Ini Dia Kegunaan Besi WF Untuk Konstruksi Jembatan

Besi WF memiliki beragam fungsi untuk dijadikan konstruksi jembatan.

Berkecimpung di dunia konstruksi membutuhkan ilmu khusus, terutama soal material. Salah satunya adalah besi, mengingat terdapat banyak jenis besi yang digunakan untuk pembangunan termasuk untuk jembatan. Nah, Untuk menambah wawasan, sebaiknya ketahui kegunaan besi WF atau wide flange yang banyak digunakan untuk konstruksi jembatan.

Baca Juga: Intip Jenis Besi yang Tepat untuk Kreasi Interior Rumah Anda

Peran Penting Besi Jenis WF Untuk Konstruksi Sebuah Jembatan

Pembangunan sebuah jembatan tentu tidak bisa asal-asalan, sebab hal tersebut menyangkut keselamatan para pengguna jalan. Oleh karena itu, perlu penggunaan material yang mumpuni dan berkualitas baik.

Salah satu material yang memiliki peran penting dalam pembangunan jembatan adalah besi WF. Besi jenis ini memang banyak digunakan dalam konstruksi jembatan karena mampu menyangga konstruksi jembatan agar tidak mudah mengalami dislokasi, dan masih banyak kegunaan lainnya.

Beberapa Kegunaan Besi Jenis WF Untuk Pembangunan Jembatan

Bagi sebagian orang mungkin cenderung acuh perihal penggunaan besi jenis WF untuk konstruksi jembatan. Padahal, ada beberapa kegunaan penting besi Wide Flange untuk konstruksi suatu jembatan. Lantas, apa sajakah kegunaan tersebut? Berikut ini beberapa kegunaan penting besi jenis WF untuk jembatan:

  1. Melengkapi tiang pancang pada jembatan bertingkat

Apakah sudah pernah mendengar atau bahkan pernah menjumpai tiang pancang di sebuah bangunan? Jika pernah, ternyata tiang tersebut juga digunakan pada saat konstruksi jembatan. Hal ini memang sangat jarang diketahui khalayak karena letak tiang pancang sering kali tidak terlihat.

Adanya tiang pancang yang digunakan untuk membangun jembatan bertingkat seperti jalur jalan tol, pasti membutuhkan besi Wide Flange. Penggunan besi jenis ini tidak lain adalah sebagai pelengkap tiang pancang agar hasil akhir dari jembatan yang dibangun menjadi lebih kuat.

  1. Membantu pekerja menyelesaikan pembangunan lebih cepat

Kegunaan besi WF untuk konstruksi jembatan yang berikutnya adalah mampu memudahkan pekerjaan pekerja. Mengapa? Pasalnya, besi jenis ini dibuat dengan bahan dasar yang mumpuni sehingga menghasilkan besi wide flange yang kokoh.

Kokohnya besi jenis WF ini tentu saja akan mempercepat proses konstruksi bangunan. Namun, dengan catatan para pekerja yang menangani proses pengerjaan jembatan adalah yang sudah profesional dan berpengalaman dibidangnya. Sehingga mampu memberikan hasil akhir maksimal.

  1. Menyeimbangkan jembatan yang dibangun

Sebenarnya, mengapa besi WF ini begitu sering dijadikan pilihan untuk konstruksi jembatan? Jawabannya adalah karena besi ini memiliki tingkat keseimbangan yang sangat tinggi. Oleh karena itu, jembatan yang dibangun menggunakan besi jenis Wide Flange tidak rawan miring dalam waktu lama.

  1. Memperindah bagian tangan jembatan terlihat modern

Bagi yang pernah melewati jembatan, pasti mengetahui bahwa di sisi kanan dan kirinya terdapat tangan jembatan. Maka kemudian, kegunaan besi Wide Flange yang lain adalah membuat tampilan tangan jembatan tersebut terlihat lebih indah dan modern. Sehingga terlihat lebih kekinian dan aesthetic.

Keindahan yang dimunculan oleh besi jenis Wide Flange ini membuat banyak pelaksana pembangunan jembatan di kota-kota besar memilihnya. Bahkan, besi Wide Flange ini mampu bertahan lama terhadap pergantian cuaca, sehingga tidak mudah berkarat.

  1. Mampu melindungi tanah yang bersistem tidak stabil

Saat membangun sebuah jembatan, pastinya kondisi tanah di masing-masing tempat berbeda. Penggunan besi jenis Wide Flange ternyata berguna untuk melindungi tanah yang memiliki sistem tidak stabil. Sehingga hasil akhirnya kuat dan tahan lama.

Sekian pembahasan mengenai kegunaan besi WF yang sudah seharusnya diketahui. Selain kelima kegunaan besi Wide Flange yang sudah disebutkan di atas, sebenarnya masih banyak lagi kegunaan lainnya untuk konstruksi jembatan. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Simak Manfaat Besi untuk Dekorasi Rumah Anda

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih banyak mengenai material besi, kunjungi website KPS SteelĀ di sini, atau hubungi kami melalui WhatsappĀ di sini.

Bagikan Artikel :
Menu