8 Jenis Besi Terbaik untuk Membuat Pagar Rumah

Berbagai macam opsional bahan besi untuk pagar rumah Anda.

Tidak hanya bangunan utama pada rumah, pernak pernik yang melengkapi rumah merupakan salah satu hal yang harus dipikirkan. Salah satunya adalah pagar untuk rumah, jenis besi pagar rumah juga perlu dipertimbangkan dengan matang agar sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga: Begini Cara Menghitung Berat Besi Untuk Kebutuhan Anda.

Jika Anda akan mulai membuat pagar rumah, berikut ini adalah referensi jenis besi untuk pagar rumah yang mungkin bisa Anda pertimbangkan.

8 Jenis Besi Untuk Pagar

Berikut ini adalah beberapa jenis besi untuk pagar yang dijadikan pilihan oleh banyak orang. Simak ulasannya berikut ini!

  1. Pagar dari Besi Seng Aluminium

Ini adalah jenis pagar yang bahan dasarnya terdiri dari campuran seng dan aluminium. Pagar jenis ini memiliki keunggulan dari bobot yang relatif ringan, sehingga juga mudah dipasang.

  1. Pagar dari Besi Hollow Galvalum

Pagar jenis ini diketahui sebagai pagar yang berkualitas terbaik karena terdiri dari bahan yang anti karat dan anti korosi. Memiliki ketebalan sekitar 0.6 sampai dengan 1.7 mm. Bahan utamanya adalah galvalum yang dilapisi dengan besi serta aluminium. Kualitas yang terbaik tentu saja berbanding lurus dengan harga yang ditawarkan, sehingga cocok untuk rumah yang bergaya mewah dan elegan.

  1. Pagar dari Besi Stainless Stell

Jika anda ingin memiliki pagar rumah yang memiliki harga yang standard dan anti karat, maka tidak ada salahnya untuk memilih pagar yang berbahan dari besi stainless steel. Pagar yang berbahan dasar dari besi putih ini sangat sesuai untuk diterapkan pada rumah yang bergaya minimalis dan mudah untuk dikombinasikan dengan dinding batu bata. 

  1. Pagar dari Besi Vial

Materi yang digunakan pada jenis besi untuk pagar ini ada bermacam-macam, mulai dari aluminium tubular yang memiliki harga yang relatif terjangkau, hingga yang berbahan besi padat untuk harga yang paling mahal. Selain cocok untuk pagar rumah, pagar vial ini juga cocok untuk dijadikan pagar kebun.

  1. Pagar dari Besi British Reinforced Concrete

Ini adalah salah satu dari jenis pagar berjenis siap pasang yang cocok untuk bangunan yang bergaya minimalis. Bahannya dari besi beton yang tebalnya menyesuaikan dengan tinggi pagar yang akan dipasang, semakin tinggi pagar maka akan semakin tebal pula diameternya. Ukuran diameternya berkisar antara 5 sampai 8 milimeter. Merupakan jenis pagar yang digunakan pertama kali oleh perusahaan konstruksi yang bermarkas di Singapura

  1. Pagar dari Besi Tuang

Yang dimaksud dengan pagar besi tuang adalah teknik pembuatannya yang meleburkan beberapa bijih besi tertentu untuk selanjutnya dituangkan pada cetakan yang sudah didesain sebelumnya. Campuran yang digunakan biasanya terdiri dari silikon, karbon, belerang, fosfor dan lain sebagainya. Pagar dari besi tuang ini biasanya mudah kita temui pada kompleks perumahan kelas menengah ke atas.

  1. Plat Besi Bermotif Garis

Plat yang bermotif garis atau stripe plate ini cocok digunakan untuk pagar dan teralis pintu maupun jendea. Sekilas bentuknya seperti papan kayu dengan ketebalan sekitar 3 sampai 12 milimeter. Keunggulan utama dari stripe plate ini adalah mudah untuk dibengkokkan dengan teknik pengelasan. Desainnya pun sangat unik sehingga cocok untuk rumah yang bernuansa elegan.

  1. Pagar Lipat Besi

Untuk memilih jenis besi pagar, yang perlu diperhatikan adalah kekuatan besi dan pilih juga jenis besi yang tidak mudah berkarat. Hal ini dikarenakan sifatnya yang dinamis dan dapat dilipat, sehingga terlihat sangat praktis dan tidak terlalu banyak makan tempat. Cocok diaplikasikan sebagai pengaman sekaligus pengaman pada rumah yang sangat sederhana maupun yang mewah sekalipun. 

Demikianlah ulasan mengenai jenis besi untuk pagar yang bisa Anda jadikan referensi. Mana nih yang kira-kira ingin Anda gunakan?

Baca juga: Yuk, Kenalan dengan Besi Hollow Hitam yang Cocok untuk Pagar Rumah Anda.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih banyak mengenai material Besi Konstruksi, kunjungi website KPS Steel di sini, atau hubungi kami melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu