Manfaat dan Cara Pembesian Plat Lantai 2 lapis

manfaat-dan-cara-pembesian-plat-lantai-2-lapis-kps-steel-jakarta-indonesia

Manfaat pembesian plat lantai 2 lapis yang wajib untuk diketahui.

Melakukan proses pembesian dalam proses pembangunan sebuah rumah merupakan proses yang penting untuk dilakukan. Mengingat pembesian ini menjadi faktor penentu kuat tidaknya rumah yang akan ditempati nanti. Pembesian plat lantai 2 lapis saat ini sedang banyak diaplikasikan karena memiliki beberapa kelebihan dan manfaat.

Baca Juga: Keguanaan Besi Plat Bordes Dalam Keseharian

Kelebihan dan manfaat tersebut antara lain adalah:

1. Membuat Rumah Menjadi Lebih Kokoh

Manfaat pertama yang dapat Anda rasakan dengan adanya pembesian plat lantai menjadi 2 lapis adalah kekokohan rumah yang tidak akan diragukan lagi. Terlebih jika besi plat yang digunakan adalah jenis yang berkualitas, maka kekuatannya pun akan semakin kokoh.

2. Pondasi Rumah Bertingkat Lebih Cocok Menggunakan Metode ini.

Karena pembesiannya hingga 2 lapis, maka rumah dengan desain bertingkat akan lebih cocok apabila menggunakan metode ini. mengapa? Tentu saja karena kekuatannya yang bisa sampai 2 kali lipat dari pembesian yang hanya satu lapis saja.

3. Kekuatan Kolom akan Lebih Kuat

Demikian juga dengan kekuatan kolom atau bahkan tulangan yang menjadi dasar kekuatan pondasi rumah. Dengan menggunakan 2 kali pelapisan akan menambah kekuatan kolom menjadi lebih kuat dan tahan lama.

Cara Pembesian Plat LantaiĀ  2 Lapis

Tahapan pembesian plat menjadi 2 lapis harus mengikuti beberapa langkah di bawah ini, yaitu:

1. Memasang Tulangan Bagian Bawah

Tahap pertama yang harus dilakukan adalah dengan memasang tulangan bagian bawah terlebih dahulu. Karena tahap ini merupakan bagian dasar, maka kekuatannya harus lebih besar. Beton decking menggunakan ketebalan 2 cm.

2. Memasang Tulangan Bagian Atas

Setelah bagian bawah terpasang dengan baik, proses selanjutnya adalah pembesian untuk lapisan kedua yang berada tepat di atas lapis 1 dengan arah tegak lurus. Meskipun tulangan besi pada bagian dasar telah kuat, bagian ini pun harus sama kuatnya dengan bagian sebelumnya.

3. Pemasangan kaki Ayam

Dalam proses pembesian hingga 2 lapis, untuk mendapatkan jarak antar tulangan, dipasang sebuah kaki ayam yang berasal dari potongan besi yang dibentuk sedemikian rupa. Tujuannya adalah untuk menjaga jarak antara tulangan atas dan juga tulangan bawah.

4. Ikat Persilangan dengan Kawat Beton

Pembesian 2 lantai juga membutuhkan kawat beton untuk mengikat persilangan yang biasanya terdapat dalam pembesian. Pengikatan ini berfungsi untuk mengokohkan kekuatan tulangan yang bersilang.

5. Cek Kekuatan Pembesian

Pembesian plat hingga 2 lantai akan mengalami proses lama dan panjang apabila kekuatan dan kekokohan bangunan yang diutamakan. Dengan demikian setelah pembesian telah rampung dilakukan, maka Anda tetap harus mengecek kekuatan pembesian. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir adanya kesalahan yang dapat berakibat fatal. Lakukan pengetesan dengan benar dan sesuai dengan standar. Jika telah selesai maka pembesian bisa dipasang pada tempat yang diinginkan.

Pembesian plat lantai 2 lapis mulai banyak digemari dalam proses pembuatan rumah atau pun konstruksi bangunan yang lain. Hal ini dipicu karena manfaatnya yang banyak serta mengandung kekuatan yang lebih kuat dan kokoh.

Baca Juga: Atap Avantguard Pelindung Rumah Terpercaya

Tentunya untuk memaksimalkan kekuatan rumah, diperlukan plat besi dengan kualitas terbaik. Dapatkan plat dengan kualitas terbaik di KPS Steel. Selain plat, KPS Steel juga menyediakan berbagai perlengkapan konstruksi dengan kualitas terbaik, pensaran dengan produk KPS Steel? Kunjungi kami di sini.

 

Bagikan Artikel :
Menu