Cara Menghitung Kebutuhan Besi Plat Lantai

cara-menghitung-kebutuhan-besi-plat-lantai-kps-steel-jakarta-indonesia

Menghitung kebutuhan besi plat lantai yang tepat dan sesuai dengan standar keamanan

Setelah bahan material pembangunan rumah di dapatkan, tentu saja proses selanjutnya adalah membangun rumah sesuai dengan desain yang telah dirancang. Namun, sebelum melakukan proses pembangunan, terdapat satu proses penting yang tidak boleh diabaikan agar tidak mengganggu proses pembuatan rumah yaitu cara menghitung kebutuhan besi plat lantai.

Baca Juga: Memeriksa Struktur Rumah Sebelum Menambah Tingkatan

Adapun cara menghitungnya adalah sebagai berikut:‚Äč

1. Tentukan Luas Rangka yang Dibutuhkan

Sebuah rumah tentu saja membutuhkan rangka yang berbeda-beda tergantung dari besar dan luas rumah. Besaran inilah yang akan mempengaruhi berapa besar besi plat lantai yang akan dibutuhkan. Karena jenis besi ini sangat banyak dan bervariasi, kebutuhannya juga disesuaikan dengan fungsi rangka atau ruangan di dalam rumah.

2. Menentukan Kedalaman Kolom serta Ring

Pondasi sebuah rumah akan lebih kokoh apabila mempunyai kolom serta ring yang kuat dan stabil. Untuk membuatnya, dibutuhkan rangkaian besi plat lantai yang banyak dan bervariasi. Untuk membuat kolom pondasi rumah yang paling dibutuhkan sebenarnya adalah besi hollow dan juga besi wiremesh. Kedua besi ini harus mempunyai kualitas yang bagus dan prima.

3. Bagian Rumah yang Membutuhkan

Namun, tidak semua bagian rumah membutuhkannya. Untuk itulah Anda harus dapat menentukan di bagian rumah yang manakah yang membutuhkan besi ini. umumnya besi ini paling sering digunakan untuk rangka rumah. Bisa juga untuk perabotan atau rangka tangga yang juga terkadang menggunakan besi plat.

4. Menentukan Besar Tulangan

Selain kolom dan ring yang harus benar-benar Anda perhatikan kekuatannya, material pembangunan rumah selanjutnya yang membutuhkan besi plat adalah tulangan untuk proses pembesian. Proses pembesian dilakukan untuk menambah kekokohan rumah yang akan dibangun, apalagi jika rumah yang akan dibangun adalah rumah bertingkat. Maka besar tulangan yang digunakan harus semakin besar dan banyak. Artinya besi plat pun akan bertambah banyak perhitungannya.

5. Tentukan Besi plat Diameter yang Dibutuhkan

Besi plat memiliki banyak jenis. Ada beberapa yang memiliki diameter berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan. Untuk itulah, sebelum menentukan proses pembangunan rumah, ukuran besi plat harus disesuaikan dengan ukuran rumah. Dengan perhitungan yang matang  akan lebih mudah bagi Anda menentukan besaran besi plat yang akan digunakan.

6. Konstruksi Rumah Bertingkat

Berbeda dengan rumah biasa tanpa tingkat, rumah bertingkat membutuhkan lebih banyak besi plat dibandingkan rumah tanpa tingkat. Jadi sangat penting bagi Anda untuk mengetahui apakah rumah yang akan di bangun ini adalah rumah bertingkat atau tidak. Rumah tingkat secara analisa memang membutuhkan banyak biaya untuk membeli bahan material yang lebih banyak dan beragam.

Cara menghitung kebutuhan besi plat lantai sangatlah penting bagi sebuah bangunan rumah. Apabila salah perhitungan akan berakibat fatal pada kondisi rumah. Salah satu akbitnya adalah tidak bertahan lama atau bahkan bisa mengalami ambruk jika tulangan dan kekuatan kolom tidak tangguh.

Baca Juga: Menghemat Pembuatan Kedai Mini Dengan Rangka Besi/Baja

Kesimpulannya, besi plat merupakan salah satu komponen penting untuk rumah Anda, namun penerapannya tidak boleh sembarangan, Anda harus menyesuaikan ukuran besi plat Anda dengan ukuran rumah.ingin membeli plat lantai untuk rumah Anda? KPS Steel memiliki koleksi lengkap plat lantai dengan berbagai ukuran. Ingin tahu lebih banyak mengenai produk KPS Steel? Kunjungi kami di di sini.

 

Bagikan Artikel :
Menu