Panjang Besi Hollow yang Dibutuhkan untuk Rangka Plafon

Agar pemasangan sesuai dan tahan lama, panjang besi hollow harus diperhitungkan dengan benar

Membangun rumah yang akan dijadikan sebagai hunian yang nyaman untuk keluarga adalah momen penting bagi sebagian orang. Karena alasan inilah, beberapa orang memilih untuk memiliki hunian dengan cara membangun rumah dari awal daripada membeli rumah yang sudah jadi atau siap huni, namun perlu diperhatikan juga kebutuhan yang sesuai apabila hendak membangun rumah, salah satunya adalah dengan menghitung panjang besi hollow yang akan digunakan.

Baca juga: 7 Ide Kreasi Besi yang Unik Untuk Rumah Anda

Untuk Anda yang terlibat langsung dalam proses pembangunan rumah, ulasan mengenai besi hollow sebagai material penting untuk proses pembangunan mungkin akan sangat bermanfaat. Berikut ini adalah ulasan mengenai panjang besi hollow yang diperlukan untuk rangka plafon yang dipasang di rumahmu. Simak selengkapnya!

Sekilas Mengenai Besi Hollow

Sudahkah Anda mengetahui tentang besi hollow? Besi hollow atau yang biasa disebut dengan besi holo adalah besi batangan yang biasanya berbentuk kotak dan memiliki rongga atau lubang di tengahnya. Karena berbagai kelebihannya, maka material ini seringkali dijadikan pilihan untuk berbagai bagian di dalam bangunan. Antara lain untuk membuat kanopi, pagar pintu,teralis, tembok hingga plafon. 

Tidak hanya digunakan sebagai material indoor, tapi material ini juga bisa digunakan untuk bagian bangunan outdoor. Besi hollow ini diproduksi dengan berbagai bahan coating dan ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Jenis besi hollow yang beredar di pasaran antara lain besi hollow galvanis, besi hollow galvalum, besi hollow hitam, besi hollow gypsum, dan lain sebagainya.

Panjang Besi Hollow untuk Rangka Plafon

Besi hollow yang dipasang di bagian plafon umumnya tersedia dalam 2 ukuran. Yaitu ukuran 2×4 dan 4×4 dalam satuan meter. Masing-masing ukuran ini memiliki panjang yang sama, yaitu 4 meter. Dalam pemasangan plafon, panjang besi hollow yang digunakan adalah kombinasi dari kedua ukuran tersebut. Untuk ketebalannya, ukurannya juga bervariasi. Mulai dari 1.3 mm hingga 2.3 mm. 

Cara pemasangannya pun cukup mudah, yaitu dengan cara disekrup. Untuk hasil terbaik, pilihlah besi hollow dengan bahan yang terbaik, seperti stainless steel, baja, galvalum, dan lain sebagainya. Dengan bahan yang berkualitas bagus dan penggunaan panjang besi hollow yang sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan, maka plafon pun akan menjadi kuat dan presisi.

Sebelum membeli besi hollow untuk memasang plafon, pastikan Anda memiliki sudah mengetahui ukuran bidang yang akan dipasangi plafon. Sehingga Anda dapat membeli besi hollow yang akan dipasang dengan jumlah yang sesuai. Jika Anda ragu untuk menetapkan ukuran pasti besi hollow yang dibutuhkan, Anda dapat bertanya kepada orang yang lebih menguasai ilmu konstruksi atau dapat juga berkonsultasi dengan ahli bangunan yang menangani proses pembangunan rumahmu.

Keuntungan Menggunakan Besi Hollow untuk Rangka Plafon

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa besi hollow memiliki banyak kelebihan jika digunakan sebagai bahan material bangunan, termasuk untuk rangka plafon. Adapun kelebihan besi hollow untuk rangka plafon adalah sebagai berikut.

  1. Pemasangan Lebih Mudah

Besi hollow dapat dipasang dengan mudah untuk berbagai kebutuhan, termasuk untuk plafon yang untuk memasangnya hanya dibutuhkan teknik penyekrupan. Bahkan material ini dapat dipasang tanpa keahlian khusus sekali pun. Sehingga tentu saja dapat menghemat waktu yang dibutuhkan selam proses pembangunan

  1. Lebih Awet

Besi hollow memiliki sifat anti rayap dan tahan terhadap hewan pengerat. sehingga sangat cocok dijadikan sebagai bahan plafon yang menyangga bagian atas rumah.

  1. Berkualitas Standar Pabrik

Ukuran dan komposisi besi hollow memiliki standar baku buatan pabrik tersendiri, sehingga Anda tidak perlu khawatir walau membelinya dari tempat yang berbeda. Karena standard yang digunakan pun rata-rata sama. Demikianlah ulasan mengenai panjang besi hollow yang cocok digunakan sebagai material rangka plafon, hingga kelebihan yang dimiliki. Semoga bermanfaat, ya!

Baca juga: Mengenal Kegunaan Besi Hollow Galvanis Anti Karat

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai produk besi hollow di KPS Steel. Anda juga dapat melakukan pemesanan, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu