7 Inspirasi Desain Rangka Atap Baja WF

rangka-atap-baja-wf-distributor-besi-jakarta-kps-steel

Rangka atap baja WF sudah banyak digunakan untuk hunian, pertokoan, atau tempat ibadah. Meski pada beberapa bangunan masih menggunakan konstruksi kayu untuk membuat rangka atap. Baja WF (Wide Flange) merupakan material bangunan yang sekarang sedang naik daun. Digunakan untuk konstruksi berbagai macam bangunan baik besar maupun kecil. Paling banyak untuk hunian pribadi.

Baca Juga: Mengenal Besi Wide Flange Sebagai Material Struktural

Dipilih sebab memiliki kelebihan yaitu lebih ringan, mudah dipasang dan disambung, harganya terjangkau. Baja sendiri merupakan material kuat, tahan lama, tidak mudah berkarat. Jadi cukup berkualitas jika digunakan dalam membuat rumah. Pengerjaan bagian atap jadi lebih mudah dan cepat. Ini juga jadi alasan pemilihan material berkualitas tersebut. Semakin menarik lagi dengan modifikasi yang menampilkan bentuk lebih beragam.

7 Contoh Rangka Atap Baja WF

Material yang lebih mudah dibentuk menyebabkan baja disukai. Anda bisa memesan bentuk atap rumah atau toko dengan berbagai model. Berikut 7 contoh rangka atap berbahan dasar dari baja WF terpopuler:

1. Limas Kerucut

Bentuk paling sering ditemui pada hunian dan bangunan. Dasar atap dibuat persegi panjang, kemudian mengerucut dari 4 sisi. Paling atas lancip, cocok untuk masjid atau hunian pribadi. Membuat bangunan menjulang tinggi dan tampak megah.

2. Konstruksi miring

Konstruksi yang biasanya ditemui pada rumah minimalis atau gudang penyimpanan. Hanya terdapat 1 sisi dan dibuat miring dengan derajat tertentu. Lebih hemat waktu pengerjaan sebab cukup membuat rangka satu sisi lebih tinggi.

3. Model perisai

Dari depan akan tampak seperti segitiga sama kaki. Terdapat lebih dari 2, umumnya dibuat demikian untuk memisahkan antara ruang inti dengan ruang depan sebagai teras. Banyak digunakan pada hunian mewah membuat tampilan lebih kokoh. Pada beberapa tipe rumah perisai terdapat 3 dengan ukuran atap rumah utama paling besar. Area transisi, di bagian depan atap utama lebih kecil. Kemudian paling depan yang biasa untuk teras atau garasi paling kecil.

4. Model pelana minimalis

Paling unik dan hits hingga saat ini untuk hunian minimalis. Rangka dibuat miring di satu sisi menghadap ke kanan. Kemudian sisi lain dibuat miring menghadap ke kiri, layaknya limas namun puncak atap tidak menyatu. Salah satu rangka atap baja WF dibuat lebih tinggi dibanding satu sisi lain. Tampilan yang seolah asimetri ini cukup diminati, membuat suasana baru ala kehidupan milenial jaman sekarang.

5. Bentuk kubah

Dapat dibuat bentuk kubah seperti dome. Terkesan lebih rumit, namun bangunan seperti unik dan umumnya untuk masjid. Rangka kubah lebih aman ketika musim hujan, tekanan tidak terlalu besar pada bahan atap. Melengkung atau setengah lingkaran, jarang digunakan untuk rumah sebab pengerjaannya lebih rumit. Paling banyak untuk sarana ibadah, pertokoan, gudang pabrik dan sebagainya. Dapat difungsikan untuk menarik perhatian.

6. Segitiga

Seperti limas namun lebih simple lagi. Hanya terdapat 2 sisi kanan dan kiri, lebih mudah pengerjaannya. Biasa digunakan pada gudang dan lebih banyak juga untuk kandang ternak. Ukurannya dibuat tinggi untuk sirkulasi udara agar area di bawahnya tetap sejuk.

7. Bentuk Kanopi

Dibuat seolah lurus namun sebetulnya terdapat derajat kemiringan. Melandai dari belakang menuju ke sisi depan. Dibuat untuk kanopi teras depan rumah atau carport supaya air hujan tidak tampias ruang inti. Untuk kebutuhan rangka bangunan berkualitas, kami menyediakan berbagai ukuran baja. Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga: Miliki Bangunan Tahan Gempa dengan Besi Wide Flange

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai besi wide flange di KPS Steel. Anda juga dapat melakukan pemesanan, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :
Menu