Perbedaan Pipa Galvanis Dan Pipa Besi

perbedaan pipa galvanis dan pipa besi

Mungkin kita sudah tidak asing jika mendengar istilah pipa, pipa besi.

Hal ini karena benda tersebut tentu saja banyak digunakan sebagai salah satu media untuk mengalirkan benda cair seperti air dan bahkan gas. Bentuk dari pipa secara umum silinder dan memanjang. Pipa banyak digunakan dalam aplikasi kehidupan sehari-hari sebagai salah satu peralatan untuk instalasi air, gas, listrik dan lain sebagainya.

Baca Juga: Lebih Detail Mengetahui Jenis-Jenis Pipa Besi

Dalam hal ini ada jenis pipa yang berbeda-beda sesuai dengan kegunaan dan fungsinya. Masing-masing pipa tentu saja disesuaikan dengan kebutuhan. Bahkan seperti yang kita ketahui untuk konstruksi bangunan pastinya pipa banyak digunakan. Misalnya untuk instalasi di gedung-gedung besar dan sejenisnya.

Jenis pipa yang tersedia memang bervariasi. Misalnya pipa galvanis dan pipa besi. Jenis pipa ini secara umum memang banyak digunakan. Pipa berbahan besi mungkin sering kita jumpai untuk mengalirkan air dalam sebuah konstruksi. Fungsi dan manfaat pipa ini memang benar-benar sangat vital sekali dalam kehidupan sehari-hari.

Mengenal Perbedaan Pipa Galvanis dan Pipa Besi

Berbicara mengenai jenis pipa tentu saja ada yang disebut dengan pipa galvanis dan pipa jenis besi. Pada dasarnya kedua jenis pipa ini memiliki fungsi masing-masing dalam kegunaanya. Bahkan sesuai dengan fungsi dan kegunaanya dari kedua jenis pipa tersebut ada ragamnya kembali sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Untuk mengenal lebih jauh mengenai perbedaan pipa galvanis dan pipa jenis besi, simak saja beberapa poin penjelasan berikut ini!

1. Pipa Galvanis dan Kegunaannya

Pipa galvanis pada dasarnya memang merupakan pipa berbahan besi. Kegunaan dari pipa yang satu ini memang sangat banyak sekali dalam berbagai bidang. Pipa galvanis dibuat dengan proses galvanisasi. Dalam hal ini prosesnya dengan mencampurkan zat anti karat sehingga tidak akan terjadi korosi atau pengkaratan nantinya.

Kegunaan pipa Galvanis yaitu banyak digunakan untuk mengalirkan air dingin. Pipa galvanis tidak dianjurkan untuk mengalirkan air panas karena nantinya bagian lapisan seng akan mengelupas dan menyumbat saluran pipa tersebut. Bahkan tidak cocok untuk jalur gas.

Pipa jenis ini lebih banyak digunakan untuk tiang lampu untuk taman atau jalan yang banyak digunakan di kawasan perkotaan. Bahkan kegunaan lainnya adalah sebagai material untuk industri otomotif seperti digunakan untuk rangka kendaraan.

2. Pipa Besi Hitam dan Kegunaanya

Sedangkan untuk pipa besi hitam memang sudah sangat cukup familiar sekali terdengar di telinga. Pipa jenis ini banyak digunakan dalam konstruksi. Bahan pipa ini tahan karat karena dilindungi oleh lapisan stainless steel. Bahkan jenis pipa ini tidak akan mengalami penyusutan jika terjadi perubahan cuaca.

Kegunaan lain dari jenis pipa ini adalah untuk kebutuhan dalam instalasi rumah. Misalnya untuk instalasi air dan juga tiang listrik. Hal ini karena jenis pipa ini sangat bagus dalam ketahanannya dari terik matahari dan lainnya.

Disamping itu banyak yang menggunakan jenis pipa hitam sebagai alat dalam pertambangan untuk mengalirkan bahan bakar, minyak, oli dan gas. Namun tentu saja yang paling mudah ditemukan adalah di rumah-rumah yang banyak digunakan untuk bahan penyangga kanopi.

Baca Juga: Bangun Tangga Industrial Minimalis Tangga Wiremesh

Pada saat ini kebutuhan kedua jenis pipa ini sangat tinggi sekali. Pada dasarnya perbedaan keduanya memang terletak pada fungsi dan kegunaanya. Dalam konstruksi dan instalasi memang penting sekali peran dari kedua pipa tersebut. Jika Anda sedang membutuhkan pipa galvanis dan pipa besi. KPS Steel selaku distributor besi menyediakan pipa galvanis dan pipa besi terbaik berkualitas. Anda dapat menemukannya disini.

Bagikan Artikel :
Menu