Perbedaan Besi Wide Flange dan INP yang Perlu Diketahui

besi wide flange KPS Steel distributor besi jakarta

Besi wide flange atau WF merupakan salah satu tipe yang cukup banyak dipakai dalam konstruksi besar. Material ini memang memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan material sejenis lainnya.

Salah satu yang menarik dai wide flange adalah kekuatan tekan dan tarik yang cukup tinggi. Di sisi lain, bobotnya juga tidak terlalu berat. Sedangkan tingkat kepadatannya cukup tinggi.

Namun, terlepas dari kegunaan wide flange ternyata ada tipe lain yang juga banyak dipakai. Besi INP menjadi alternative lain bagi beberapa orang untuk melengkapi struktur bangunan sedang dan besar.

Meskipun begitu, keduanya sebenarnya memiliki beberapa perbedaan dasar. Supaya Anda bisa membedakannya, maka simak baik-baik informasi di bawah ini. Dengan begitu, tidak akan sulit menentukan kebutuhan konstruksi.

Tentang Besi Wide Flange

Wide flange (WF) merupakan sebuah material lempengan baja yang dilengkapi dengan kekuatan tinggi. Di sisi lain, WF juga sangat cocok untuk menahan kekuatan tarik serta menahan beban tekan aksial.

Jika diperhatikan secara sekilas, WF sendiri memiliki bentuk menyerupai H-beam. Meskipun begitu, tingkat kemampuan dalam gaya tekan dan tarik besi wide flange jauh lebih tinggi dari pada H-beam.

Artinya, material ini sendiri memiliki efisiensi yang jauh lebih tinggi untuk konstruksi bangunan. Di sisi lain, WF juga memiliki beberapa jenis mulai WF I, WF H, serta WF Beam.

Ketiganya memiliki kegunaan berbeda dalam struktur bangunan. Meskipun begitu, besi WF lebih banyak dipakai sebagai material pembuat rangka bangunan. Itulah mengapa sebagian besar pemborong lebih memilih wide flange.

Material Pembuat WF

Besi wide flange dibuat dari material khusus yang tidak boleh rapuh atau mudah roboh. Kegunaannya yang khusus untuk menopang beban berat mengharuskannya terbuat dari material kuat.

Ketika material ini rapuh dan mudah roboh, maka struktur bangunan juga pasti akan dalam bahaya. Jika bangunan tersebut adalah gedung, maka bisa saja membahayakan orang yang berada dalam gedung.

Oleh sebab itu, WF dibuat dari material balok baja melalui proses hot rolled steel atau baja canai panas. Proses ini memberikan karakteristik baja tidak terlalu berat, tetapi memiliki daya kekuatan.

Tips Membeli Besi WF

Besi wide flange sebenarnya tidak terlalu sulit didapatkan. Meskipun begitu, Anda juga tidak boleh langsung percaya jika menemukan WF dengan harga sangat murah. Anda perlu memahami bagaimana cara membelinya.

Salah satu cara paling ampuh untuk membeli besi wide flange adalah dengan memilih yang standard SNI. Setiap barang di Indonesia harus memiliki standard. Begitu juga dengan wide flange.

Jika ada WF yang tidak memenuhi standard, maka Anda perlu hati-hati. Bisa saja material tersebut tidak memiliki daya kekuatan seperti yang Anda ketahui. Hasilnya, WF juga akan lebih mudah roboh.

Oleh sebab itulah harga murah tidak menjamin bahwa besi wide flange tersebut aman digunakan. Harga WF sendiri cukup bervariasi tergantung ukurannya. Berat dan panjangnya pasti berbeda-beda.

Misalnya, untuk ukuran 12 meter dengan dimensi 150 x 150 x 7 x 10. Tipe ini memiliki berat 378 kg dengan total harga bisa mencapai jutaan rupiah.

Untuk ukuran paling besar 400 x 400 x 13 x 21 dengan berat 2.064 kg harganya bisa mencapai puluhan juta. Artinya, material ini memang dikhususkan untuk keperluan proyek.

Mengenal Besi INP

Jika sebelumnya membahas mengenai besi wide flange, maka sekarang akan membahas mengenai besi INP. Tipe ini sebenarnya juga cukup sering digunakan dalam konstruksi bangunan karena karakteristiknya.

Dari tampilan fisik, umumnya INP memiliki panjang antara 6 sampai 12 meter. Sedangkan dimensinya sendiri adalah 100 sampai 500 mm. Perlu dipahami bahwa tidak semua struktur bisa menggunakan INP.

Misalnya, INP lebih cocok dipakai untuk folding gate, rel kereta api, besi tangga, hingga tempat dudukan. Jadi, ada perbedaan yang sangat jelas antara INP dengan wide flange.

Kelebihan INP

Ada beberapa alasan mengapa INP sangat cocok dipakai untuk folding gate. Setidaknya, ada 5 alasan, seperti:

1. Memiliki daktalitas tinggi

Sama seperti besi wide flange, INP juga memiliki daktalitas tinggi. Daktalitas sendiri merupakan sifat pada sebuah material bangunan yang memiliki ketahanan untuk menahan beban tarik.

2. Hemat pengeluaran jangka panjang

Sama seperti material bangunan lain, INP memiliki kelebihan berupa tahan terhadap korosi. Perubahan cuaca dari panas ke dingin atau sebaliknya tidak akan langsung merusak lapisan INP.

3. Penginstalan mudah

Selain itu, INP juga sangat mudah untuk diaplikasikan. Bahkan, ketika sudah terpasang sekalipun juga cukup mudah membongkarnya. Itulah mengapa INP sangat cocok dipakai sebagai folding gate.

4. Ramah terhadap lingkungan

Jika Anda berencana membongkar folding gate, maka sisa besi bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain. Misalnya, Anda dapat menggunakannya sebagai pagar taman supaya tidak dimasuki hewan.

Nah, apakah Anda telah memahami perbedaan antara besi Wide Flange (WF) dengan besi INP?

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami yang menyediakan beragam jenis besi profil, mulai dari besi WF hingga INP.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu