Tingkatkan Kecepatan Konstruksi Dengan Penggunaan Struktur Baja

tingkatkan-kecepatan-konstruksi-dengan-struktur-baja-kps-steel

Semakin cepat proses pembangunan rumah tinggal mestinya semakin rendah pula biaya yang harus dikeluarkan.

Salah satu yang turut memengaruhi tingkat kecepatan pada pembangunan adalah penerapan teknologi dan/atau penggunaan material tertentu, baik struktural maupun non struktural. Struktur baja merupakan salah satu pilihan tepat dan dapat diandalkan jika berniat membangun rumah dalam waktu yang lebih cepat. Pengaplikasiannya juga harus didukung oleh berbagai material lain yang tak kalah hebat. Ayo, simak sekilas gambaran dari KPS Steel, distributor besi Jakarta!  

Baca Juga: Apakah Baja Profil Dapat Digunakan Untuk Rumah Tempat Tinggal?

Elemen Struktural

Penerapan konstruksi baja pada struktur utama bangunan, termasuk kolom dan balok, akan mempercepat proses pembangunan. Struktur baja—untuk bangunan 1-2 lantai atau lebih—boleh dibilang mudah dan cepat dalam pengerjaannya. Produk baja yang dapat diaplikasikan, antara lain baja profil Wide Flange, profil INP, H-Beam, profil CNP, dan sebagainya. Pemasangan struktur baja dapat dilakukan secara manual atau dibantu dengan alat berat; sedangkan penyambungan bisa dilakukan dengan metode las dan baut. Selain tiang dan balok, struktur baja juga dapat diterapkan pada rangka atap. Untuk struktur bawah dapat dipilih fondasi yang sesuai dengan kondisi tanah.

Elemen Pembentuk Ruang

Selain elemen struktural, elemen pembentuk ruang juga harus dipilih dari jenis yang mendukung kecepatan pembangunan. Dengan kata lain, material tersebut harus dapat dipasang pada posisinya dengan cepat dan efisien. Material yang dapat memenuhi kriteria tersebut semestinya harus memiliki karakter yang ringan, berukuran besar (luas), dan mudah dirangkai/dipasang.  

Beberapa jenis material berikut—untuk lantai, dinding, atap, dan lainnya, dapat dijadikan alternatif.

  • Panel beton ringan aerasi (Autoclaved Aerated Concrete/AAC) cocok untuk pelat lantai. Panel fabrikasi ini dapat dipasang di atas balok baja dengan mudah dan cepat.
  • Baja ringan merupakan material yang sesuai untuk rangka atap karena pemasangannya relatif mudah dan cepat.
  • Penutup atap berupa lembaran, seperti holodeck dan UPVC, lembaran aspal atau bitumen, dll. merupakan pilihan ideal karena pemasangannya relatif lebih cepat daripada atap biasa.    
  • Material dinding dan plafon berbentuk lembaran, seperti drywall/gypsum, GRC, multipleks, dan lainnya, yang dapat dikombinasikan dengan rangka baja ringan.   

Mengingat spesifikasi material yang walaupun ringan tetapi relatif panjang/besar, kemungkinan dibutuhkan mesin atau alat berat, misalnya crane, untuk memudahkan pekerjaan konstruksi.

Finishing

Kecepatan pemasangan elemen struktural dan bidang pembentuk ruang yang cepat harus didukung pula dengan kecepatan proses finishing. Material finishing berupa cat yang cepat kering dan digunakan teknik pengecatan yang tercepat. Wallpaper dapat menjadi pilihan pelapis dinding karena pemasangannya relatif cepat.   

Demikian gambaran proses membangun dengan cepat yang didukung oleh berbagai material, termasuk di dalamnya adalah produk besi/baja. Untuk memenuhi kebutuhan berbagai jenis baja profil, lembaran holodeck atau UPVC, dan/atau produk besi dan baja lain, Anda dapat menghubungi KPS Steel, distributor besi Jakarta.

Baca Juga: Baja Profil Untuk Konstruksi Atap Bentang Lebar

Untuk informasi mengenai produk besi/baja yang ada di KPS Steel, distributo besi Jakarta, Anda dapat langsung mengunjungi kami di sini

Bagikan Artikel :
Menu