Cari Tahu Apa Itu Besi Wide Flange Disini!

cari tahu apa itu besi wide flange disini

Struktur baja merupakan bagian penting yang ada pada sebuah bangunan.

Biasanya diterapkan pada pondasi, sloof, dinding, ring, kolom, kuda-kuda maupun atap. Salah satu material struktur baja yang sering digunakan adalah besi wide flange atau yang biasa disebut dengan besi WF.

Baca Juga: Percantik Bangunan Dengan Atap Avantguard

Jika Anda berencana membangun gedung baik untuk hunian atau kantor, dan ingin menggunakan besi WF pada struktur baja, tapi buta mengenai besi WF. Di bawah ini kami telah merangkum informasinya secara lengkap hanya untuk Anda.

Mengenal Besi Wide Flange

Ada banyak hal yang perlu Anda ketahui terkait besi wide flange. Mulai dari pengertian, fungsi, hingga kelebihan dari besi tersebut. Berikut ini uraiannya.

1. Pengertian dan Bentuk

Sebuah bangunan agar lebih kokoh, perlu penyangga berupa rangka besi. Nah, salah satu rangka (besi penyangga untuk bangunan tersebut adalah besi WF. Besi WF terdiri dari dua bagian sayap paralel (flanges) yang dihubungkan dengan satu jaringan konektor di tengah (web).

Banyak orang menyamakan besi WF dengan H-Beam. Sebab, jika dilihat sekilas mata besi WF dengan H-Beam memiliki bentuk yang hampir sama, yaitu menyerupai huruf H. Namun, ternyata keduanya memiliki perbedaan.

Perbedaan yang pertama, dari segi bentuk, yang mana besi WF memiliki bagian sayap yang lebih lebar daripada H-beam. Rasio bagian sayap pada baja profil H adalah 1:1, sedangkan rasio bagian sayap pada besi WF adalah 2:1.

Perbedaan yang kedua, dari segi cara pembuatan. H-beam dibuat dengan menggunakan pengelasan dan filter, sedangkan besi WF merupakan hasil dari canai atau cenai panas.

2. Fungsi

Fungsi utama dari besi WF pada struktur baja adalah sebagai penyangga sebuah bangunan agar tidak mudah mengalami dislokasi. Kekokohan sebuah bangunan juga tergantung dari kualitas rangka penyangganya. Ada cukup banyak bagian pada bangunan yang membutuhkan besi WF sebagai rangkanya, diantaranya adalah tiang pancang, kantilever untuk bagian kanopi, column, dan top maupun bottom chord.

3. Kelebihan

Besi WF memang tergolong populer dan banyak sekali digunakan sebagai rangka bangunan. Produksinya semakin gencar manakala  diketahui biaya produksi dengan manfaat yang didapatkan dari penggunaannya pada struktur baja dinilai seimbang atau malah menguntungkan.

Berikut ini berbagai keuntungan penggunaan besi WF bagi bangunan :

  • Sangat bagus jika digunakan untuk menahan beban. Terutama beban tekan dan tarik aksial. Bangunan yang menggunakan rangka baja dari besi WF pada umumnya kuat dan kokoh. Struktur besi WF mampu menahan beban bangunan dari gaya vertikal dan horizontal yang disebabkan oleh gravitasi bumi.
  • Besi WF merupakan solusi rangka bangunan yang akan dibangun pada konstruksi tanah yang cukup labil. Desainnya yang kompak, mampu mencegah bangunan mengalami dislokasi atau pergeseran serta menghindarkan resiko bangunan runtuh.
  • Memiliki fleksibilitas yang tinggi, besi WF merupakan struktur baja yang memiliki daktilitas (kondisi simpangan pasca-elastik atau mudah putus) yang rendah. Jadi, bangunan yang tersusun atas rangka besi WF tidak mudah langsung runtuh jika terjadi gempa.
  • Besi WF tidak memerlukan biaya  dan perbaikan yang tinggi. Sehingga dalam sekali pasang, Anda akan bisa menghemat biaya untuk penggantian rangka.

Baca Juga: Jenis Baja Ringan untuk Material Rumah Tahan Gempa

Nah, kini Anda sudah mengetahui banyak hal terkait besi wide flange. Jadi, jangan ragu menggunakan material besi ini pada struktur baja bangunan rumah atau kantor Anda. Dijamin hasil bangunan Anda akan kuat awet dan kokoh berdiri untuk waktu yang lama. Bagi Anda yang sedang mencari material bangunan yang murah, serbaguna dan pastinya gampang didapatkan dengan kualitas baik, yang satu ini bisa jadi jalan keluarnya. Untuk menemukan besi wide flange terbaik, KPS Steel sebagai distributor besi menyediakan wide flange berkualitas. Anda bisa menemukannya di sini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu