Kenali 4 Merk Plat Besi Bermutu dan Tips Memilihnya

merek plat besi kps steel distributor besi pulau jawa dan bali

Memahami merk plat besi berkualitas menjadi kemampuan yang harus Anda miliki ketika ingin renovasi atau membangun sebuah bangunan. Sebab, plat besi termasuk material utama dalam dunia konstruksi, sehingga mengetahui berbagai merk yang bermutu pun akan membantu Anda.

Namun, memahami merk dari plat besi saja tidak cukup. Anda harus paham jenis serta cara memilih plat besi agar tidak salah pilih untuk hunian Anda. Jadi, jangan lewatkan informasi berikut agar Anda bisa mendapatkan plat besi yang sesuai dan mendukung kekuatan struktur bangunan! 

4 Rekomendasi Merk Plat Besi Berkualitas

Berbentuk lembaran serta memiliki permukaan yang rata, plat besi menjadi material sambungan pada konstruksi maupun sebagai lapisan pada elemen seperti pagar hingga pintu. 

Berikut ini berbagai merk dari plat besi yang SNI (Standar Nasional Indonesia) dan digunakan di seluruh wilayah Indonesia.

1. GRP (Gunung Raja Paksi)

Merk plat besi bermutu terbaik pertama adalah dari GRP, yang sebelumnya memiliki nama Gunung Garuda. Terdapat berbagai ukuran serta standar pada plat besi dari GRP, jadi Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan plat besi dalam konstruksi bangunan.

2. KS (Krakatau Steel)

Selanjutnya, ada Krakatau Steel sebagai plat besi yang kualitasnya juga tidak perlu Anda ragukan. Produksi plat besi dari KS sudah melalui proses pengontrolan thermomekanik, dan juga proses desulfurisasi dengan ladle furnace. 

Jadi, plat besi bisa Anda andalkan pada berbagai penggunaan khusus sebab sudah terjamin mutunya.

3. KP (Krakatau Posco)

Merk plat besi satu ini menjadi produksi dari Krakatau Posco, yang merupakan perusahaan hasil hubungan kerjasama PT Krakatau Steel dan perusahaan produksi baja dari Korea Selatan. 

Krakatau Posco mulai beroperasi sejak 2010 dan masih bertahan hingga kini, sehingga Anda bisa mempertimbangkan merk ini ketika butuh plat besi untuk renovasi rumah.

KP juga merupakan pabrik baja yang terpadu, serta pabrik pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi bernama blast furnace

4. GDS (Gunawan Dianjaya Steel)

Satu lagi plat besi yang diandalkan di Indonesia, yaitu GDS di Surabaya dengan kapasitas produksinya mencapai 400 ribu ton per tahun. Spesifikasi plat besi dari GDS pun variatif, mulai dari A283, lalu ASTM A36, serta plat besi yang bersertifikat BKI untuk konstruksi kapal.

Jenis-Jenis Plat Besi

Setelah mengenal empat merk plat besi dengan mutu tinggi yang bisa Anda andalkan dalam konstruksi bangunan, mari ketahui berbagai jenis plat besi di bawah ini:

1. Plat Hitam

Jenis pertama adalah plat besi hitam, juga dikenal dengan base plate atau eser. Penggunaan plat jenis ini seringkali menjadi sambungan pada sebuah konstruksi, sebab plat hitam memudahkan prosesnya.

Kemudian, plat hitam banyak dimanfaatkan menjadi bahan dalam pembuatan tangki dari besi. Adapun plat hitam memiliki ukuran 122 cm x 124 cm per lembar, dengan tebal mulai dari 1,2 mm hingga 200 mm.

KPS Steel menyediakan Plat Hitam berkualitas yang tersedia dalam berbagai ukuran, sehingga bisa Anda manfaatkan sesuai kebutuhan proyek.

2. Plat Bordes

Berikutnya, ada plat besi bordes yang banyak dimanfaatkan menjadi material dalam pembuatan tangga. Sifat plat jenis ini adalah tidak licin serta kasar, jadi selain cocok dalam konstruksi tangga, plat bordes pun cocok pada area peralihan dalam suatu bangunan.

3. Plat Kembang

Permukaan besi yang bertekstur membuat plat jenis ini juga dikenal dengan plat berlian. Untuk ukurannya, per lembar plat besi ini memiliki dimensi 1,2 m x 2,4 m. Sifat plat besi yang bertekstur menjadikannya cocok sebagai material anak tangga anti slip.

4. Plat Galvanis

Jenis plat besi satu ini kekuatannya bisa diandalkan. Sesuai namanya, proses produksi plat galvanis dilakukan melalui galvanisasi yang melapisi besi dengan seng. Tujuannya agar besi tidak mudah korosi, sehingga daya tahannya kuat dan mutu plat besi lebih berkelas. 

5. Plat Strip

Berukuran 6 m x 1,9 cm, dengan lebar mulai dari 0,3 cm hingga 1,2 cm, plat besi strip menjadi jenis besi yang cocok Anda gunakan untuk pagar rumah sebab lebih mudah dibentuk.

Mendapatkan Plat Strip dengan mutu tinggi bisa melalui KPS Steel, yang menyediakan plat strip untuk memenuhi kebutuhan plat besi berbagai industri.

6. Plat Kapal

Jenis plat besi ini digunakan untuk instalasi kapal serta pembuatan tangki. Ukuran plat besi ini adalah 600 cm x 180 cm, tersedia pula besi dengan lebar 150 cm, jadi tinggal disesuaikan dengan kebutuhan saja. 

Cara Memilih Plat Besi Bermutu

Memahami merk plat besi dan mengenal jenis-jenisnya akan semakin lengkap jika Anda tahu cara memilih plat besi yang berkualitas. Anda bisa mengikuti tips berikut ini saat memilih besi:

1. Mengenali Tipe Plat Besi

Anda perlu memahami terlebih dahulu berbagai tipe dan jenis plat besi. Enam jenis yang telah dibahas sebelumnya adalah contoh tipe plat besi yang digunakan dalam berbagai aspek variatif menyesuaikan sifat besi dan tujuan pemakaiannya.

2. Melihat Dimensi dan Ukuran

Selanjutnya, Anda perlu menentukan panjang, lebar, hingga tebal plat besi agar mendapatkan ukuran serta dimensi yang tepat dengan kebutuhan proyek. 

Lalu, pastikan juga spesifikasi plat besi agar sesuai dengan kebutuhannya yang bisa estetika atau struktural.

3. Memeriksa Kualitas Besi

Anda bisa memeriksa komposisi kimia sebagai bagian dari evaluasi kualitas material plat besi. Sebab, terdapat standar industri yang menjadi panduan dalam produksi plat besi sehingga bisa Anda konfirmasi melalui pengecekan terlebih dahulu.

4. Memilih Finishing yang Tepat

Terdapat plat besi dengan finishing yang khusus, seperti plat besi galvanis yang dilapisi dengan seng agar tahan karat. Sesuaikan finishing dengan kondisi lingkungan plat besi akan dipasang, jadi bisa dipelihara dengan baik dan panjang umurnya.

5. Memperhatikan Standar dan Sertifikasi

Anda bisa memilih plat besi yang sudah bersertifikat, sebab mutunya lebih terjamin dan telah memenuhi standar produksi tertentu. Anda jadi lebih mudah memilih yang sesuai dengan kebutuhan proyek. Adapun contoh sertifikasi dan standar industri plat besi adalah ASTM serta ISO.

6. Membandingkan Penjual dan Harga

Tips berikutnya adalah membandingkan harga jual plat besi dari penjual yang berbeda. Anda pun bisa mempertimbangkan reputasi penjual, sehingga kualitas plat besi yang Anda dapatkan akan lebih terjamin.

7. Memikirkan Pengiriman dan Pengangkutan

Satu lagi tips memilih plat besi adalah memikirkan biaya yang dibutuhkan untuk mengirim serta mengangkut materialnya. Sebab, metode angkut plat besi ke lokasi proyek akan memengaruhi biaya operasional, jadi pikirkan dengan cermat.

Demikian pilihan merk plat besi bermutu, lengkap dengan jenis-jenis plat besi dan cara memilihnya untuk Anda yang membutuhkan rekomendasi dalam konstruksi bangunan. Anda bisa mendapatkan plat besi dari distributor besi yang terpercaya, seperti KPS Steel.

Sebagai Distributor Besi Pulau Jawa dan Bali, KPS Steel menyediakan berbagai jenis plat besi mulai dari Plat Hitam hingga Plat Bordes. Hubungi kami untuk konsultasi dan pemesanan produk plat besi. Pelajari juga beragam informasi terkini seputar dunia konstruksi dan bangunan melalui laman blog KPS Steel.

Bagikan Artikel :

Butuh Besi Untuk Kebutuhan Konstruksi?

Artikel Terkait