Jenis Besi Siku yang Perlu Anda Ketahui

jenis besi siku yang perlu anda ketahui

Besi yang satu ini memiliki nama yang cukup unik, karena berbentuk sudut siku-siku.

Besi ini berguna sebagai peyangga sebuah konstruksi. Masing-masing ukuran dan tingkat ketebalan memiliki masing-masing fungsi yang bisa disesuaikan dengan keperluan Anda. Jika proyek Anda adalah membangun jembatan tentu jenis besi siku yang digunakan akan berbeda dengan besi siku yang digunakan pada tiang penyangga sebuah kanopi.

Baca Juga: Kenali Bahan Besi Terbaik Untuk Membuat Pintu Besi

Selain itu besi ini dikenal dengan materialnya yang anti karat dan anti rayap, lalu tahan terhadap cuaca juga jika digunakan pada barang-barang outdoor. Sedikit informasi bagi sobat sekalian, besi siku ini terbuat dari bahan dasar billet dan skrap, dimana terjadi percampuran bahan dasar antara bahan dasar dari baja batangan yang dihasilkan dari pengecoran bijih besi dan bahan dasar dari besi bekas yang dipanaskan pada suhu tertentu yang menghasilkan besi baru.

Bagi Anda yang sedang ingin mencari informasi seputar besi siku untuk membuat sesuatu, maka informasi ini akan cocok dengan Anda. Besi siku memiliki beberapa jenis dilihat dari bentuknya yang berbeda-beda. Berikut beberapa jenis siku yang perlu Anda ketahui yang mungkin berguna untuk keperluan Anda seperti:

1. Besi siku sama sisi

Sederhananya besi ini mempunyai sisi-sisi yang sama panjang dan membentuk sebuah sudut 90 derajat. Ukuran dari besi ini pun bervariasi seperti 20 x 20 dengan lebar 3 dan panjang 6, lalu ukuran 50 x 50, yang mana kedua sisinya memiliki panjang yang sama dan membentuk sudut 90 derajat.

2. Besi siku tidak sama sisi

Sesuai dengan namanya, besi ini memiliki sisi yang tidak sama alias berbentuk persegi panjang. Sudut yang terbentuk tetap 45 derajat tetapi bentuknya cenderung lebih panjang. Besi ini biasa disebut dengan besi L-Bracket. Ukuran besi ini pun bervariasi, bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda membuat tangga di rumah. Pada sebuah rumah, umumnya tingkat kemiringan tangga adalah 42-45 derajat atau bisa lebih tergantung pada situasi tertentu. Maka jenis besi siku ini cocok untuk Anda gunakan dalam membuat tangga di rumah. Ukurannya pun bisa Anda sesuaikan dengan keinginan seperti 90×40, 90×75, 100×75, 125×75, atau 150×90.

3. Besi siku berlubang

Untuk besi yang satu ini memiliki bentuk yang sedikit berbeda yaitu berlubang pada salah satu sisinya atau berlubang pada kedua sisinya. Fungsi lubang pada besi itu yakni sebagai tempat pelekatan baut. Sehingga, besi ini sangat cocok untuk membuat rak gantung atau rak portabel yang fleksibel dipasang di tempat yang Anda inginkan.

Masih banyak kegunaan lainnya dari besi siku ini khususnya bagi Anda yang sedang berpikir untuk melengkapi konstruksi isi rumah Anda dengan beberapa barang dari besi siku. Khususnya di masa pandemi ini, kegiatan masing-masing dari sobat sekalian berada di rumah. Berada lama di rumah memiliki keuntungan tersendiri seperti memikirkan untuk merenovasi rumah dengan melakukannya sendiri. Hal-hal yang biasanya tidak pernah terpikirkan saat sering bekerja di luar rumah seperti pagar besi, tralis besi untuk jendela, ataupun tangga di rumah pun mulai terpikirkan perlahan, apalagi jika Anda menemukan benda-benda tersebut rasanya perlu untuk diperbaiki atau diperbaharui.

Besi siku ini bisa menjadi sangat berguna serta efisien. Selain karena harganya yang cukup terjangkau, Anda juga mudah untuk menemukannya. Jika toko penjualan besi dekat rumah Anda tutup, maka Anda bisa melakukan pemesanan besi secara online tanpa harus pergi keluar rumah dan mulailah melakukan pekerjaan memperbaharui benda-benda dengan besi siku Anda di rumah.

Baca Juga: Ragam Ide Kanopi Minimalis dengan Besi Hollow

Untuk menemukan besi siku terbaik, KPS Steel selaku distributor besi menyediakan besi siku berkualitas terbaik. Anda dapat menemukannya disini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu