Mengenal Kegunaan Besi Hollow Galvanis Anti Karat

Besi Hollow Galvanis memiliki beragam keunggulan dengan harga yang terjangkau. Struktur suatu industri konstruksi tidak lepas dari yang namanya material besi.

Salah satu material tersebut adalah besi hollow galvanis. Besi hollow banyak digunakan sebagai bahan pendukung karena dapat membantu meningkatkan estetika material lainnya.

Sebenarnya apa itu besi hollow? Apa kegunaannya? Bagaimana kelebihannya? Simak uraian lengkap di bawah ini, ya!

Pengertian Besi Hollow Galvanis

Besi hollow adalah besi yang berbentuk batangan yang di bagian tengahnya terdapat rongga kosong dan termasuk besi beton.  Besi hollow jenis Galvanis ini mengandung zinc coating 97% di dalam lapisan finishing. Selain itu, 3% lainnya terdapat kadar alumunium serta zat-zat yang lain.

Kegunaan Besi Hollow Jenis Galvanis

Berikut beberapa kegunaan dari besi hollow jenis galvanis:

1. Pembuatan kanopi

Besi hollow ini banyak digunakan untuk konstruksi pembuatan kanopi, pembuatan pagar, dan konstruksi lainnya. Karena sudah dilengkapi dengan lapisan anti karat, besi hollow ini cocok digunakan untuk pembuatan pagar. Jelas penggunaannya pun akan tahan lama dibandingkan dengan menggunakan besi lainnya. 

2. Untuk railing tangga

Selain itu, besi hollow galvanis pada railing tangga juga sering digunakan. Besi yang digunakan biasanya berukuran 60 × 30 yang dipakai pada pegangan serta tiang-tiangnya. Untuk jari-jari tangganya sendiri, Anda bisa menggunakan besi hollow berukuran 40 × 20.

3. Interior rumah

Dalam pembuatan interior rumah, penggunaan besi hollow ini juga berperan penting. Bisa digunakan untuk memberikan kesan minimalis tetapi juga estetik.

Biasa digunakan sebagai pembuatan kaki meja, sandaran kursi serta kakinya, dan masih banyak lagi. Tetapi, yang perlu Anda ketahui, penggunaan besi hollow dalam pembuatan kanopi harus juga diperhatikan perawatannya agar bisa bertahan lebih lama.

Kelebihan Besi Hollow 

Setelah mengetahui sekilas tentang  besi hollow tersebut, Anda perlu juga mengetahui apa saja kelebihan besi hollow secara umum, agar Anda tidak ragu dalam menggunakannya sebagai material konstruksi Anda. Berikut kelebihannya.

1. Harganya Terjangkau

Material besi hollow sudah banyak dipakai sebagai bahan bangunan di lingkungan sekitar. Tidak heran jika besi hollow merupakan salah satu material yang memiliki harga terjangkau dibandingkan material lainnya. Anda tinggal menyesuaikan ingin menggunakan material besi hollow yang mana. 

2. Pengaplikasiannya Mudah

Besi hollow umumnya dijual dalam bentuk batangan. Ini tentu akan memudahkan Anda dalam mengaplikasikannya sesuai kebutuhan. Pembelian besi hollow juga harus diperhitungkan berdasarkan ukuran penampang serta tebalnya besi.

3. Anti Rayap

Seperti yang kita tahu, jenis besi hollow galvanis mudah terkena karat apabila tidak diberi lapisan anti karat. Tetapi pada umumnya, besi hollow memiliki kelebihan dari material lainnya, yaitu anti rayap.

4. Perawatan Yang Tidak Sulit

Bisa dibandingkan dengan material lainnya, seperti plastik, kayu, tentu bahan besi cenderung lebih ekonomis. Sifatnya fleksibel dan juga berat dari besi itu sendiri mampu menopang berat yang lebih unggul dari material lainnya.

Karena tahan terhadap api dan rayap, besi hollow tentu tidak memerlukan perawatan khusus.  Setelah mengetahui apa saja kegunaan dan kelebihan dari besi hollow, tentunya Anda bisa mempertimbangkan apakah material ini cocok untuk Anda gunakan atau tidak.

Perlu Anda ketahui juga, besi hollow hanya memiliki batas panjang 6 meter. Jadi untuk panjang yang lebih Anda perlu melakukan pengelasan.

Penggunaan besi hollow galvanis ini perlu dilakukan perawatan yang baik agar tahan lama. Usahakan jangan lupa memberi lapisan anti karat pada jenis besi hollow tersebut. Semoga bermanfaat, ya!

Baca juga: Kisaran harga besi hollow di pasaran

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih banyak mengenai material Besi WF, kunjungi website KPS Steel di sini, atau hubungi kami melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu