamo. Kabar baiknya ternyata saat ini mesin las dengan arus ganda sudah beredar di pasaran, sehingga satu mesin ini bisa dioperasikan dengan dua jenis arus listrik yang berbeda.

2. Mesin Las Berteknologi Karbit

Jenis alat las kali ini lebih banyak digunakan untuk keperluan mengelas objek yang kecil dan tipis. Sebab, memang hasilnya bisa sangat presisi, sehingga tak perlu khawatir akan merusak bentuk objek. Sama seperti mesin yang memanfaatkan teknologi listrik, las yang satu ini juga menggunakan cara kerja yang sama, namun perbedaannya terletak pada proses peemanasan alat.

Mesin las berteknologi karbit memanfaatkan dua jenis gas untuk mendapatkan suhu tinggi, yaitu gas oksigen dan juga gas asetilin. Percampuran antara keduanya inilah yang kemudian akan menghasilkan panas, yang kerap berbentuk seperti api yang menyala, yang mampu melelehkan dan merubah bentuk objek.

3. Mesin Las Berteknologi Laser

Bisa dikatakan alat pengelas yang terakhir ini merupakan yang memiliki teknologi pemanasan paling modern. Energi panas yang dimiliki berasal dari proses pergesekan material foton monokromatik yang terfokus. Karena proses pemanasan yang terfokus inilah mesin las berteknologi laser sangat diandalkan dalam menyambungkan objek-objek penting yang krusial. Seperti alat penunjuang kesehatan, alat olahraga, dan alat lainnya yang harus memiliki bentuk sempurna dan sangat detail.

Teknologi laser yang digunakan mampu melelehkan objek tepat pada titik-titik yang diinginkan, sehingga membantu meminimalisir kesalahan pengerjaan.

Itulah tiga jenis alat untuk mengelas yang bisa Anda gunakan. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, yang bisa Anda sesuaikan dengan jenis kebutuhan Anda.

Baca Juga: Perlu Ketelitian, Ini dia Cara Mengelas Plat Tipis

Untuk menemukan material besi terbaik, KPS Steel selaku distributor besi dan baja menyediakan besi berkualitas. Anda dapat menemukannya dan melihat-lihat produk KPS SteelĀ di sini.

Bagikan Artikel :
Menu