Terlihat Sama, Ini Dia Perbedaan Plat Bordes dan Plat Kembang

terlihat sama, ini dia perbedaan plat bordes dan plat kembang-perbedaan-plat-besi-hitam-dan-plat-besi-putih

Bagi Anda yang sudah sering bergulat dengan material bangunan, pastinya tak akan asing dengan jenis-jenis plat yang terbuat dari besi dan baja.

Plat merupakan sebuah material bangunan yang berbentuk lempengan, pipih, dengan berbagai ukuran dan juga tekstur tertentu. Plat ini juga kerap memiliki warna-warna berbeda, tergantung pada bahan pembuatannya.

Baca Juga: Anti Karat, Galvanis Cocok Membangun Saluran Air

Salah dua dari plat yang kerap digunakan saat ini adalah plat bordes dan juga plat kembang. Jika dilihat secara sekilas, memanglah kedua plat ini terlihat sama, malahan tak sedikit yang langsung menyebutkan keduanya sebagai 1 produk serupa. Namun ternyata plat bordes dan kembang berbeda lho.

Apa Saja Perbedaan Plat Kembang dan Plat Bordes?

Lalu apa saja perbedaan kedua jenis plat diatas? Berikut beberapa hal yang kita gunakan untuk mengetahuinya lebih dalam.

1. Perbedaan pada motifnya

Plat bordes dan plat kembang hadir dengan motif khas, yang berbentuk seperti perpaduan antara beberapa garis horizontal dan vertikal, yang saling berlawanan arah. Jika dilihat secara sekilas, memang corak ini kerap disamakan, namun sebenarnya antara keduanya terdapat perbedaan.

Jika dilihat dengan lebih saksama, maka corak yang dimiliki oleh plat kembang akan terlihat lebih runcing bentuknya. Bentuk corak vertikal maupun horizontalnya terlihat lebih tajam. Sedangkan corak yang ada pada plat bordes biasanya memiliki ujung yang bentuknya lebih landai.

2. Perbedaan pada Kegunaannya

Karena plat bordes dan kembang ini sama-sama memiliki tekstur yang timbul pada permukaannya, maka perihal penggunaannya juga kerap disamakan seluruhnya. Sebenarnya hal ini tidak keliru, namun ternyata ada beberapa kecenderungan yang berbeda pada pemakaian kedua plat ini.

Plat bordes umumnya digunakan untuk keperluan desain eksterior, misalnya dijadikan sebagai dasar dari anakan tangga pada bagian luar ruangan. Pemilihan plat bordes ini ditujukan untuk menghindari licin yang mungkin disebabkan karena adanya genangan air.

Kemudian plat kembang biasanya dipilih untuk desain interior, misalnya seperti keperluan lantai bagian dalam, lalu pijakan di mobil-mobil angkutan umum, hingga ada juga yang menjadikannya sebagai campuran dari bahan dinding dan juga plafon. Jenis ini juga kerap ditemukan penggunaannya pada interior dapur dan kamar mandi. Namun walaupun berbeda, sebenarnya tujuan penggunaannya tetap sama, yaitu untuk menghindari kemungkinan terpeleset, karena permukaan yang licin.

3. Perbedaan pada Ukurannya

Poin selanjutnya dari perbedaan antara plat bordes dan kembang terletak pada ukurannya. Plat bordes umumnya memiliki ukuran standar yang berkisar dari 1 meter hingga 6 meter. Diantaranya plat bordes juga tersedia dalam beberapa ukuran khusus, misalnya seperti 1,22×3 meter, lalu 1,5×6 meter.

Biasanya ukuran ini akan mengikuti kebutuhan material tiap-tiap bangunan. Sedangkan untuk plat kembang, ukuran standarnya biasanya berada pada rasio 1,2 meter hingga mencapai 2,4 meter. Namun ukuran standard ini juga memungkinkan untuk disesuaikan dengan keperluan tiap-tiap proyek bangunan, sehingga tak menutup kemungkinan juga plat kembang tersedia dalam ukuran khusus yang melebihi 2,4 meter.

4. Perbedaan pada Ketebalannya

Selanjutnya perbedaan antara plat bordes dan plat kembang terletak pada ketebalan bahannya. Jika dilihat secara sekilas memang keduanya hampir tak bisa dibedakan. Namun sebenarnya ada perbedaan rentang ketebalan bahan, yang digunakan untuk masing-masing plat ini.

Di Indonesia sendiri untuk plat bordes biasanya memiliki ketebalan yang berkisar antara 2 milimeter sampai dengan 9 milimeter. Sedangkan untuk plat kembang, variasi ketebalannya cenderung lebih lebar rentangnya, yaitu dari yang berukuran tebal 0,7 milimeter, hingga mencapai 9 milimeter. Biasanya ketebalan ini juga dipengaruhi dari bahan pembuatannya, apakah berasal dari perusahaan lokal ataukah dari hasil impor.

Itulah beberapa penjelasan mengenai perbedaan antara plat bordes dan kembang, yang sekilas kerap dianggap sama.

Baca Juga: Bangun Tangga Industrial Minimalis Tangga Wiremesh

Untuk menemukan plat bordes dan plat kembang terbaik, KPS Steel selaku distributor menyediakan berbagai macam besi plat berkualitas. Anda dapat menemukannya disini.

Bagikan Artikel :
Menu