Railing Hollow Sempurnakan Gaya Minimalis

railing-hollow-sempurnakan-gaya-minimalis-kps-steel

Konsep minimalis telah menjadi trend hunian saat ini. Banyak elemen yang dapat Anda gunakan untuk hunian minimalis Anda, salah satunya dengan menggunakan Railing Hollow.

Railing hollow merupakan elemen yang cocok untuk Anda terapkan pada hunian, termasuk yang mengusung konsep modern minimalis. Selain karena memang menyukai desain yang sederhana, masyarakat dari berbagai kalangan juga memiliki beragam alasan lain ketika menjatuhkan pilihannya pada konsep hunian minimalis.

Di antaranya karena konsep ini relatif menghemat biaya pembangunan dan/atau perawatan. Selain itu, penataan yang cenderung lebih praktis, pemilihan furniture yang simpel, dan minimnya dekorasi pada hunian menjadi alasan seseorang untuk memilih konsep hunian modern minimalis.   

Konsep minimalis memang mengutamakan fungsi atau terpenuhinya kebutuhan dasar akan suatu ruang untuk beraktivitas. Rancangan yang terbilang simpel cenderung menerapkan bentuk-bentuk geometris yang minim akan ornamen atau dekorasi. Sehingga, hunian dengan konsep minimalis memberikan tampilan bersih, terbuka, dan terkesan lebih lapang.

Baca Juga: Jenis-Jenis Besi Konstruksi Untuk Renovasi Rumah

Untuk rumah bertingkat, konsep minimalis juga memengaruhi desain pada tangga. Elemen yang terkait erat dengan tangga—secara struktural maupun arsitektural—adalah railing/balustrade. Tahukah Anda? Besi hollow merupakan salah satu material yang karakternya paling sesuai untuk railing/balustrade tangga berkonsep minimalis. Pahami lebih dalam penjelasan KPS Steel, distributor besi Jakarta mengenai besi hollow!

Kuat, Kokoh, Dan Tahan Lama

Railing ataupun balustrade adalah pagar/pembatas pada salah satu atau kedua sisi tangga dan langkan/balkon yang sekaligus berfungsi sebagai pegangan. Railing/balustrade harus menjamin keamanan orang yang berpegangan saat sedang menaiki anak-anak tangga. Oleh karena itu, tangga harus dibuat dari elemen yang kuat, kokoh, dan tahan lama.

Besi hollow memenuhi syarat untuk “tugas” penting tersebut. Besi hollow lebih tahan lama karena elemennya yang anti karat dan anti rayap; dan meskipun ringan karena memiliki rongga material ini relatif kuat dan kokoh. Dimensi batang hollow juga dapat disesuaikan per bagian yang dibutuhkan oleh tangga, misal, tiang railing 40×40mm; pegangan tangan 40×60mm; dan jeruji 20×40mm.

Bentuk Minimalis

Dari rangkuman KPS Steel, distributor besi Jakarta, hunian yang menerapkan gaya minimalis cenderung menerapkan bentuk-bentuk sederhana yang mengarah pada bentuk geometris tanpa dekorasi. Seperti bentuk lengkung, terlebih bila memiliki ornamen/dekorasi yang nyaris tidak digunakan. Besi hollow adalah material yang memenuhi kriteria tersebut. Ya, karena bentuk besi hollow relatif simpel, yaitu lurus dengan penampang kotak atau persegi. Aplikasi besi hollow pada railing/balustrade tangga berpotensi menegaskan konsep minimalis yang diusung. Alih-alih terlihat kaku, bentuk minimalis akan menampilkan kesan yang elegan.      

Warna Monokrom

Arsitektur bergaya minimalis banyak mengaplikasikan warna monokrom. Nuansa satu warna, seperti gradasi putih, abu-abu, dan hitam memberikan kesan simpel dan bersih yang mewakili karakter dari konsep minimalis. Baik hollow hitam (stall) ataupun hollow galvanis memiliki nuansa monokrom yang berpotensi menyempurnakan desain minimalis jika diterapkan pada railing/balustrade.

Baca Juga: Contoh Pagar Besi Minimalis Untuk Rumah Anda

Untuk mengetahui lebih detail tentang besi hollow atau produk besi dan baja lain, Anda dapat  menghubungi kami di KPS Steel, distributor besi Jakarta yang menyediakan beragam produk besi dan baja.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu