Penggunaan Plat Bordes Sebagai Elemen Interior

penggunaan-plat-bordes-sebagai-elemen-interior-kps-steel

Terdapat berbagai macam material besi/baja yang dapat digunakan untuk konstruksi bangunan Anda. Salah satu produk besi/baja terpenting pada bangunan adalah besi plat.

Besi plat terdiri dari beberapa varian seperti plat hitam (base plate), plat kapal, plat strip, dan plat bordes atau plat kembang (plat berlian/diamond plate). Tahukah Anda? Plat bordes merupakan salah satu produk besi/baja yang banyak digunakan dalam bidang konstruksi maupun aneka industri (otomotif, peralatan olahraga, dan sebagainya).

Plat besi yang memiliki permukaan bertekstur dengan motif kembang/berlian ini dapat dikreasikan sebagai elemen interior pada rumah tinggal. Kira-kira pada elemen apa plat bordes dapat diaplikasikan? Simak ulasannya dari KPS Steel, distributor besi Jakarta berikut ini!

Baca Juga: Tips Memperbarui Perabot Yang Berkarat

Lantai Dan Dinding  

Mendapati plat bordes sebagai lantai bus, mobil bak terbuka, mobil angkutan kota, atau mobil pemadam kebakaran tentu merupakan pemandangan yang biasa; juga pada lantai elevator, lantai bangunan pabrik atau workshop, dan banyak lagi. Bangunan umum dan bangunan industri biasa menerapkan produk yang dikenal juga sebagai checkered plate ini.

Namun, tentu bukan hal yang biasa bila plat bordes diterapkan sebagai elemen dinding/partisi dan elemen lantai pada rumah tinggal. Tunggu dulu! Tidak biasa bukan berarti tidak mungkin atau tidak bisa. Aplikasi plat bordes pada kedua elemen interior ini justru sangat cocok untuk mendukung gaya industrial yang diterapkan pada sebuah hunian. Permukaan bertekstur dan warna abu-abu kehitaman yang menjadi kekhasan material plat baja ini akan memberikan kesan industrial yang sangat menonjol. Suasana dingin atau kesan maskulin juga tercipta dengan mengaplikasikan material ini.

Anak Tangga Dan Bordes  

Bagian lain dari hunian di mana plat bordes dapat diterapkan adalah anak tangga dan bordes (area transisi pada konstruksi tangga, pada pertengahan atau belokan tangga). Selain untuk mendukung karakter hunian yang mengusung gaya industrial, penggunaan plat bordes untuk tangga/bordes dapat pula dilatarbelakangi oleh faktor keamanan/keselamatan. Tekstur kasar permukaan plat bordes berpotensi mengantisipasi permukaan yang licin (anti slip).

Furniture Dan Elemen Dekoratif  

Motif sekaligus tekstur permukaan plat bordes yang artistik menjadi daya tarik tersendiri. Oleh karena itu, material ini pun potensial untuk diolah menjadi aneka perabot maupun elemen dekoratif penghias interior. Untuk contoh furniture misalnya coffee table, meja kerja, meja makan, stools, dan banyak lagi. Sementara itu elemen dekoratif yang dapat dibuat dari material ini antara lain vas bunga, kotak hiasan, dan frame foto/lukisan.  

Anda tidak perlu ragu untuk mengaplikasikan plat bordes sebagai elemen interior, terlebih lagi bila Anda ingin menerapkan gaya industrial pada hunian Anda.

Baca Juga: Jenis-Jenis Besi Konstruksi Untuk Renovasi Rumah

Untuk mendapatkan material plat bordes dan/atau produk besi dan baja lain, Anda bisa mendapatkannya di KPS Steel, distributor besi Jakarta. Untuk informasi mengenai produk besi/baja yand ada di KPS Steel, Anda bisa mengunjungi laman ini.

Bagikan Artikel :
Menu