5 Alasan Jual Beli Besi Tua Sangat Menguntungkan

alasan jual beli besi tua menguntungkan

Sebelum Anda menyingkirkan besi bekas Anda yang sudah tua, simak artikel ini untuk mengetahui alasan untuk melakukan jual beli besi tua.

Besi dengan nama Latin Ferrum (Fe) merupakan unsur yang paling banyak membentuk bagian dalam dan luar planet bumi. Selain itu, dalam kehidupan sehari-hari kita dapat merasakan manfaat dari besi yang salah satunya adalah sebagai bahan penting dalam konstruksi bangunan.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Karat Besi yang Bisa Anda Terapkan

Tidak hanya besi utuh, besi tua juga dapat dimanfaatkan untuk bisnis, tergantung pada kondisi/jenis besi dan skill/kreativitas pengolahnya. Di bawah ini kami akan membahas beberapa alasan melakukan jual beli besi tua sangat menguntungkan.

Definisi Besi Tua

Besi tua atau rongsokan dikenal dengan sebutan besi scrap, yaitu besi bekas atau besi yang tidak terpakai karena sudah lama usianya. Besi scrap dapat berbentuk potongan besi maupun besi dari bekas pembongkaran gedung, biasa didapatkan dari toko yang menawarkan jual beli besi tua atau dari pengepul.

4 Jenis Besi Tua

Ketika anda ingin berkecimpung dalam dunia besi tua, mungkin anda akan kebingungan dengan jenis besi tua. Menurut ukurannya ada 4 jenis besi tua, yaitu:

1. Kelas A

Merupakan besi tua dengan ukuran ketebalan minimal 6 mm, contohnya besi sisa fabrikasi, rantai kapal, roda kereta api, dll.

2. Kelas B

Merupakan besi tua dengan ketebalan 3-5 mm, contohnya besi sisa pemotongan coil, velg mobil, plat tipis, dll.

3. Kelas C

Merupakan besi tua dengan ketebalan 2-3 mm, contohnya drum oil, seng pabrik, paku, kawat sling, plat body mobil-mobil bekas.

4. Kelas D

Merupakan besi tua dengan ketebalan 1-2 mm, contohnya bekas kaleng susu, velg sepeda, bekas kawat las, sisa bubutan, dll.

Jual Beli Besi Tua Sangat Menguntungkan

Keberadaan besi scrap/besi tua dianggap biasa bagi kebanyakan orang, bahkan ada yang menganggap besi scrap tidak dapat dimanfaatkan sama sekali. Peluang ini ternyata dimanfaatkan bagi pebisnis yang menggeluti bisnis besi scrap. Meski kenyataannya diperlukan kesabaran dan ketelitian, namun hasil jual beli besi tua ini sangat menjanjikan.

Berikut 5 alasan yang dapat kami rangkum bahwasanya jual beli besi tua menguntungkan :

1. Pasokan bahan baku industri besi dalam negeri masih kurang

Bisnis jual beli besi tua sangat besar potensinya di dalam negeri. Bagi Anda yang memiliki besi bekas atau besi tua, jangan buru-buru membuangnya. Rongsokan tersebut bisa menjadi rupiah yang dapat Anda nikmati, misalnya menjualnya pada pengepul. Sementara harga yang ditawarkan juga bervariatif, tergantung keadaan dan jenis besinya, yakni sekitar 3.500 hingga 6.500 rupiah per kilogramnya.

2. Besi tua dapat diolah kembali melalui pabrik peleburan (recycle)

Besi tua yang dibeli dari para pengepul oleh pabrik akan diproses dan dileburkan, sehingga menjadi besi baru dan dijual dengan harga tinggi.

3. Besi tua dalam negeri tergolong mahal

Harga scrap di negara lain seperti Australia, Kanada, dan beberapa negara Eropa Timur tergolong lebih murah dibanding harga di negara kita. Itu sebabnya bagi pebisnis dengan modal besar (milyaran) dapat membeli besi tua di negara lain untuk diolah atau dijual kembali di dalam negeri.

4. Besi bekas dapat dimanfaatkan kembali (reuse)

Beberapa proyek konstruksi maupun dunia industri menggunakan kembali besi scrap. Tidak ketinggalan dengan bisnis kerajinan yang juga dapat memanfaatkan dan mengolah besi tua, misalnya besi dari plat bekas dapat dimodifikasi menjadi benda seni atau bahkan produk furniture.

5. Menyelamatkan Lingkungan

Jual beli besi tua maupun mendaur ulang besi sama artinya bahwa kita turut serta melindungi atau menyelamatkan lingkungan dan alam sekitar. Limbah akibat pembuangan besi tua secara sembarangan dapat menyebabkan pencemaran lingkungan.

Dari penjelasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa bisnis jual beli besi tua sangat menguntungkan, bahkan bila Anda memiliki modal yang besar maka bisnis ini dapat menjanjikan keuntungan yang lebih lama dibanding bisnis lainnya. Demikian informasi kami, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Cara Menghitung dan Menentukan Harga Jual Besi

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai produk besi di KPS Steel. Anda juga dapat melakukan pemesanan, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :
Menu