Kenali Bahan Besi Terbaik Untuk Membuat Pintu Besi

kenali bahan besi terbaik untuk membuat pintu besi

Pintu adalah bagian penting dalam konstruksi bangunan.

Biasanya keseluruhan pintu terbuat dari bahan kayu. Namun bahan kayu ini sering kali rapuh jika menyusut dan terkena rayap. Agar hal ini tidak terjadi, sebelum Anda membangun, lebih baik kenali jenis bahan pintu besi terlebih dahulu demi keamanan dan kenyamanan rumah Anda.

Baca Juga: Beberapa Hal yang Memengaruhi Harga Pintu Baja

Pintu merupakan garda terdepan dalam sebuah bangunan dan merupakan penghubung antar ruangan satu dengan lainnya. Kegunaan pintu juga menjadi pengaman, oleh karena itu pintu menjadi bagian terpenting dan harus memiliki keamanan yang tinggi. Agar pintu tetap awet, kuat serta tahan lama sebaiknya kenali jenis bahan pintu besi berikut ini.

Jenis Besi untuk dijadikan Pintu Besi Aman dan Kuat

  • Besi Plat Strip

Plat strip merupakan plat baja dengan bentuk kotak dan gepeng. Besi ini masuk kedalam kategori baja karbon rendah (low carbon steel) yang mengandung 0,04 % – 0,10% C (Carbon). Besi Strip terbuat dari beberapa material seperti nikel, silikon, krom, karbon, besi dan molibdenum dengan kadar yang tinggi, karena itulah sifatnya kuat namun ringan. Plat strip yang bersifat ringan bisa dibentuk untuk membuat pintu rumah. Sifatnya awet, tahan panas, rayap bahkan api sekalipun. Besi plat strip juga cocok untuk dijadikan pagar, canopy, serta pintu garasi. Keunggulan besi plat strip ini yaitu mudah dibentuk pada penekukan besinya. Sehingga mudah dimodif untuk keperluan estetika. Keunggulannya yaitu memiliki keamanan yang tinggi. 

  • Besi Hollow

Hollow adalah jenis besi berbentuk kotak menyerupai pipa. Besi ini terdapat dua jenis yaitu besi hollow hitam dan hollow galvanis. Hollow galvanis terdiri dari beberapa campuran bahan seperti campuran besi baja galvanis dan stainless yang artinya bersifat kuat dan tidak akan berkarat seperti besi pada umumnya. Besi hollow ini bisa dijadikan teralis pintu untuk pengaman rumah anda. Bisa juga untuk dijadikan pagar karena sifatnya yang tidak mudah berkarat.

  • Baja 

Selain besi, baja juga bisa dijadikan pintu yang memiliki karakter bahan yang tangguh, tidak mudah alami lapuk, tahan terhadap beragam cuaca, tahan lama, serta tidak mudah mengalami korosi. Pintu berbahan baja ini sudah menjadi incaran para pemilik rumah atau pengembang perumahan karena kualitasnya yang bagus, memiliki finishing yang cantik, bisa menggunaakan tekstur urat kayu sehingga mirip dengan pintu kayu dan terlihat alami.

Sama dengan pintu plat besi, pintu baja juga memilki fitur-fitur modern yang keren dan tidak ada pada pintu biasa atau konvensional seperti kayu. Terdapat beberapa jenis model pada pintu baja, yaitu minimalis, klasik, atau modern. Pintu baja juga modelnya bermacam-macam, ada  yang model single door, double door, garage door, stainless steel door, dan emergency door. Perawatan pintu baja inipun sangat mudah, yaitu hanya dilap saja, serta karakter pintu sangat kuat dan tahan lama.

Jika Anda membutuhkan bahan besi hollow, plat strip, atau baja dengan kualitas yang mumpuni dan harga yang terjangkau, Anda bisa menghubungi KPS Steel untuk pemesanan. Selaku distributor besi Jakarta, KPS Steel menawarkan harga material dengan harga terjangkau namun kualitas yang ditawarkan tetap tinggi.

Baca Juga: Di Mana Saja Letak Keunggulan Pintu Baja? 

Anda juga dapat mencari berbagai informasi seputar bangunan di PT Karya Perkasa Steelindo, distributor besi Jakarta yang terpecaya. Segera kunjungi websitenya untuk melihat produk-produk lainnya.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu