“Forth Railway Bridge” Keajaiban Teknik Dari Material Baja   

forth-railway-bridge-keajaiban-teknik-dari-material-baja-kps-steel

Jejak penggunaan material besi/baja dalam era modern menjelang akhir abad ke-19 juga ditemui di wilayah Britania (Inggris Raya). Tepatnya di Skotlandia dibangun jembatan baja bernama “Forth Railway Bridge”, yaitu sebuah struktur jembatan untuk jalur kereta api yang spektakuler. Struktur baja bersejarah yang pada 2020 berusia 130 tahun ini telah dimasukkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Menarik, bukan? Nah, KPS Steel Distributor Besi Jakarta mengajak Anda untuk mengenalnya lebih jauh.  

Baca Juga: Pemasangan Sambungan Baut Pada Struktur Baja           

Pembangunan Jembatan

Jembatan kereta api Forth Railway Bridge dibangun melintasi muara Sungai Forth di pesisir Laut Utara dan menghubungkan wilayah Queensferry Utara dan Queensferry Selatan. Sebelumnya digunakan kapal feri untuk penyeberangan antarwilayah. Jembatan yang elegan ini dirancang oleh Arsitek John Fowler dan didukung oleh konsultan sipil Benjamin Baker, serta direalisasikan oleh kontraktor William Arrol dan Tim.

Periode pembangunan ikon Skotlandia di bawah kepemilikan Network Rail ini berdekatan dengan era pembangunan Menara Eiffel di Paris. Namun, waktu konstruksinya jauh lebih lama, yaitu sekitar tujuh tahun. Konstruksinya dimulai tahun 1882 (5 tahun sebelum Menara Eiffel dibangun) dan baru selesai pada Desember 1889 (9 bulan setelah peresmian Menara Eiffel). Jembatan diresmikan pada 4 Maret 1890 oleh Prince of Wales (Raja Edward VII).   

Konstruksi Jembatan

Jembatan sepanjang 2.467 meter ini dibangun dengan struktur kantilever. Tiga kantilever ganda dibangun di tengah muara Sungai Forth untuk mendukung girder/gelagar (balok di antara dua penyangga). Masing-masing kantilever ditopang empat pondasi tiang bor (kaison) berbentuk silinder yang digali dengan sistem pneumatik—dibantu silinder besi tempa raksasa. Sementara itu, di kedua ujungnya penopang dibuat dari konstruksi beton dan bata serta dilapisi granit. Jembatan ikonik ini juga dilengkapi menara.

Jembatan kantilever dengan menara tersebut merupakan struktur rangka baja tubular (steel tubular trusses) yang tergolong teknologi terbaru pada masanya. Material baja tubular berkualitas tinggi diproduksi secara cepat oleh tiga pabrik baja di Skotlandia dan Wales. Superstruktur baja ini diperkirakan mencapai bobot 50.000 ton; sedangkan jumlah paku keling yang digunakan sebagai penyambung mencapai 6,5 juta keping.

Pemeliharaan Jembatan

Diperlukan pemeliharaan berkelanjutan untuk mempertahankan jembatan dilintasi hingga 200 kereta api per hari (data tahun 2006). Pada 2012 dilakukan restorasi penuh, yaitu perbaikan untuk mengembalikan jembatan seperti kondisi awal dan juga pengecatan ulang secara menyeluruh untuk mengantisipasi kerusakan baja akibat korosi. Restorasi selesai pada 2012, dan pengecatan ditargetkan dapat melindungi hingga 25 tahun.     

Keindahan dan ketahanan struktur baja “Forth Railway Bridge” ini sungguh mengesankan. Tak heran jika jembatan ini juga terpilih sebagai keajaiban teknik terbesar di Skotlandia pada 2016.   

Baca Juga: Sambungan Las Dan Proses Pengelasan Pada Struktur Baja

Jadi, Anda pun tak perlu ragu merancang struktur dari material besi/baja. Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai beragam jenis besi. Anda juga dapat melakukan pemesanan secara online, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu