Mengenal Perbedaan Besi Tuang Dan Besi Tempa

Tidak sedikit orang yang tidak dapat menjelaskan perbedaan antara material besi cor/tuang dan besi tempa.

Selain tidak bisa menyebutkan perbedaan dasar, banyak yang tidak mengetahui pula mengenai kelebihan dan kekurangan masing-masing material tersebut. Bagaimana dengan Anda? Jika Anda belum mengetahui secara detail, silakan membaca artikel ini lebih lanjut. KPS Steel, selaku distributor besi Jakarta, akan menjelaskannya kepada Anda karakteristik kedua material tersebut.

Besi Tuang/Cor

Besi tuang atau besi cor (cast iron) adalah perpaduan antara besi-karbon yang dibentuk melalui proses pencetakan, yaitu melelehkan bijih besi ke dalam tungku pembakaran lalu menuangkannya ke dalam cetakan prefabrikasi. Setelah menjadi dingin dan mengeras, lelehan tersebut dikeluarkan dari cetakan. Hal ini akan membuat produksi besi cor secara massal dapat dilakukan dengan cepat.

Besi tuang memiliki kandungan karbon (carbon/C) sekitar 3-3,5% (besi dengan kandungan karbon <2% disebut baja/steel). Silikon (Si) sebagai paduannya memilik persentase 1,8-2,4%. Ada beberapa jenis besi tuang yang berbeda karakternya karena perbedaan kandungan karbon atau tambahan bahan, serta perlakuannya pada panas, yaitu besi tuang abu-abu; besi tuang putih; besi tuang mampu tempa; dan besi tuang nodular.   

Baca Juga: Pengetahuan Seputar Cor Dak, Kolom Tiang, Dan Sloof

Besi Tempa

Besi tempa (wrought iron) adalah jenis besi yang dibentuk melalui proses penempaan. Kandungan karbonnya relatif rendah (<0,08) sehingga lentur dan mudah ditempa menjadi bentuk tertentu. Penempaan dapat dilakukan menggunakan tenaga manusia atau secara mekanis di pabrik. Berbeda dengan besi cor, produksi besi tempa dalam jumlah banyak memerlukan waktu relatif lebih lama.

Karakter besi tempa cenderung keras tetapi ulet dan mudah ditempa, tahan korosi, dan relatif mudah dilas. Diandingkan besi cor, besi tempa juga relatif lebih kuat. Meskipun memiliki warna abu-abu seperti besi tuang kelabu, tetapi warna besi tempa lebih terang.

Besi Tuang VS Besi Tempa

Hingga kini besi tuang diketahui sebagai material fabrikasi yang sangat banyak dan relatif luas dalam hal penggunannya. Besi tuang diaplikasikan untuk berbagai produk perkakas, seperti, rumah tangga dan pertanian. Kemudian, berbagai jenis mesin dan suku cadang otomotif, material konstruksi dan elemen arsitektural bisa menggunakan besi tuang sebagai bahan materialnya.

Besi tempa bisa disempurnakan untuk menjadi baja. Seiring waktu, berkembangnya produk baja yang terus disempurnakan membuat penggunaan besi tempa cenderung menurun. Banyak varian produk baja, termasuk baja ringan dan baja stainless menjadi pilihan dibandingkan besi tempa. Sebagai dampaknya, produksi besi tempa untuk komersial secara besar-besaran pun cenderung tidak dilakukan lagi. Bahkan banyak produk “berlabel baja tempa” sebenarnya adalah baja ringan.

Anda bisa memesan secara khusus besi tuang dan besi baja di KPS Steel. Sebagai distributor besi Jakarta, KPS Steel selalu berusaha untuk memberikan material bangunan yang terbaik. Banyak kontraktor yang telah lama memercayai KPS Steel dengan hasil materialnya.

Baca Juga: Mari Kenali Hal-Hal Detail Mengenai Besi Wiremesh

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk KPS Steel. Anda juga dapat melakukan pemesanan, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :
Menu