Mari Cari Tahu Jenis-Jenis Besi Baja dan Kegunaannya!

Sebelum Anda melakukan pembelian besi baja konstruksi dalam jumlah banyak, penting bagi Anda untuk mempelajari jenis-jenis baja dan masing-masing kegunaannya.

Untuk mencegah kesalahan dalam pembelian, terlebih lagi jika Anda hendak melakukan pembelian dalam jumlah dan volume yang besar, tentu akan sangat baik bagi Anda untuk mempelajari terlebih dahulu jenis-jenis baja konstruksi dan masing-masing kegunaannya. Faktanya, ada begitu banyak jenis baja konstruksi dengan kegunaannya yang penting.

Besi banyak digunakan untuk kebutuhan konstruksi karena kekuatan yang ditawarkan oleh material tersebut. Tak hanya kuat, besi merupakan salah satu material konstruksi yang paling mudah dicari, karena bahan-bahan pembentuk besi sangat mudah ditemukan di penjuru bumi manapun. Maka itulah, penggunaan besi terbilang lebih murah dan ekonomis dibanding saat menggunakan bahan lainnya.

Tanpa berlama-lama lagi, berikut ini telah kami rangkum beberapa jenis besi konstruksi yang banyak digunakan serta masing-masing fungsi pentingnya:

Besi Beton

Besi beton merupakan jenis besi yang paling umum digunakan untuk kebutuhan konstruksi di Indonesia. Harga besi beton yang terbilang lebih murah membuat jenis besi yang satu ini paling sering ditemukan di banyak konstruksi. Fungsi utama besi beton adalah sebagai penambah daya tahan sebuah konstruksi agar menjadi lebih kuat dan dapat memikul beban atau gaya yang bekerja.

Besi beton juga memiliki jenis yang berbeda pula, seperti besi beton polos dan besi beton ulir. Besi beton ulir memiliki bentuk dan kekuatan yang berbeda dengan beton polos dan hadir dengan diameter yang berbeda-beda mulai dari 6 mm hingga 50 mm. Dan tentunya, harga besi beton tersebut pasti akan berbeda pula. Anda bisa mendapatkan harga besi beton spesial dari KPS Steel disini.

Besi Siku

Sesuai dengan namanya, besi siku memiliki bentuk menyiku dengan sudut 90 derajat. Besi siku banyak digunakan untuk membuat rak besi, tower air, konstruksi tangga, atap dan konstruksi ringan lainnya. Besi yang memiliki panjang sekitar 6 meter ini sangat cocok untuk digunakan pada konstruksi jangka panjang karena bisa bertahan hingga bertahun tahun dan kokoh. Meski begitu, besi ini tidak begitu kuat menahan banyak beban sehingga lebih cocok untuk konstruksi yang ringan.

Harga besi siku sangat bervariasi tergantung dari kualitas produksi, ukuran, hingga harga besi siku yang ditawarkan oleh distributor besi. KPS Steel sebagai distributor besi Jakarta menawarkan besi siku dengan harga yang lebih bersahabat dan kompetitif. Untuk mencari tahu harga besi siku, klik disini.

Besi Hollow

Hollow dalam bahasa Inggris dapat diartikan sebagai besi berongga. Bentuknya yang kotak dan berongga membuat jenis besi yang satu ini cocok untuk digunakan kebutuhan konstruksi rangka pagar, tulangan pagar, kaki meja dan kursi, kanopi minimalis dan lainnya. Ukuran yang ditawarkan pun bervariasi, dimana distributor besi Jakarta seperti KPS Steel memiliki ukuran yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Besi hollow juga memiliki berbagai jenis, salah satu yang paling sering digunakan adalah hollow stall biasa dan hollow stall galvanis yang dibuat dari besi galvanis. Hollow galvanis memiliki kelebihan berupa anti karat, sehingga besi ini tidak mudah keropos. Untuk mendapat harga besi hollow, Anda bisa menghubungi distributor besi Jakarta, KPS Steel disini.

Baca Juga: Update Harga Besi Hollow di Tahun 2019

Ketiga diatas merupakan sebagian dari banyak jenis besi yang banyak digunakan untuk kebutuhan konstruksi baik dari bangunan hingga infrastruktur. Seperti yang disebutkan sebelumnya, masing-masing besi memiliki kegunaannya masing-masing, namun dari segi kualitas tentunya Anda harus cermat memilih distributor besi, seperti KPS Steel.

Tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang besi-besi konstruksi? Hubungi kami disini, kami siap membantu Anda!

Bagikan Artikel :
Menu