Kegunaan Besi UNP pada Konstruksi Bangunan & Harganya

kekuatan-besi-unp-kps-steel-distributor-besi-jakarta

Ketahui kekuatan besi UNP dalam sebuah bangunan untuk menilai seberapa penting kegunaannya dalam suatu proses pendirian gedung maupun rumah. Jenis material ini sudah terkenal dengan daya tahannya karena memiliki sifat tahan gempa yang relatif aman. UNP adalah salah satu dari dua jenis besi kanal lainnya, yakni CNP. Sesuai dengan huruf vokal depannya, CNP lebih mirip seperti huruf C, sementara UNP lebih menyerupai huruf U.

Meskipun bahan dasarnya sama, namun secara fungsi dan keunggulan berbeda-beda. Secara garis besar, keduanya sama-sama memberikan fungsi bagi konstruksi, namun CNP juga terkadang memberikan manfaat dalam bidang otomotif. Besi kanal UNP sendiri terbagi lagi menjadi beberapa jenis dengan spesifikasi detail dan harga berbeda. Masing-masing spesifikasi tersebut dapat menjadi elemen suatu konstruksi dengan berbagai tujuan. Anda akan memahami lebih dengan menyimak pembahasan ini.

Baca Juga: Mengenali Perbedaan Besi UNP dan Besi CNP

Kegunaan dan Kekuatan Besi UNP

Untuk mengetahui detail kekuatan besi UNP, terlebih dahulu Anda bisa mengetahui apa kegunaan jenis besi tersebut. Diantaranya memiliki peran penting dalam pendirian rumah, gedung pencakar langit, hingga konstruksi pick up maupun truk dalam dunia otomotif. Umumnya, jenis ini digunakan sebagai penutup rangka atap atau dalam dunia konstruksi lekat dengan istilah purlin. Bisa juga disebut sebagai struktur horizontal penopang dinding dengan istilah konstruksinya adalah girt.

Intinya, memiliki fungsi sama selayaknya purlin. Tujuan penerapan adalah menghindari berbagai guncangan karena gempa maupun angin kencang karena basicnya membuat bangunan lebih kokoh. Dalam proyek tertentu, jenis besinya juga dimanfaatkan sebagai kontainer sampah, konstruksi rangka tangga, dan gardu listrik. Sudah paham dengan kegunaan besi UNP, kini mari kita simak apa saja kekuatan besi UNP yang akan Anda temukan, seperti:

  1. Jenis material yang memiliki kemudahan pasang sehingga efisien dari segi waktu dan tenaga tukang dalam memanfaatkan waktu sesingkat mungkin.
  2. Daktilitasnya tinggi, artinya tidak memiliki sifat muai sehingga bentuknya akan terus konsisten. Menariknya lagi, material ini memberikan sifat anti rayap sekaligus anti karat.
  3. Nyaris tidak ada yang terbuang karena sekalipun barang bekas, masih bisa bermanfaat untuk jenis pembangunan lainnya.
  4. Berbagai kelebihan dari besi UNP memberikan nilai lebih hemat dibandingkan material lain. Selain karena bisa dipakai berulang kali, juga biaya perawatan cenderung tidak ada sama sekali.

Kekuatan yang menjadi kelebihan tersebut dimanfaatkan bukan hanya dalam dunia konstruksi, namun juga dalam dunia otomotif. Keduanya menggantungkan pondasi dasar pada UNP karena besinya sudah terbukti memberikan daya tahan sangat awet.

Baca Juga: Jenis-Jenis Besi Konstruksi untuk Renovasi Rumah

Referensi Harga Besi UNP

Sudah tahu apa saja kekuatan besi UNP, kini Anda bisa langsung riset harga per jenisnya. Berikut referensi kasar yang bisa kami berikan:

  1. Kanal U 50 biasanya dibanderol dengan harga Rp100.000.
  2. Kanal U 65 biasanya dibanderol dengan harga Rp154.000.
  3. Kanal U 80 biasanya dibanderol dengan harga Rp180.000.
  4. Kanal U 100 biasanya dibanderol dengan harga Rp245.000.
  5. Kanal U 120 biasanya dibanderol dengan harga Rp355.000.
  6. Kanal U 160 biasanya dibanderol dengan harga Rp640.000.

Masing-masing tipenya sama-sama memiliki panjang 6 meter dan bisa Anda dapatkan dari KPS Steel. Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai produk besi kanal di KPS Steel. Anda juga dapat melakukan pemesanan, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu