Cara Menghitung Volume Besi H-Beam Dengan Benar

Besi H-Beam dengan ukuran volume besar membutuhkan perhitungan yang tepat untuk dijadikan penyangga konstruksi. Struktur dari bangunan merupakan penopang dan pondasi yang akan menentukan kekuatan bangunan.

Itulah mengapa menyusun sebuah perencanaan yang matang sangat penting untuk pengerjaan konstruksi, termasuk perencanaan perhitungan yang matang, contohnya seperti perhitungan pada volume Besi H-beam yang rata-rata berukuran besar.

Salah satu jenis besi yang banyak digunakan untu konstruksi ialah besi H-Beam. Namun, tahukah Anda bagaimana cara menghitung volume dari H-Beam? Jika belum, simak artikel ini sampai habis, ya!

Mengenal Detail Besi H-Beam

Sebelum membahas perhitungan, sebaiknya Anda kenali dulu apa itu H-Beam. Jadi, penamaan H-Beam berhubungan dengan bentuk besi yang yang miriip dengan huruf H.

Ada juga besi konstruksi serupa yang diberi nama I-Beam atau besi WF. H-Beam dan I-Beam memiliki fungsi yang sama dalam konstruksi bangunan, yakni sebagai penyangga.

Namun, ada perbedaan mencolok antara keduanya. H-Beam memiliki ukuran yang lebih besar ketimbang besi I-Beam.

Panjang H-Beam yang biasa digunakan sebagai tiang pancang ini mencapai 12 meter. Lantaran ukurannya yang lebih besar ketimbang besi konstruksi lainnya, wajar saja jika harga H-Beam lebih mahal, bisa lebih dari Rp1,5 juta per batang.

Mengingat harga besi yang tidak murah tersebut, sebelum melakukan proyek pembangunan perlu dirancang dengan benar besi jenis apa yang akan digunakan. Beda jenis besi tentunya juga beda penanganannya.

Besi dengan ukuran yang lebih besar tentunya membutuhkan penanganan yang ekstra ketimbang besi dengan ukuran kecil.

Cara Menghitung Volume Besi H-Beam 

Tidak sembarangan, perhitungan volume perlu dilakukan dengan benar. Berikut langkahnya,

1. Tentukan berat isi besi

Langkah awal adalah dengan menghitung berat isi besi. Berat isi dari H-Beam bisa diketahui dengan mengalikan berat besi yang sudah diketahui lewat table yakni 0,006165 dikalikan dengan hasil pengalian diameter tulangan.

Berat isi H-Beam = 0,006165 x (diameter tulangan x diameter tulangan)

2. Tentukan total panjang besi

Total panjang besi bisa diketahui dari mengalikan jumlah panjang besi dengan jumlah batang H-beam

Total panjang H-Beam = jumlah panjang besi x jumlah batang H-Beam

3. Mencari volume

Nah, tahap akhir yakni mencari volume H-Beam. Total volume pada bisa Anda ketahui dengan mengalikan total panjang besi dan berat isi besi. 

Total volume H-Beam (kg) = total panjang besi x berat isi besi 

Baca juga: Kenali Perbedaan Baja Besi WF dengan Besi H-Beam

Tips Memilih Besi     

Selain menghitung volume besi yang akan digunakan, penting Anda ketahui tips memilih besi yang baik agar konstruksi bangunan kokoh dan tidak mudah roboh. Berikut tipsnya

1. Tingkat kekerasan yang sesuai

Besi yang berkualitas baik bisa dilihat dari tingkat kekerasannya. Namun, untuk mengetahui tingkat kekerasannya besi harus menggunakan alat berupa hardness tester. Artinya, perlu keahlian khusus atau persiapan untuk mengetahui kualitas besi. 

2. Pilih besi yang tidak berkarat

Secara sederhana, untuk mengetahui besi itu bagus atau tidak bisa dilihat dari ada tidaknya karat pada besi. Pilihlah besi yang tidak berkarat. Karat bisa menunjukkan besi lebih mudah rusak. Hal itu bisa mempengaruhi konstruksi bangunan Anda. 

Tidak hanya itu, apabila membangun rumah menggunakan besi yang berkarat tidak bagus bagi kesehatan penghuninya. Pastikan dengan benar besi yang digunakan tidak berkarat.

3. Merk besi yang sesuai kebutuhan

Merk besi juga berpengaruh pada kualitas konstruksi. Sebelum membeli besi, alangkah baiknya melakukan survey terlebih dulu merk besi apa yang sesuai untuk konstruksi bangunan Anda. Setiap merk pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. 

Itulah pengenalan mengenai besi H-Beam, cara perhitungan volume, dan tips memilih besi yang baik. Upayakan Anda mempraktikkan semua hal di atas agar konstruksi yang dibangun kokoh dan kuat. semoga bermanfaat!

Baca juga: Daftar Harga Besi H-Beam dan Besi WF

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai ragam produk besi profil di KPS Steel. Anda juga dapat melakukan pemesanan, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :
Menu