Fungsi Besi Siku Untuk Keperluan Konstruksi

Alat pendukung konstruksi saat ini semakin memiliki bentuk yang beragam. Tidak hanya itu, dengan alat yang semakin praktis maka hasil konstruksi akan kuat, kokoh, dan tahan lama.

Salah satu alat pendukung yang banyak digunakan oleh ahli konstruksi adalah besi siku. Besi siku terbuat dari dua garis material logam yang tegak lurus membentuk sudut 90 derajat, sehingga besi ini menyerupai segitiga siku-siku dengan salah satu sisinya tidak tertutup atau menyerupai huruf V.

Umumnya, besi siku yang diproduksi untuk industri bahan bangunan memiliki panjang yang sama, yaitu 6 meter. Besi siku banyak digunakan dalam konstruksi bangunan, baik untuk konstruksi indoor maupun outdoor.

Bentuk sudut 90 derajat yang dimiliki oleh besi siku sudah diteliti sehingga Anda tidak perlu lagi meragukan kekuatan dan kekukuhannya. Lalu, apa saja fungsi besi siku miliki untuk kontruksi bangunan? Berikut penjelasan dari KPS Steel, distributor besi Jakarta.

Untuk Kerangka Pintu

Pintu rumah Anda, baik berbahan kayu, kaca, maupun besi, akan semakin kuat dan kukuh jika dipadukan dengan kerangka pintu yang terbuat dari besi siku. Untuk itu, Anda memerlukan besi siku yang berkualitas.

Anda bisa melakukan pemesanan secara khusus pada KPS Steel, selaku distributor besi Jakarta. KPS Steel telah dipercayai oleh banyak konstruksi bangunan selama puluhan tahun.

Untuk Konstruksi Tangga

Konstruksi tangga harus dibuat secara kuat untuk memberikan rasa aman pada setiap penghuni yang hendak bergerak menuju dari satu lantai ke lantai yang lain.

Dengan besi siku, konstruksi tangga akan menjadi kokoh sehingga mampu menahan beban yang berkapasitas besar, mulai dari benda yang ada di atasnya hingga orang-orang yang nantinya akan menggunakan tangga tersebut.

Baca Juga: Mari Pelajari Lebih Lanjut Tentang Tangga Putar Besi!

Untuk Pagar

Pada umumnya, besi cor atau besi tempat merupakan material yang sering digunakan untuk membuat pagar. Kini, besi siku juga dapat Anda gunakan untuk menjadi bahan pagar.

Pagar rumah dengan gaya Eropa atau minimalis umumnya menggunakan besi siku. Dengan harga yang terjangkau, Anda dapat membuat pagar yang kuat dan kokoh.

Untuk Rak Besi

Rak besi sering digunakan di perkantoran atau dalam pertokoan sebagai tempat penyimpanan barang-barang. Agar dapat menahan semua beban tersebut, rak besi memerlukan bahan yang mampu menyediakan daya tahan tersebut.

Untuk itu, menggunakan besi siku yang kuat dan kokoh merupakan pilihan yang tepat.

Untuk Struktur Menara Tangki Air

Hampir setiap rumah sekarang ini memiliki tangki air sebagai tempat penampungan dan penyimpanan air cadangan. Beban tangki ini sangatlah besar dan biasanya diletakkan di tempat yang lebih tinggi dari rumah dengan ditopang oleh menara.

Agar menara air tersebut dapat berdiri dengan kuat, kokoh, dan stabil, Anda harus menggunakan besi siku.

Untuk Teralis Jendela

Teralis jendela di rumah Anda bisa juga memakai besi siku. Menggunakan besi siku pada teralis jendela akan membuat rumah Anda terlihat lebih unik dan mendetail. Selain itu, teralis jendela besi siku dapat membuat rumah Anda lebih aman dari pencuri.

Untuk Menopang Rak Gantung

Untuk menghemat ruang dan memperindah tampilan rumah, Anda dapat menggunakan rak gantung. Anda perlu untuk menggunakan kayu yang solid untuk meletakkan benda-benda dekorasi.

Agar rak gantung tersebut dapat berfungsi dengan baik dan benda-benda yang ada di atasnya tidak berjatuhan karena bebannya, tambahkan besi siku pada rak kayu Anda.

Baca Juga: Cara Menghitung Besi Beton, Besi Cincin, Dan Besi Pokok

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami yang menyediakan besi siku dan beragam jenis besi lainnya.

Bagikan Artikel :
Menu