Perbedaan Antara Pipa Hitam Dan Galvanis

perbedaan-antara-pipa-hitam-dan-galvanis-kps-steel-distributor-besi-jakarta

Pipa hitam dan galvanis merupakan dua material yang sangat berguna untuk rumah Anda. Namun, tidak sedikit yang belum memahami perbedaan antara kedua material ini. Beberapa kegunaan kedua pipa ini di rumah yaitu sebagai aliran air. Simak penjelasan berikut ini selengkapnya!

Baca Juga: Karakteristik Dan Kegunaan Pipa Hitam Yang Perlu Anda Ketahui!

Pipa Hitam

Material ini juga disebut pipa baja dan digunakan untuk membawa air dan gas dari sumbernya ke pengguna akhir. Jenis ini adalah pipa yang digunakan oleh banyak bangunan bisnis dan rumah untuk mengangkut pasokan gas alam atau propana.

Pipa ini juga digunakan untuk sistem sprinkler api karena ketahanannya yang kuat terhadap panas. Air pemanas dan pendingin yang dikirim ke penukar panas juga menggunakan pipa baja hitam. Biasanya pipa-pipa ini akan digabung dengan proses pengelasan atau dengan menggunakan kopling mekanis.

Meskipun banyak digunakan untuk saluran gas, material ini juga banyak digunakan untuk menghubungkan saluran pasokan mereka. Seperti pada saluran pembuangan, pipa pemanas, dan pipa gas alam. 

Pipa Galvanis

Pipa galvanis memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan pipa hitam, karena pipa baja ini dilapisi dengan material seng. Seng meningkatkan ketahan material pipa dan membuatnya lebih tahan terhadap korosi dan deposit mineral pada saluran pipa. Jenis pipa galvanis adalah bahan pipa yang banyak digunakan dalam saluran pasokan air dan telah digunakan di rumah maupun bangunan lainnya selama lebih dari 30 tahun.

Namun, pipa galvanis tidak dapat digunakan untuk saluran gas karena seng dapat menyumbat saluran ketika mulai mengelupas, kendati demikian pipa dengan material seng ini tetap memiliki banyak kegunaan lainnya. Seperti digunakan pada pagar luar, perancah, pipa saluran air, serta irigasi pertanian dan paling baik digunakan untuk proyek konstruksi yang lebih besar dan memiliki harapan hidup 40 tahun.

Meskipun sekarang ada pipa yang lebih aman dan kuat yang terbuat dari bahan selain baja, kedua material ini masih sangat populer dan banyak digunakan pada rumah dan bangunan lainnya. Hal yang perlu diingat adalah selalu perhatikan kegunaan kedua pipa ini yang sesuai dengan spesifikasi proyek atau kebutuhan Anda.

Ringkasan Dari Perbedaan Pipa Hitam Dan Galvanis

Dari penjelasan diatas, KPS Steel merangkum beberapa perbedaan keuda material ini. Berikut perbedaan dari kedua pipa tersebut:

  1. Pipa hitam terbuat dari baja seperti pipa galvanis. Perbedaannya adalah pipa galvanis dilapisi dengan seng.
  2. Pipa hitam paling baik digunakan untuk saluran gas, bukan untuk saluran air karena mudah berkarat. Sementara pipa galvanis adalah pipa yang lebih aman untuk digunakan di saluran air, tetapi tidak dapat digunakan untuk membawa gas.
  3. Pipa hitam lebih murah daripada pipa galvanis karena seng yang ditambahkan ke pipa galvanis.

Baca Juga: Ketahui Lebih Jauh Mengenai Pipa Seamless

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai produk pipa hitam dan pipa galvanis di KPS Steel. Anda juga dapat melakukan pemesanan, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu