7 Ide Kreasi dari Besi yang Unik Untuk Rumah Anda

Membuat kreasi dari besi memiliki nilai estetika tersendiri dan lebih hemat dana.

Besi merupakan material bangunan yang memiliki banyak manfaat. Selain itu, kreasi dari besi selain untuk bangunan bisa dibuat untuk barang yang unik. Contohnya untuk dekorasi rumah atau pun furniture. 

Baca juga: Begini Cara Menghitung Berat Besi Untuk Kebutuhan Anda.

Jenis besi yang digunakan beragam, tergantung kreasi apa yang akan dibuat. Ada yang dari besi siku, besi hollow, besi pipa, dan yang lainnya. Kreasi yang dibuat pun bisa dibuat DIY (Do It Yourself). Jika tidak bisa menggunakan besi baru, Anda bisa menggunakan besi bekas.

7 Ide Kreasi Besi yang Unik

Tak jarang kreasi besi dibuat semenarik mungkin untuk meningkatkan nilai fungsi atau nilai estetika. Entah dibuat bentuknya berbeda dari yang sebelumnya, atau diberikan warna yang menarik, dan diberikan akses tambahan untuk mempercantik.

Ada beberapa kreasi dari besi yang bisa Anda buat sesuai kebutuhan. Mari simak pembahasan di bawah ini untuk mengetahui ide apa saja yang bisa Anda terapkan untuk membuat kreasi dari bahan besi. 

  1. Kursi dan Meja

Sudah banyak saat ini kursi dan meja yang dibuat dengan menggunakan besi. Ada yang dibuat dari besi pipa, ada juga yang dibuat dengan besi hollow. Besi tersebut digunakan sebagai rangka dari kursi dan meja. 

  1. Lampu Hias

Pernah melihat lampu hias yang bergantungan di pipa besi? Tentu rangka untuk lampu hias tersebut jelas dibuat dengan pipa besi. Rangka besi dicat atau diberi warna dan membantu lampu hias nampak menjadi lebih cantik. 

  1. Gantungan Baju

Kreasi dari besi yang satu ini sudah sering dijumpai. Gantungan yang terbuat dari besi ini justru meninggalkan kesan estetika. Gantungan baju ini bisa digunakan di tempat yang minimalis atau sempit, seperti di kost atau apartemen. 

Gantungan baju besi juga sering dipakai oleh toko baju untuk memajang baju-baju yang dijual. Ada yang dibuat bertingkat, tetapi ada juga yang dibuat sejajar. Anda tinggal menyesuaikan ingin membuat kreasi yang seperti apa.

  1. Rak Pengantar Makanan

Kalau Anda pernah ke restoran mewah, biasanya makanan akan diantarkan dengan menggunakan rak roda pengantar makanan yang rangkanya dibuat dengan besi. Ditambah dengan papan kayu di bagian atas, tengah, dan bawah. 

  1. Buffet Dapur

Kalau biasanya rak buffet di dapur dibuat dengan menggunakan kayu, Anda bisa membuatnya kali ini sebagai kreasi dari besi. Tentu rak buffet dari besi akan lebih kuat menahan beban. Anda juga bisa membuat rak buffet tersebut jadi memiliki kesan minimalis. 

  1. Rak Buku

Rak buku juga banyak yang dibuat menggunakan besi sebagai kerangkanya. Ini dikarenakan besi memiliki sifat yang kokoh untuk menahan beban dari buku-buku. Kreasi rak buku unik yang bisa Anda buat adalah rak buku tempel, atau yang dipasang di dinding.

  1. Rak Barang Sekaligus Partisi

Banyak rumah yang sering menggunakan rak barang untuk membagi ruang satu dengan yang lainnya karena keterbatasan lahan. Rak barang yang banyak digunakan juga sering dibuat dari besi sebagai kerangkanya. Rak barang biasanya dibuat untuk meletakkan hiasan seperti foto, botol, vas bunga, dan lainnya.

Anda bisa membuat kreasi tersebut sesuai dengan yang dibutuhkan. Baik membuatnya sendiri secara DIY atau membelinya langsung di tempat furniture. Jika masih kesulitan untuk membuatnya, Anda bisa meminta pada ahli atau tukang untuk membantu. 

Selain itu, kreasi dari besi ini banyak dimanfaatkan orang untuk dijual kembali. Mereka terkadang membuatnya sesuai pesanan customer bagaimana. Ditambah lagi, Anda bisa mendapatkan besi-besi dengan mudah di toko bangunan atau mendapatkan di toko loak besi yang murah. 

Baca juga: Kerajinan Besi Hollow Sebagai Penghias Rumah Anda.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih banyak mengenai material Besi, kunjungi website KPS Steel di sini, atau hubungi kami melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :
Menu