Mengenal Kegunaan Plat Besi untuk Konstruksi Bangunan

mengenal kegunaan besi plat untuk konstruksi bangunan

Plat besi adalah salah satu material yang krusial dalam konstruksi bangunan. Apa saja kegunaannya? Simak di bawah ini.

Plat besi merupakan salah satu material bangunan yang memiliki fungsi krusial. Penggunaannya penting bagi proyek rumahan maupun berskala industri. Bahkan penggunaan plat berbahan besi juga mumpuni sebagai bahan dasar pembuatan alat transportasi, layaknya motor, kapal, hingga berbagai jenis mobil dan truk. Plat ini diketahui memiliki keunggulan dari desainnya yang tipis, namun memiliki daya tahan yang tinggi.

Baca Juga: Apa Itu Baja Karbon Rendah pada Plat Strip?

Untuk memenuhi kebutuhan masing-masing sektor bangunan, saat ini plat berbahan besi sudah mulai diproduksi dengan berbagai jenis ukuran dan bentuk. Bagi Anda yang tengah mencari tahu mengenai kegunaan material ini, berikut akan dijelaskan secara detail mengenai fungsi plat berbahan besi berdasarkan jenisnya.

Fungsi Plat Berbahan Besi Berdasarkan Jenisnya

Secara umum di Indonesia terdapat beberapa jenis plat berbahan besi, mulai dari plat jenis kapal, jenis strip, jenis bordes, dan plat jenis hitam. Masing-masing jenis ini biasanya dibedakan dari corak, ketebalan dan ukuran platnya, sehingga cenderung memiliki fungsi yang berbeda. Seperti apa fungsinya? Berikut uraian lengkapnya,

1. Plat jenis kapal

Plat ini diketahui memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan jenis lainnya. Hal ini karena plat jenis kapal umumnya dibentuk dengan panjang maksimal hingga 6000 mm. Untuk ukuran lebarnya plat kapal dibedakan menjadi dua, yaitu 1800 mm dan 1500 mm.

Material plat berjenis kapal ini memiliki keunggulan tahan terhadap karat dan perubahan suhu. Hal ini sesuai dengan fungsinya yang biasa digunakan sebagai bahan material besi untuk proyek transportasi laut. Selain itu, plat kapal juga biasa dimanfaatkan sebagai material bangunan, pembuatan tangki berukuran besar, hingga keperluan fabrikasi.

2. Plat jenis strip

Plat jenis ini digunakan untuk bahan dasar pembuatan material bangunan layaknya teralis untuk pintu dan jendela, pagar, sekat atau pembatas besi, hingga untuk keperluan ventilasi berbahan besi. Hal ini karena plat jenis strip lebih mudah untuk ditekuk dan dibengkokkan sesuai kebutuhan.

Untuk menunjang fungsinya, plat berjenis strip memliki ragam ukuran untuk lebar maupun ketebalannya, dengan ukuran panjang yang konstan mencapai 6000 mm. Variasi lebarnya dari ukuran 19 mm dan maksimal 200 mm. Sedangkan untuk ketebalannya berkisar antara 3 mm sampai 12 mm.

3. Plat jenis bordes

Plat yang satu ini sebenarnya memiliki beberapa istilah lain, seperti plat kembang, plat lantai, hingga plat berlian. Walaupun kemudian ada yang membedakannya namun umumnya plat-plat jenis ini memiliki kegunaan yang sama, yaitu sebagai material untuk lantai, baik itu lantai bangunan, anak tangga, hingga untuk keperluan di transportasi layaknya bus.

Plat bordes memiliki ciri pada coraknya yang membentuk kembang, sehingga menjamin tidak licin dan mencegah terjaidnya slip ketika diinjak. Untuk ukurannya plat bordes biasanya berukuran 1 hingga 2,4 meter.

4. Plat jenis hitam

Kegunaan plat besi berjenis hitam adalah sebagai material penguat. Karena itu, ia banyak ditemui di bagian dudukan bangunan, pembuatan tangki, hingga sebagai pelengkap rangka baja bangunan. Ukuran plat hitam yang biasa ditemukan sama seperti ukuran triplek, yaitu berkisar antara 100 cm hingga 200 cm, dengan ketebalan di angka 1,2 mm sampai 200 mm.

Masing-masing plat berbahan besi memiliki ukuran dan ketebalan yang berbeda, yang menunjukkan kecenderungan penggunaannya. Bagi Anda yang saat ini tengah bingung memilih salah satunya, bisa dimulai dengan membuat daftar keperluan bangunan Anda. Jangan lupa untuk menyesuaikan fungsi dari tiap jenis plat besi serta perhatikan juga peletakkan plat, dan kemungkinan beban yang akan ditopang.

Baca Juga: Daftar Harga Plat Besi 2020

Untuk menemukan plat besi terbaik, KPS Steel selaku distributor menyediakan berbagai macam besi plat berkualitas. Anda dapat menemukannya di sini.

Bagikan Artikel :
Menu