Ragam Kegunaan Besi Siku yang Anda Perlu Ketahui

Dikenal akan daya tahan yang baik, Besi Siku juga dapat digunakan untuk berbagai macam peralatan rumah. Material besi terdiri dari berbagai jenis, salah satu yang sering digunakan untuk kehidupan adalah besi siku.

Sudahkah Anda mengetahui tentang jenis besi tersebut? Besi jenis siku merupakan besi yang dibentuk sedemikian rupa, hingga memiliki sudut tepat 90 derajat. Jika Anda belum bisa membayangkan bagaimana bentuknya, cukup lihat bentuk huruf L, karena sangat mirip dengan bentuk besi ini. 

Baca juga: Besi Siku Pilihan Tepat untuk Menara Air Rumah Anda

Besi jenis siku sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Hal tersebut dikarenakan banyaknya peralatan rumah tangga dan peralatan lainnya yang dibuat dari besi jenis ini. Adapun kegunaan besi jenis siku secara lengkap bisa Anda ketahui pada informasi berikut ini:

Daftar Kegunaan Besi Siku pada Kehidupan Sehari-hari

Besi jenis siku memang sangat populer dan sangat multifungsi, sehingga tak heran jika banyak yang menggunakannya. Ulasan berikut ini dapat membantu Anda untuk  mengetahui apa saja kegunaan besi siku.  Berikut daftar lengkapnya:

1. Untuk Rak Besi

Anda pernah datang ke pertokoan? Pasti akan menemukan barisan rak yang menjulang tinggi, bukan? Nah, bahan yang digunakan untuk membuat rak besi tersebut adalah besi jenis siku.

Orang-orang menggunakan rak dari besi jenis ini karena memiliki daya tahan yang kuat dan tidak mudah berkarat, sehingga dapat menopang benda berat.

2. Kerangka Menara Air Rumah Tangga

Kerangka menara air rumah tangga yang harus menopang tangki air dengan bobot sangat berat, juga dibuat dari besi jenis ini. Pasalnya, kerangka menara air pasti akan bersentuhan langsung dengan air, karena ketika tangki penuh, air akan keluar dan mengenai kerangka yang ada di bawahnya.

Jika menggunakan besi lain, kemungkinan besar akan berkarat dengan cepat, maka dari itu banyak orang yang memilih besi siku untuk membuatnya. 

3. Kerangka Pintu

Selain kedua perlengkapan di atas, Anda juga bisa menggunakan besi jenis siku sebagai kerangka pintu rumah. Besi jenis siku adalah pilihan terbaik untuk membuat kerangka pintu, dan juga cocok apabila digunakan untuk menopang jenis pintu apapun, mulai dari pintu berbahan besi, kayu, hingga kaca.

4. Menopang Rak Gantung

Tak hanya dapat digunakan sebagai rak besi saja, besi jenis siku juga bisa digunakan sebagai penopang rak gantung. Anda dapat menggunakan besi ini untuk menopang rak gantung yang berbahan dasar kayu.

Bagi pecinta pajangan kecil hingga sedang, sangat direkomendasikan untuk membuat rak gantung dengan penopang besi jenis siku. 

5. Pagar Hunian

Ternyata besi jenis siku juga digunakan sebagai pagar hunian, lho. Tentu saja hal ini dikarenakan kekuatannya yang tiada tertandingi. Meskipun akan ditempa oleh cuaca yang tidak menentu di luar ruangan, besi jenis siku akan tetap akan awet dan tahan karat. 

6. Konstruksi Tangga

Umumnya, tangga memiliki sudut siku-siku pada setiap anak tangganya, sehingga dalam pembuatannya harus dirancang secara kokoh. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan ketika penghuni menggunakannya.

Maka dari itu, Anda bisa memilih besi jenis siku sebagai pilihan terbaik konstruksi tangga rumah maupun bangunan lainnya. 

7. Teralis Jendela

Terakhir, besi jenis siku juga bisa digunakan sebagai teralis jendela. Dengan menggunakan besi jenis ini, jendela Anda akan semakin menarik dan menampilkan kesan unik. Tak hanya itu, rumah akan sulit dibobol maling, karena jendela tak bisa diakses dengan mudah. 

Bagaimana? Banyak sekali bukan kegunaan dari besi siku? Nah, jika Anda berminat untuk membuat peralatan seperti yang telah disebutkan, tak usah bingung-bingung lagi, langsung beli besi jenis siku saja. Dijamin hasilnya akan sangat memuaskan, mengingat besi ini terbukti awet dan tahan karat. Selamat mencoba!

Baca juga: Mengenal Kegunaan Besi Siku

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih banyak mengenai Besi Siku, kunjungi website KPS Steel di sini, atau hubungi kami melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu