Cara Menghitung Ukuran dan Tabel Harga Besi Baja WF

perbedaan-besi-wf-dan-h-beam-harga-besi-baja-wf

Bagi seseorang yang berkecimpung di dunia konstruksi, sudah menjadi kewajiban kita untuk selalu update dengana harga besi baja WF terbaru. Sebab material bangunan yang satu ini merupakan pilihan tepat untuk membangun bangunan secara kuat dan kokoh. Tentu Anda sudah memahami bahwa besi dibutuhkan untuk proses pembangunan. Besi akan menjadi salah satu faktor yang menentukan kekuatan bangunan. Oleh karena itu pemilihan besi tidak boleh sembarangan.

Pemilihan besi yang keliru bukan hanya membuat Anda harus mengeluarkan uang lebih. Keselamatan orang-orang yang nantinya berada di dalam gedung juga menjadi tidak aman sebab besi tidak sesuai standar. Ada berbagai jenis besi baja yang biasa digunakan dalam proses pembangunan. Jenis besi baja wide flange (WF) merupakan salah satu jenis besi terbaik yang menjadi pilihan banyak pemborong.

Baca Juga: Manfaat dan Kegunaan Besi WF yang Cocok untuk Segala Konstruksi

Memahami Tentang Besi WF Secara Detail

Ada banyak material yang dibutuhkan untuk membangun sebuah bangunan. Tentunya setiap material tersebut harus menggunakan kualitas terbaik agar bangunan yang dibangun berdiri kokoh dan tidak rentan masalah di kemudian hari. Besi merupakan salah satu material terpenting dalam proses pembangunan. Agar Anda bisa memahami besi WF secara lebih dalam, berikut ini kami berikan informasinya secara detail.

1. Pengertian Besi WF

Besi WF adalah singkatan dari Wide Flange. Nama tersebut menggambarkan bentuk besi yang satu ini. Sebab besi ini memiliki bentuk yang melebar serta terdapat sayap, sehingga sekilas besi WF mirip dengan besi H-beam. Meski begitu, diketahui bahwa besi WF memiliki gaya tekan dan gaya tarik yang lebih tinggi daripada besi H-beam.

2. Kegunaan Besi WF

Selain memahami tentang pengertian dan harga besi baja WF, tentunya Anda juga harus memahami kegunaan material satu ini. Sehingga Anda dapat memahami apakah harus membelinya atau tidak. Karena memiliki gaya tarik ataupun tekan yang baik, besi ini sebenarnya bisa digunakan untuk berbagai pembangunan. Mulai dari pembuatan berbagai gedung, gudang hingga jembatan bisa menggunakan besi ini.

3. Material Pembuatan Besi WF

Tentunya material pembuatan besi atau baja WF tidak boleh sembarangan. Sebab jika baja ini terbuat dari bahan yang mudah rapuh, maka nantinya bangunan tidak akan kuat menahan beban sehingga roboh. Oleh karena itu sudah pasti material ini terbuat dari balok baja, sehingga kekuatan material satu ini sudah terjamin akan membuat bangunan dapat berdiri kokoh dan kuat.

Harga Besi Baja WF & Cara Menghitung Ukurannya

Anda bisa menemukan berbagai ukuran besi WF di pasaran. Bagi orang yang baru memasuki dunia konstruksi mungkin merasa bingung dalam membaca ukuran besi ini. Padahal caranya sangat mudah. Sebagai contoh diketahui besi WF ukuran 100 x 50 x 5 x 7 mm panjang 12 meter berat 112 kg. Maka mungkin Anda akan bingung dalam memahaminya.

Pada besi WF jenis tersebut, berarti memiliki tinggi 10 cm, lebar 5 cm dan panjang 12 meter. Sementara tebal ban ada 5 mm dan tebal sayap 7 mm. Berat total dari besi tersebut adalah sebesar 112 kg. Untuk berat per meter, maka cukup bagi berat total dengan panjang besi yaitu 112/12 = 9.333 kg.

Untuk harga besi baja WF sendiri memiliki variasi sesuai ukuran yang Anda beli. Tentunya semakin berat besi yang dibutuhkan, maka harganya juga akan semakin tinggi. Rata-rata harga besi WF per kg saat ini sekitar Rp 15.000 – Rp 16.000. Meski tentu harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu mengikuti harga yang berlaku di pasaran.

Baca Juga: Kegunaan Besi WF dalam Konstruksi Bangunan

Meski begitu, besi WF tetap menjadi salah satu pilihan banyak pemborong ketika melakukan pembangunan. Hal ini disebabkan karena gaya tekan dan gaya tarik besi sangat tinggi, sehingga proses pembangunan bisa berjalan efektif dan kekuatan bangunan tetap terjamin. Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lengkap mengenai beragam jenis besi dan informasi lainnya. Anda dapat mengunjungi website KPS Steel di sini, atau dapat langsung menghubungi kami untuk melakukan pemesanan melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu