Pahami Jenis dan 3 Merk Pipa Besi sebelum Membeli

merek pipa besi berkualitas kps steel distributor besi pulau jawa dan bali

Selain jenis pipa besi, merk pipa besi juga menjadi faktor yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli material bangunan tersebut. Sebab, merk akan menentukan apakah kualitas pipa besi yang Anda beli sebanding dengan harganya dan memiliki masa pakai yang lama.

Membeli dari merk berkualitas juga menandakan bahwa pipa besi telah lolos uji sesuai standar global yang berlaku. Anda harus selektif memilih pipa besi sebelum membelinya agar bisa digunakan dengan optimal. Sejalan dengan hal tersebut, ada tiga merk yang bisa Anda andalkan ketika membeli pipa besi.

3 Rekomendasi Merk Pipa Besi Berkualitas

Berbagai merk pipa di bawah ini bisa dijadikan referensi ketika harus mencari pipa yang sesuai untuk proyek Anda:

1. Nippon Steel

Rekomendasi pertama adalah Nippon Steel, merupakan merk yang paling populer di kalangan masyarakat Indonesia. Anda dapat menemukan berbagai pipa yang memiliki klasifikasi berbeda menyesuaikan dengan kebutuhan setiap jenis industri, seperti industri konstruksi hingga perkapalan.

Merk pipa besi dari Jepang satu ini disukai karena menggunakan metode yang variatif untuk pembentukan pipanya. Mulai dari metode seamless hingga metode welded.

2. Kobe Steel

Berikutnya, ada Kobe Steel sebagai merk pipa yang diawali oleh perusahaan produsen macam-macam logam untuk bahan dasar tabung, mesin, hingga pipa. Kobe Steel juga berasal dari Jepang, sehingga kualitasnya tidak perlu Anda ragukan. 

Adapun merk yang khusus untuk perpipaan dari Kobe Steel adalah Kobelco, sehingga manufakturnya ditujukan khusus untuk pipa.

3. Sanyo Special Steel

Satu lagi merk pipa besi yang pemakaiannya sudah mendunia, yakni Sanyo Special Street. Klasifikasi produk dari produsen satu ini didasarkan pada material dasar yang digunakan. 

Terdapat berbagai klasifikasi, mulai dari austenitic group, lalu martensitic group, kemudian duplex group, hingga corrosion resistant alloy. Untuk pipa besi sendiri masuk pada klasifikasi dari material yang tahan korosi, yaitu corrosion resistant alloy.

Jenis-Jenis Pipa Besi

Setelah mengenal apa saja merk pipa besi yang bisa Anda andalkan, mari beralih dan simak jenis-jenis dari pipa besi di bawah ini yang populer dan tersedia dalam berbagai ukuran serta harga.

1. Pipa Ductile

Sudah diproduksi sejak 1890, pipa besi ductile umumnya digunakan untuk komponen yang mendukung infrastruktur pemasok air. Sifat dari pipa ductile ini mulai dari anti karat, lalu bahannya kuat, serta daya tahan pipa yang lama.

Pipa besi ductile pun sudah tersedia dalam diameter serta sambungan yang lebih kuat terhadap gempa, sebab proses penempaan pipa menggunakan teknologi sentrifugal. Jadi, ketika ada tekanan dari area luar, pipa tidak akan patah melainkan memanjang lalu melengkung.

2. Pipa Galvanis

Jenis pipa besi yang satu ini banyak digunakan dalam konstruksi bangunan. Tidak hanya sebagai komponen drainase saja, namun pipa besi galvanis pun cocok untuk interior bangunan dengan konsep industrial.

Pipa jenis ini disukai sebab tahan terhadap korosi. Jadi, tidak heran bila pipa besi galvanis menjadi favorit sebagai material pagar atau pun pegangan tangga di area eksterior.

Anda bisa mendapatkan pipa besi galvanis melalui Distributor Besi Pulau Jawa dan Bali. Tentunya, pipa besi sudah teruji mutunya sehingga bisa Anda gunakan dalam proyek konstruksi di area luar ruangan.

3. Pipa Hollow

Berikutnya, ada pipa hollow yang digunakan pada pembuatan gerbang hingga pagar rumah. Kini, masyarakat cenderung memanfaatkan pipa hollow sebagai rangka untuk kanopi atau plafon rumah.

Sebab, menggunakan pipa hollow lebih menguntungkan karena mudah pemasangannya, tidak mudah mengalami pelapukan, serta kekuatannya lebih baik. Daya tahan pipa terhadap api pun akan melindungi rumah dan meminimalisir dampak dari kebakaran.

4. Pipa Welded

Bentuk pipa besi welded pada awalnya adalah pelat besi yang dilengkungkan, lalu dilas hingga menjadi pipa besi. Terdapat ciri khas berupa garis memanjang yang menonjol, yang tidak lain merupakan sambungan pelat.

Pipa besi welded perlu diproduksi oleh perusahaan bersertifikasi. Tujuannya agar sambungan pipa tidak bocor dan menghindari ledakan.

5. Pipa Oval

Pipa besi tidak hanya berbentuk kotak serta silinder, namun juga berbentuk oval. Pemanfaatan pipa besi oval umumnya didominasi oleh industri otomotif, industri furnitur, sampai dengan menjadi komponen penunjang dalam industri fashion.

Lebih jelasnya, pipa oval akan digunakan dalam produksi knalpot. Lalu, pada industri furnitur, penggunaan pipa besi ada pada kerangka kursi maupun meja. Sedangkan, untuk industri fashion, pipa besi satu ini kerap dimanfaatkan sebagai penggantung pakaian.

KPS Steel sebagai Distributor Besi Pulau Jawa dan Bali juga memiliki pipa bermutu bernama Pipa Schedule yang telah sesuai standar dan cocok untuk konstruksi bangunan, tepatnya sebagai rangka, tiang, hingga saluran air.

6. Pipa Ulet

Satu lagi pipa besi yang populer, yaitu pipa besi ulet dengan keunggulan lebih kuat dan tangguh dibandingkan pipa cor yang biasa. Performa pipa ini pun dianggap bisa menandingi baja.

Pembuatan pipa ulet menggunakan teknologi sentrifugal, sehingga tingkat korosi pipa lebih rendah. Daya tahan pipa terhadap benturan pun boleh diadu. Bagian dalam pipa besi ulet memiliki lapisan mortar dari semen, yang mana memudahkan proses pengangkutan air.

Cara Memilih Pipa Besi Bermutu

Memahami merk pipa besi dan jenis-jenisnya kurang lengkap jika tidak memahami cara memilih pipa besi yang bermutu. Jadi, simak tips memilih pipa besi berkualitas berikut ini.

1. Pengukuran Diameter Luar 

Anda bisa mengukur diameter luar dari pipa besi yang akan dibeli, sehingga fungsi pipa bisa tepat guna. Gunakan rumus menghitung pembagian dengan membagi keliling pipa serta phi. Rumus tersebut akan membantu Anda mengetahui ukuran diameter pada luar pipa,

2. Pengukuran Diameter Dalam

Selain diameter luar, mengukur diameter dalam pipa juga perlu Anda lakukan. Tujuannya pun sama, untuk mengoptimalkan pipa agar tepat guna. Adapun cara mengukur diameter dalam adalah dengan mengetahui tebal pipa lebih dulu. 

Setelah itu, gandakan tebal pipa lalu kurangi dengan diameter luar pipa. Hasilnya adalah diameter dalam pipa.

3. Memeriksa Merk Produsen

Anda bisa memperhatikan serta memeriksa produsen dari pipa besi yang ingin dibeli. Cari merk dengan identitas jelas serta sertifikat lolos uji, sehingga kualitas pun lebih terjamin. 

Ini juga menghindari Anda dari mengeluarkan biaya untuk perawatan di masa depan apabila kualitas pipa besi yang Anda dapat tidak sesuai.

Merk pipa besi yang lengkap dengan jenis dan cara memilih pipa dalam pembahasan di atas kami harap dapat membantu Anda yang sedang bingung tentang sumber pipa besi terpercaya. Anda bisa bekerja sama dengan KPS Steel yang menyediakan macam-macam pipa besi.

Sebagai Distributor Besi Pulau Jawa dan Bali, KPS Steel menawarkan berbagai pipa besi berkualitas dari jenis Pipa Hitam, Pipa Galvanis, hingga Pipa Schedule. 

Adapun Pipa Galvanis sebagai salah satu produk unggulannya bisa Anda andalkan dalam konstruksi saluran air, sebab produksi pipa melalui galvanisasi yang melapisi pipa dengan coating anti karat. Hubungi kami untuk konsultasi lebih detail tentang kebutuhan pipa besi bagi proyek Anda!

Bagikan Artikel :

Butuh Besi Untuk Kebutuhan Konstruksi?

Artikel Terkait