Besi Siku Pilihan yang Tepat untuk Menara Air Rumah Anda

Besi Siku yang terkenal akan kekuatannya ternyata memiliki variatif dimensi sesuai kebutuhan Anda

Berbagai jenis besi memang sudah familiar di kehidupan sehari-hari. Benda satu ini bisa ditemukan dengan mudah di rumah-rumah, karena seringkali digunakan untuk membuat peralatan. Salah satu besi yang populer adalah besi siku. 

Baca juga: 7 Manfaat dan Kegunaan Besi Siku

Besi jenis ini paling banyak digunakan untuk membuat peralatan dan perlengkapan rumah tangga, termasuk menara air. Hal tersebut dikarenakan besi jenis siku sudah terbukti kokoh dan awet untuk menahan tangki air di atasnya. Tak hanya itu saja, terdapat alasan-alasan lainnya yang bisa Anda ketahui melalui informasi berikut ini.

Alasan Besi Siku Menjadi Pilihan Terbaik untuk Menara Air

Besi jenis siku memiliki kelebihan yang luar biasa, sehingga banyak yang menggunakannya sebagai kerangka menara air. Padahal, menara air cukup tinggi dan harus menopang tangki yang beratnya bisa bertambah berkali-kali lipat setelah diisi air. Berikut alasan atau kelebihan yang dimiliki besi jenis siku, sehingga digunakan sebagai kerangka menara air:

  1. Ringan dan Kokoh

Alasan pertama besi jenis ini digunakan untuk kerangka menara air adalah ringan dan kuat. Diketahui bahwa kerangka menara dibuat dengan ukuran yang cukup tinggi, sehingga jika bobot besinya terlalu berat, maka pengguna akan kesulitan untuk memasangnya. Selain itu, besi akan menopang tangki air yang memiliki bobot sangat berat, maka besi yang digunakan haruslah kokoh. 

  1. Awet dan Tahan Lama

Menara air yang ada di rumah Anda, tentu sangat berpotensi untuk bersentuhan langsung dengan air. Pasalnya, kadangkala air dalam tangki terlalu penuh, sehingga tumpah dan mengenai kerangka menara. Namun, hal tersebut tidak perlu Anda khawatirkan lagi, karena besi jenis siku tergolong besi yang awet dan tahan lama, meskipun terkena air terus-menerus. 

  1. Dimensi yang Variatif

Produk besi jenis ini tergolong produk dengan dimensi yang variatif, sehingga sangat cocok digunakan untuk membuat menara air yang memiliki ukuran tangki yang bermacam-macam juga. Inilah alasan kedua yang menguatkan bahwa besi jenis siku sangat cocok digunakan untuk kerangka menara air. 

  1. Mudah Dibentuk

Sebenarnya alasan ketiga ini bukan hanya untuk menara air saja, tetapi hampir semua peralatan atau perlengkapan rumah tangga yang dibuat dari besi jenis siku juga karena alasan ini. Kendati demikian, menggunakan besi jenis ini untuk menara air juga merujuk pada alasan ini. Karena besi jenis ini mudah sekali untuk dibentuk, maka proses pengerjaan menara air juga akan sangat dimudahkan. 

Jenis-Jenis Besi Siku 

Ternyata besi siku terdiri dari beberapa jenis. Hal ini bertujuan agar para pengguna dapat menyesuaikan kekuatan dan dimensinya untuk membuat suatu produk. Adapun jenis-jenisnya adalah sebagai berikut:

  1. Besi Sama Sisi

Jenis besi pertama ini memiliki sisi yang sama panjang dan patahan besinya membentuk sudut 900. Ukuran dari besi ini bermacam-macam dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda, yakni mulai dari ukuran 20 x 20 cm dengan lebar 3 cm dan panjang 6 cm hingga ukuran 50 x 50 cm. 

  1. Besi Tidak Sama Sisi

Selanjutnya ada besi tidak sama sisi yang berbentuk sesuai dengan namanya, yakni sisi-sisinya tidak sama. Besi jenis ini berbentuk persegi panjang, dengan ukuran sudut 450 disetiap patahannya. Selain disebut sebagai besi tidak sama sisi, jenis satu ini juga disebut dengan nama lain, yakni besi L-Bracket.

  1. Besi Belubang

Jenis terakhir adalah besi berlubang yang memiliki bentuk sedikit berbeda dengan besi lainnya. Yang membedakan adalah adanya lubang-lubang di salah satu atau bahkan di kedua sisinya. Setelah membaca informasi tentang besi siku untuk menara air di atas, tentu Anda tidak ragu lagi untuk membuat menara air dari bahan ini. Kalau ada yang terbukti kokoh dan awet, mengapa harus cari yang lain?

Baca juga: Besi Siku, material konstruksi dengan berbagai macam kegunaan

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih banyak mengenai material Besi WF, kunjungi website KPS Steel di sini, atau hubungi kami melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :
Menu