Ragam Besi Assental dan Kegunaannya

ragam besi assental dan kegunaannya

Besi assental merupakan salah satu jenis besi yang penampakannya terdiri dari beragam warna.

Pada umumnya berwarna putih dan abu-abu. Untuk bentuknya, besi assental terdiri dari bentuk bulat atau sering disebut round bar dan segi empat atau square bars.

Baca Juga: Besi Siku, Material Kokoh, Tahan Lama Untuk Canopy Anda

Sedangkan bentuk assental yang lain yaitu shafting bar yang biasa digunakan untuk pembuatan furniture, rak, kursi, mur, spare part mobil, baut dan masih banyak lagi. Berdasarkan jenisnya, assental memiliki banyak ukuran. Anda bisa menggunakan jenis besi ini sesuai dengan kebutuhan.  Namun yang perlu Anda ketahui yaitu apa saja kegunaan dari assental?

Macam-Macam Besi Assental dan Kegunaannya

Banyak orang mengetahui jenis besi ini, namun tidak banyak yang memahami mengenai fungsi dan penggunaan assental dalam konstruksi. Besi assental sering digunakan untuk membuat benda dan barang-barang yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini beberapa jenis assental dan kegunaannya:

1. Besi beton

Besi beton merupakan jenis assental yang diterapkan sebagai penulangan konstruksi beton atau sering disebut sebagai beton bertulang. Beton ini memiliki dua desain yakni besi ulir (deformed bar) dan besi polos (plain bar). Besi ulir yaitu batang besi yang memiliki bentuk permukaan sirip melintang, rusuk memanjang atau bentuk pola tertentu sesuai dengan pengerjaan produksinya.

2. Siku

Besi siku memiliki format siku berbentuk sudut 90 derajat dengan ukuran panjang 6 meter. Pada umumnya besi siku digunakan untuk pembuatan tower air, konstruksi tangga, rak dan konstruksi besi yang lainnya. Jenis besi ini sering digunakan karena bentuknya yang kokoh dan tahan lama, sehingga jika digunakan sebagai bahan konstruksi bisa digunakan hingga bertahun-tahun.

Untuk ukuran dan ketebalannya berbeda-beda, mulai  dari 5 cm, 4 cm, 3cm dan juga ada yang berukuran 2 cm sehingga Anda bisa menggunakan besi ini sesuai kebutuhan.  

3. Wide flange 

Besi jenis ini biasanya digunakan untuk konstruksi baja. Besi ini memiliki energi yang tinggi terhadap daya tekan maupun daya tarik. Selain itu juga memiliki kepadatan yang tinggi, sehingga tidak terlalu berat dalam menahan kapasitas muatan.

Namun justru memberikan konstruksi yang diterapkan menjadi semakin efisien.

4. H-beam

Besi H-beam yaitu sebuah besi berbentuk balok baja yang dalam istilah bahasa inggrisnya disebut hot rolled. Bentuknya seperti huruf H yang lebar dan sesuai dengan namanya. Biasanya digunakan untuk pembangunan konstruksi jembatan, gedung dan lainnya.

5. Hollow (galvanis, galvanil dan hitam)

Besi hollow merupakan pelapisan finishing yang terdiri dari 97 persen elemen coating zinc yang dikombinasikan dengan 1 persen bahan coating aluminium serta bahan lain. Untuk penerapannya harus diberi anti karat dan cat yang berkualitas agar bisa lebih tahan lama ketika diterpa cuaca panas atau hujan.

6. Steel grating

Baja steel grating yaitu jenis baja yang berbentuk silang dan kotak-kotak kecil yang saling berhubungan antara satu dengan lainnya menggunakan metode pengelasan atau penguncian besi. Biasanya digunakan untuk berbagai jenis proyek seperti tutup selokan, beragam tangga, platform, walkway dan lain-lain.

Besi assental jenis steel grating hanya memiliki 2 tipe yakni plain (polos) dan serrated (bergerigi). Steel grating memiliki ketebalan dan ketinggian yang berbeda-beda sehingga Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan sangat cocok untuk kebutuhan proyek.

7. UNP & UNC

Besi UNP & UNC merupakan jenis besi yang sudah cukup populer dikalangan masyarakat dan biasanya disebut juga dengan besi CNP. Bahan material yang digunakan yaitu dari hasil fabrikasi bahan plot koil dengan proses cutting dan bending sehingga menghasilkan besi dengan huruf C. Untuk ukuran panjang standar yaitu 6 meter, sedangkan ketebalannya berbeda-beda.

Baca Juga: Kenali Bahan Besi Terbaik Untuk Membuat Pintu Besi

Demikian penjelasan singkat mengenai besi assental dan kegunaannya untuk berbagai kebutuhan, baik kebutuhan proyek maupun barang-barang furniture. Dengan mengetahui karakter dari masing-masing assental, maka Anda bisa memilih jenis assental sesuai dengan kebutuhan. Untuk menemukan assental terbaik, KPS Steel sebagai distributor besi menyediakan assental berkualitas. Anda bisa menemukannya di sini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu